Serba-serbi Biaya Umrah | Jatim TIMES

Serba-serbi Biaya Umrah

Oct 02, 2020 09:39
ilustrasi (Foto: denatourumroh.com)
ilustrasi (Foto: denatourumroh.com)

Umrah merupakan salah satu kegiatan ibadah bagi umat Islam. Pemberlakuan sistem kuota dalam penyelenggaraan ibadah haji mengakibatkan terjadinya antrean untuk menunggu pemberangkatan. Dari kondisi ini maka umrah bisa menjadi alternatifnya.

Informasi Umrah Terkini

Baca Juga : Sahabat Utama Rasulullah, Kini Memiliki Hotel Bintang Lima di Dekat Masjidil Haram

Tahun 2020 ini semua negara di dunia terdampak dengan adanya pandemi covid-19. Salah satu dampak yang sangat luar biasa ini adalah penyelenggaraan umrah bagi kita umat Islam.

Pemerintah Arab Saudi secara resmi  telah menutup akses untuk peziarah dan jamaah umrah per 27 Pebruari 2020. Penutupan akses ini berlaku untuk seluruh negara di dunia. Hal ini terpaksa dilakukan terkait dengan pencegahan penyebaran virus corona yang semakin meluas.

Pertanyaan yang muncul dari banyak orang, kapan umrah ini dibuka kembali aksesnya. Jamaah sudah sabar lagi ingin bertanya ke staf travel umrah. “Mbak biaya umrah untuk 2 orang berapa ya ?” atau “Mbak berapa biaya umrah untuk 5 orang?”

Kapan Umrah Dibuka Lagi  

Dikutip dari media online Kontan.co.id, Konsul Haji Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Jeddah Endang Jumali mengatakan, pembukaan kembali penyelenggaraan ibadah umrah masih menunggu dibukanya penerbangan dan ketentuan protokol kesehatan oleh Pemerintah Arab Saudi. 

Ada beberapa persyaratan yang harus terpenuhi sebelum dibukanya kembali musim umrah. Pertama, penerbangan internasional di Arab Saudi sudah dibuka kembali oleh Pemerintah Arab Saudi. Kedua, harus sudah ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan Arab Saudi tentang ketentuan protokol kesehatan bagi jamaah umrah di masa pandemi covid-19.

Biaya Umrah dan Tabungan Umrah

Bagi Anda yang berkeinginan untuk menjalankan ibadah umrah, ada hal yang harus diperhatikan tentang pembiayaan ibadah umrah tersebut. Simak ulasannya di bawah ini.

Komponen Biaya Umrah, Ini Yang Harus Diperhatikan

Biaya ditentukan oleh banyaknya komponen, yaitu:

