Gowes di Blitar, Gubernur Khofifah Kampanye 3M dan Bagi Sejumlah Bantuan | Jatim TIMES

Gowes di Blitar, Gubernur Khofifah Kampanye 3M dan Bagi Sejumlah Bantuan

Oct 04, 2020 16:25
Gubernur Jatim Khoffah menyalurkan sejumlah bantuan kepada warga Kota Blitar.(Foto : Aunur Rofiq/BlitarTIMES)
Gubernur Jatim Khoffah menyalurkan sejumlah bantuan kepada warga Kota Blitar.(Foto : Aunur Rofiq/BlitarTIMES)

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melaksanakan kunjungan kerja ke Kota Blitar, Minggu (4/10/2020). Dalam agenda ini Gubernur blusukan sambil gowes dan membagikan sejumlah bantuan program pemerintah. 

Pantauan JATIMTIMES, Khofifah dan rombongan tiba di Kota Blitar sekitar pukul 09.00 WIB. Setiba di Bumi Bung Karno, Khofifah mengawali kegiatannya dengan gowes. Acara Gowes itu dimulai dari Balai Kota Kusumowicitro sekitar pukul 09.30 WIB. Khofifah Start bersepeda menuju Makam Presiden Pertama RI Ir Soekarno (Bung  Karno). Dalam agenda gowes ini Gubernur didampingi Sekda Jawa Timur Heru Tjahjono, Pjs Wali Kota Blitar Jumadi, Pjs Bupati  Blitar Budi Santosa, Forkopimda Blitar Raya dan sejumlah pejabat Pemprov Jatim. 

Baca Juga : Hamili Anak Angkat dan Diaborsi, Oknum PNS di Blitar Ternyata Pegawai Dishub

Di Makam Bung Karno, Gubernur membagikan puluhan masker kepada wisatawan dan pedagang. Selain masker, pedagang di Makam Bung Karno juga diberikan bantuan sembako. Dalam kesempatan ini tak lupa Gubernur mengingatkan pentingnya disiplin menjalankan protokol kesehatan dengan menjalankan 3M yakni memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Ya, 3M penting untuk membentengi diri dan memutus mata rantai penyebaran covid-19. 

Dari Makam Bung Karno, Gubernur dan rombongan melanjutkan kegiatan bersepeda menuju Pusat Informasi Pariwisata dan Perdagangan (PIPP) Kota Blitar. Sama seperti di Makam Bung Karno, di PIPP Gubernur juga membagikan masker kepada tukang becak dan pedagang. “Ayo kita disiplin memakai masker. Bersama-sama kita kompak putus mata rantai covid-19,” pesan Gubernur Khofifah. 

Setelah dari PIPP, Gubernur menyempatkan talk show di Radio Mayangkara. Acara gowes ditutup dengan kunjungan ke Agro Wisata Belimbing di Kelurahan  Karangsari, Kecamatan Sukorejo. Dari kunjungan ini, Gubernur menilai belimbing Karangsari memiliki kualitas yang baik. Gubernur pun mendorong agar bibit belimbing Karangsari bisa diekspor ke daerah-daerah lain agar kualitas yang baik ini bisa menular ke wilayah lain di Jawa Timur dan Indoenesia. 

“Saya sudah pernah lihat tempat wisata belimbing di Tulungagung dan Bojonegoro. Saya sudah merasakan dan melihat belimbing di Karangsari ini kualitasnya premium, Best Quality. Karena sudah Best Quality, tentu akan sangat baik jika bibitnya disebar ke tempat-tempat lain. Dan kebun wisata Belimbing ini lahannya sudah teregistrasi, sehingga sudah layak untuk diekspor,” tegas orang nomor satu di Jawa Timur.

Setelah gowes, Gubernur Khofifah kembali ke Balai Kusumowicitro.  Agenda kunjungan kerja kemudian dilanjut dengan membagikan sejumlah bantuan dari pemerintah kepada warga Kota Blitar. Pemberian bantuan secara simbolik dilaksanakan di Balai  Kusumowicitro. 

Ada sejumlah bantuan yang diberikan oleh Gubernur. Bantuan tersebut yakni sertifikat program strategis nasional, bantuan kredit Dagulir dan bantuan kredit PEN dari Bank Jatim, bantuan kredit PKPJ dari Bank UMKM Jatim, bantuan kredit usaha rakyat, bantuan kredit PEN dan kartu santri dari Bank BNI, bantuan subsidi upah dan penerima manfaat program BPJS Ketenagakerjaan, bantuan sosial beras kepada KPM PKH Kota Blitar. 

Gubernur Khofifah mengungkapkan, bantuan ini merupakan upaya pemerintah untuk mendorong ketahanan ekonomi di tengah-tengah pandemi covid-19.

Baca Juga : Kampanye Protokol Kesehatan, Mahfud MD: Masih Ada 17 Persen Masyarakat Tidak Percaya Covid-19

“Dengan bantuan ini, kami ingin memastikan ekonomi bisa jalan tapi protokol kesehatan harus tetap ketat. Jadi seiring antara pelaksanaan di lapangan antara ultra mikro, mikro kecil dan menengah. Sehingga ekonominya sehat dan masyarakatnya sehat. Ekonominya slamet, masyarakatnya juga slamet,” tandas Gubernur. 

Sementara itu di kesempatan yang sama, Penjabat Sementara Wali Kota Blitar, Jumadi mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Khofifah yang telah menyalurkan sejumlah  bantuan kepada Kota Blitar. Bantuan ini diharapkan membawa manfaat untuk kesejahteraan masyarakat dan kemajuan Kota Blitar. 

“Bantuan ini merupakan respons cepat Ibu Gubernur di masa pandemi covid-19. Bantuan ini merupakan wujud kerja nyata Ibu Gubernur dan bentuk nyata kepada masyarakat yang terdampak covid-19. Semoga hadirnya bantuan ini benar-benar membawa manfaat untuk masyarakat Kota Blitar,” pungkasnya.(*)

 

Topik
Gubernur Jatim Khofifah Wali Kota Blitar

Berita Lainnya