Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Damai, Demo Tolak UU Cipta Kerja di Tulungagung Justru Diisi Aksi Bagi-Bagi Helm

Penulis : Joko Pramono - Editor : Nurlayla Ratri

09 - Oct - 2020, 18:18

Placeholder
Kapolres Tulungagung AKBP Eva Guna Pandia saat memakaikan helm pada peserta aksi (Foto: Joko Pramono/JatimTIMES)

Aksi unjuk rasa penolakan UU Cipta Kerja Omnibus Law di beberapa daerah di Indonesia berujung ricuh. Namun di Tulungagung, aksi berlangsung damai dan justru diisi aksi bagi-bagi helm. 

Aksi demonstrasi di Tulungagung diikuti sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam organisasi PMII (Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia). Mereka bergantian menyampaikan orasi di depan gedung DPRD Tulungagung.

Baca Juga : Gabungan Massa HMI dan PMII Geruduk DPRD Kabupaten Malang, Tolak UU Cipta Kerja 

Aksi damai ini mendapat apresiasi dari kapolres Tulungagung, AKBP Eva Guna Pandia. Kapolres membagikan helm kepada peserta aksi yang kedapatan tidak memakai helm. Setidaknya, ada 10 helm yang dibagikan pada pendemo.

“Ini sebagai bentuk apresiasi karena demo berlangsung damai,” ujar Eva Guna Pandia.

Selain sebagai bentuk apresiasi, pemberian helm ini juga sebagai kampanye keselamatan di jalan. Pasalnya, beberapa peserta aksi terlihat tidak menggunakan helm saat berkendara.

Apresiasi serupa juga ditunjukan oleh Bupati Tulungagung Maryoto Birowo. Maryoto  mengatakan mengapresiasi jalannya demo yang berlangsung damai. 

Nantinya, aspirasi dari mahasiswa akan disampaikan ke pemerintah provinsi untuk diteruskan ke pemerintah pusat.

“Kami bersama DPRD akan menyampaikan,” ujar Maryoto.

Baca Juga : Polisi Bubarkan Massa Liar dan Tangkap 30 Pelajar di Aksi Tolak Omnibus Law di Jombang

Disinggung tentang pandanganya terkait UU Omnibus Law yang sudah disahkan, Maryoto menilai jika memang undang-undang itu dipandang tidak sesuai dengan harapan, maka perlu disampaikan usulan perubahan terhadap UU tersebut.

“Akan disampaikan agar diadakan perubahan terhadap UU tersebut,” pungkasnya.

Aksi demo sendiri berjalan damai. Sayang saat demo berlangsung, tak nampak satupun anggota DPRD menemui peserta aksi. Dari informasi yang awak media dapat, seluruh anggota DPRD sedang melakukan kunjungan kerja ke luar kota.

 


Topik

Peristiwa



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Joko Pramono

Editor

Nurlayla Ratri