  • Biaya Visa
    Beberapa tahun belakangan Pemerintah Arab Saudi memberlakukan pengenaan biaya progresif untuk pengajuan visa bagi jamaah yang beribadah umrah lebih dari satu kali dalam jangka waktu dua tahun Namun sejak awal tahun 2020, pengenaan sistem ini dihapus dan diberlakukan sama untuk semua jamaah umrah. Biaya yang dikenakan untuk visa ini sekitar Rp 1.200.000.
  • Biaya Asuransi
    Mulai Januari 2020, calon jamaah umrah dikenakan pengenaan biaya asuransi yang akan melindungi jamaah ketika melakukan ibadah umrah. Hal ini diperlukan untuk mengantisipasi masalah kesehatan dan penanganannya ketika beribadah di Tanah Suci. Biaya asuransi ini sekitar Rp 2.000.000.
  • Biaya Hotel
    Jamaah akan diberi fasilitas penginapan di hotel berbintang. Kelas hotel yang ditawarkan adalah hotel bintang 3, bintang 4 dan bahkan bintang 5. Harga hotel ini juga tergantung jarak dari hotel ke Masjidil Haram atau Masjid Nabawi. Semakin dekat dengan dua lokasi itu, maka biaya yang dikenakan akan semakin mahal. Musim liburan juga perlu dipertimbangkan. Seperti pada umumnya, setiap  musim liburan atau high session hotel akan menaikkan tarifnya.
  • Biaya Pesawat Terbang
    Biaya untuk transportasi pesawat terbang ini acuannya dari Jakarta-Makkah dan dari Makkah-Jakarta. Untuk daerah di luar Jakarta, tentu akan ada penyesuaiannya lagi. Biaya untuk pesawat terbang ini juga tergantung dari maskapai penerbangan yang akan dipakai, jenis tiket pesawat, dan waktu bepergiannya.
  • Biaya Paspor
    Setiap bepergian ke luar negeri wajib memiliki paspor. Dalam ibadah umrah, biaya untuk pembuatan paspor biasanya tidak termasuk dalam komponen yang disediakan travel. Jadi, harus melakukan pengurusan sendiri.
    Biaya yang dikenakan untuk pengurusan paspor ini berkisar Rp 350.000 sampai Rp 500.000. Itu di luar biaya jasa bila memakai perantara untuk pengurusannya.
  • Biaya Handling
    Biaya ini diperuntukkan bagi jasa yang menangani koper atau bawaan jamaah selama di bandara dan di hotel. Jadi,  jamaah tinggal datang saja.
  • Biaya Katering
    Biaya ini memang adalah hal penting, karena menyangkut konsumsi untuk jamaah umrah. Makan, minuman dan snack akan disediakan untuk para jamaah dengan layanan yang memuaskan dan sesuai dengan yang dibayarkan.
  • Biaya Perlengkapan Bawaan
    Calon jamaah umrah sebelum berangkat ke Tanah Suci akan diberikan perlengkapan untuk mendukung kegiatan ibadahnya. Jamaah laki-laki akan mendapatkan koper, kain ihram, sabuk ihram, tas selempang, buku doa dan kain batik. Sedangkan  jamaah wanita akan mendapatkan  koper, mukena, jilbab, tas selempang, buku doa dan kain batik.
  • Biaya Ziarah
    Selama ibadah umrah, jamaah akan dibawa berziarah keliling Kota Madinah dan sekitarnya untuk mendatangi situs-situs bersejarah. Selain itu, akan dibawa berkeliling di sekitar Masjid Nabawi untuk mengunjungi tempat-tempat istijabah dalam memohon doa. Demikian juga untuk di Kota Makkah, para jamaah akan dibawa berkeliling ke tempat-tempat yang bersejarah. Namun itu semua juga ada ketentuan tersendiri untuk pengenaan biayanya karena terkait dengan paket yang dipilih oleh jamaah umrah.
  • Biaya Manasik
    Jamaah umrah yang sudah mendaftarkan diri dan bersiap untuk berangkat harus melalui tahap manasik umrah, yaitu tahap untuk pengenalan, pelatihan dan pemantapan sebelum berangkat umrah.
  • Biaya Pendamping
    Biaya ini diperuntukkan untuk pendamping jamaah selama menjalani proses ibadah. Pendamping ini juga berperan sebagai pembimbing bagi jamaah umrah selama menjalankan ibadah umrah.
  • Biaya Transportasi
    Selama perjalanan dalam rangkaian ibadah umrah, para jamaah akan dilayani dengan transportasi bus untuk menghubungkan antar-tempat. Bus yang digunakan masih tergolong baru semuanya. Ini demi kenyamanan jamaah sendiri.
  • Biaya Suntik Meningitis
    Sebelum berangkat menjalankan umrah, calon jamaah wajib melakukan suntik vaksin meningitis. Pemberian vaksin meningitis ini untuk melindungi risiko tertular meningitis meningokokus, suatu infeksi yang terjadi pada selaput otak dan sumsum tulang belakang dan keracunan darah.
    Biaya untuk vaksinisasi ini sekitar Rp 350.000.
  • Biaya Air Zam-Zam
    Agar tidak merepotkan dan tidak jadi masalah karena mencari air zam-zam sendiri-sendiri, maka biaya air Zam-Zam ini dikenakan ke calon jamaah. Sehingga jamaah hanya menerima barangnya saja ketika sampai kembali ke tanah air.
  • Biaya Administrasi Travel
    Hal yang lumrah bila semua fasilitas dan dukungan yang diberikan kepada jamaah umrah dikenakan biasa atas jasa pengelolaannya.  
  • Biaya Belanja Oleh-Oleh Umrah dan Saku
    Khusus untuk biaya ini memang sangat relatif. Setiap orang beda pola belanjanya. Sebagai pertimbangan, pada saat umrah di Tanah Suci kebutuhan-kebutuhan yang harus disiapkan meliputi ; barang oleh-oleh, jajanan atau kuliner, telekomunikasi, transportasi (yang tidak termasuk dalam paket) dan sedekah.
    Perkiraan angka yang wajar untuk pengeluaran ini sekitar Rp 4.000.000.

