Seminar online dengan tema ‘Strategi Pengolahan MSDM pada UMKM di Masa Pandemi Covid 19', sukses digelar Unisba Blitar.
Seminar online dengan tema ‘Strategi Pengolahan MSDM pada UMKM di Masa Pandemi Covid 19', sukses digelar Unisba Blitar.

Himpunan Mahasiswa Prodi Administrasi Bisnis (Himabi) Universitas Islam Balitar (Unisba) Blitar menggelar seminar online dengan tema ‘Strategi Pengolahan MSDM pada UMKM di Masa Pandemi Covid 19.’ Agenda yang dilaksanakan pada Sabtu 10 Oktober 2020 diikuti kalangan mahasiswa, UMKM, dan masyarakat umum secara virtual melalui apliasi Zoom.

Ya, komitmen Unisba Blitar dalam mendukung usaha kecil mikro menengah (UMKM) atau produk rakyat lewat pelatihan dan pendampingan konsisten dilakukan dengan menerjunkan kalangan dosen maupun mahasiswa. Hal tersebut merupakan visi dan misi Unisba sebagai kampus entrepreneur sekaligus implementasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. 

Baca Juga : Beli Apartemen The Kalindra Dapat Studio Terluas Bonus Microsoft Surface Go

 “ Webinar interaktif digelar karena berangkat dari keresahan mahasiswa, khususnya mahasiswa bisnis tentang prospek sumber daya manusia UMKM yang kurang termanajemen dengan maksimal, baik secara internal maupun eksternal,” ungkap Lulu Ul Maknunah yang bertindak selaku pemateri seminar online kepada BLITARTIMES. 

Firgy selaku ketua pelaksana seminar online mengungkapkan, agenda ini bertujuan untuk memberikan edukasi tentang bagaimana cara mengolah sumber daya manusia dalam ruang lingkup UMKM dengan maksimal. Khususnya pada saat pandemi covid 19. Seminar ini juga membahas tentang beberapa strategi manajemen sumber daya manusia yang dilihat dari sektor pariwisata untuk mendukung perkembangan UMKM. 

“Melalui seminar online atau webinar ini, kami berharap UMKM akan mampu menghasilkan SDM yang bagus. Nah, SDM yang bagus ini akan berdampak pada keberlanjutan siklus ekonomi UMKM tersebut," kata Firgy.

Dalam kesempatan yang sama, Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Unisba Blitar Hery Basuki menyampaikan, seorang mahasiswa -terutama mahasiswa bisnis- mampu menjadi pionir penting dalam roda perekonomian di Blitar. Terlebih lagi di masa pandemi seperti saat ini, peran mahasiswa sangat dibutuhkan oleh pelaku bisnis seperti UMKM. 

Baca Juga : Dosen UB Malang Stimulus Santri Menulis Sastra Pesantren

“Diharapkan dengan adanya webinar ini mahasiswa mampu menjadi wadah untuk melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pengabdian kepada masyarakat dengan cara menjadi agen perubahan di sektor ekonomi khususnya roda perekonomian UMKM,” tandasnya.