Pemilihan Anggota Dewan Pendidikan Kota Malang Periode 2021-2025. (Foto: Disdikbud Kota Malang)
Pemilihan Anggota Dewan Pendidikan Kota Malang Periode 2021-2025. (Foto: Disdikbud Kota Malang)

Sejak 5 Oktober 2020, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Malang telah membuka pendaftaran calon anggota Dewan Pendidikan Kota Malang periode 2021-2025. 

Pendaftaran dilakukan secara online melalui email [email protected] Menurut jadwal, pendaftaran calon anggota Dewan Pendidikan ini akan segera ditutup Jumat besok, 16 Oktober 2020.

Baca Juga : Terapkan Zona Integritas, Disdikbud Gelar Fasilitasi BOS Jenjang SD dan SMP

Dalam wawancara beberapa waktu yang lalu, Ketua Panitia Pemilihan Dewan Pendidikan Kota Malang Prof Dr H Maskuri MSi telah menyampaikan bahwa pihaknya membuka pendaftaran seluas-luasnya sehingga masyarakat diharapkan bisa berperan aktif untuk mengikuti pendaftaran anggota Dewan Pendidikan ini, asalkan memenuhi kriteria.

"Anggota Dewan Pendidikan ini bisa bermuara dari berbagai pihak. Mulai dari pakar pendidikan; penyelenggara pendidikan; pengusaha; organisasi profesi; pendidikan berbasis kekhasan agama atau sosial-budaya; dan pendidikan bertaraf internasional. Lalu bisa juga pendidikan berbasis keunggulan lokal; dan/atau organisasi sosial kemasyarakatan," bebernya.

Bagi yang memenuhi kriteria itu dan ingin mendaftar, berikut tata cara yang tertulis di keterangan resmi Disdikbud. Pertama, mengajukan surat permohonan yang ditandatangani di atas materai Rp6000, ditujukan kepada Panitia Pemilihan Anggota Dewan Pendidikan Kota Malang.

Kedua, melampirkan dokumen berupa KTP, Kartu Keluarga, ijasah terakhir, Surat Keterangan Sehat dari rumah sakit pemerintah/puskemas, daftar riwayat hidup, konsep pengembangan pendidikan di Kota Malang (minimal 5 halaman, maksimal 15 halaman), serta pas foto berwarna terbaru ukuran 4 x 6.

Jelang Pendaftaran Anggota Dewan Pendidikan Kota Malang 2021-2025, Berikut Persyaratannya

Sebagai informasi, format surat permohonan dan format daftar riwayat hidup dapat diunduh melalui website https://dikbud.malangkota.go.id.

Ketiga, Seluruh berkas tersebut di-scan dan file dikirimkan dalam format PDF ke e-mail [email protected]

Pengiriman berkas paling lambat hari Jumat besok, 16 Oktober 2020 pukul 16.00 WIB. Pengumuman setiap tahapan seleksi anggota Dewan Pendidikan Kota Malang akan diumumkan melalui website https://dikbud.malangkota.go.id.

Sebagai catatan, apabila di kemudian hari diketahui bahwa pendaftar memberikan keterangan data yang tidak benar/palsu, panitia pemilihan berhak menggugurkan keikutsertaan/kelulusan peserta seleksi.

Baca Juga : Webinar Internasional Smart Green University, Rektor UIN Malang Lakukan Revolusi SDM

Seluruh tahapan seleksi pemilihan calon anggota Dewan Pendidikan Kota Malang ini tidak dipunggut biaya alias gratis.

Sesuai dengan Peraturan Walikota Malang Nomor 33 Tahun 2020 tentang Mekanisme Pemilihan Anggota Dewan Pendidikan dan Mekanisme Pelaporan Pelaksanaan Tugas Dewan Pendidikan, Dewan Pendidikan berfungsi dalam peningkatan mutu pelayanan pendidikan dengan memberikan pertimbangan, arahan dan dukungan tenaga, sarana dan prasarana, serta pengawasan pendidikan pada tingkat kota.

Dewan Pendidikan bertugas menghimpun, menganalisa, dan memberikan rekomendasi kepada Walikota terhadap keluhan, saran, kritik dan aspirasi masyarakat terhadap pendidikan.

Dewan pendidikan juga melakukan pengawasan terhadap pengelolaan dan penyelenggaraan pendidikan pada tingkat kota sesuai kewenangannya.

Ditambahkan Maskuri, peran Dewan Pendidikan nantinya adalah membantu Dinas Pendidikan mengembangkan dan membuat inovasi-inovasi baru agar pendidikan ke depan semakin maju dan memiliki daya saing.

"Dewan Pendidikan ini sebagai partner untuk support berbagai kebijakan pengembangan pendidikan. Apalagi nanti di dalamnya terdiri dari berbagai pakar itu tadi," tandasnya.