Biaya Jamaah Umrah Dewasa, Anak dan Infant

Harga setiap paket-paket di atas diasumsikan hanya untuk orang dewasa saja. Tentu akan berbeda bila anak dan bayi akan diikutkan dalam perjalanan umrah ini.

Bagaimana dengan Tabungan Umrah

Saat ini sudah banyak metode pembiayaan paket umroh. Salah satunya adalah dengan cara menabung. Cara seperti ini juga bisa dilakukan di Travel Agency, penyedia layanan umrah atau di bank-bank yang juga menyediakan tabungan khusus untuk ibadah umrah. Jadi, calon jamaah bisa memilih dimana akan menabungkan dananya. Penempatan dana di dua tempat itu pasti ada kekurangan dan kelebihannya. Sekarang tergantung kemantapan calon jamaah saja untuk memilihnya.

Biaya Umrah Sesuai Referensi Kemenag

Baca Juga : Rumah Raja Jadi Sarang Kelelawar, Lihat Kondisi Kediaman Raja Pertama Arab Saudi

Demi keamanan jamaah, kemenag memberikan referensi biaya umroh yaitu sebesar Rp 20 juta agar tidak terjadi lagi kasus seperti First Travel.

Paket Umrah Reguler

Harga: 20 juta-30 juta

Paket umrah reguler ini merupakan paket perjalanan umrah standar yang berfokus pada ibadah, yaitu hanya meliputi perjalanan ibadah ditambah dengan keliling Kota Makkah dan Madinah. Lamanya perjalanan dengan paket reguler ini umumnya hanya sembilan hari.

Paket Umrah Plus Turki

Harga: 30 juta-40 juta

Untuk paket ini biasanya ada dua jenis yang ditawarkan, yaitu :

  • Perjalanan umrah standar dengan penambahan perjalanan keliling kota Istambul, tanpa bermalam. Jadi, hanya 10 – 12 jam saja di Turki. Perjalanan keliling kota ini biasanya dilaksanakan sebelum ibadah umrah.
  • Perjalanan umrah standar dengan penambahan perjalanan dan mengunjungi beberapa kota di Turki, dan tentu saja bermalam tiga hari dua malam.

Paket Umrah Plus Aqsha

Harga: Rp 40 juta-45 juta

Paket reguler ini merupakan paket perjalanan umrah standar dengan penambahan menuju ke kiblat pertama umat Islam. Tempat ini sangat diminati umat Muslim karena sejarahnya yang tidak akan pernah dilupakan. Biasanya lama perjalanan ke daerah Palestina ini adalah tiga sampai empat hari.

Demikian artikel terkait biaya umrah yang bisa dijadikan jamaah sebagai referensi dalam mempersiapkan berangkat ke tanah suci. Semoga bermanfaat dan perjalanan umrah Anda mabrur.

 

Topik
Biaya Umrah Ibadah Haji Indonesia ibadah umrah dan haji

Berita Lainnya