Pamflet pameran dan lelang virtual bunga dan tanaman hias terbesar se Malang Raya
Pamflet pameran dan lelang virtual bunga dan tanaman hias terbesar se Malang Raya

Kabar gembira bagi para pecinta tanaman, khususnya berbagai jenis bunga. Karena kini, telah hadir pameran virtual pertama dan terbesar di Malang Raya. 

Pameran yang akan menyuguhkan ratusan jenis bunga dan tanaman hias itu akan diselenggarakan pada 3 sampai 4 Oktober 2020 mendatang, di Hall Utama Cyber Mall Malang.

Baca Juga : Tanjakan Cinta, Mitos Ranu Kumbolo yang Terus Bertahan

 

Berbagai jenis bunga cantik dan menarik bisa didapatkan dalam pameran virtual pertama dan terbesar di Malang Raya tersebut. Mulai dari bunga anggrek hingga aglonema yang saat ini memang banyak digandrungi pecinta bunga bisa didapatkan di sana.

Ketua Panita Lelang Virtual Bursa Tanaman Hias Unik dan Langka, Tri Agus Budi Prasetya menjelaskan, ini merupakan pameran bunga virtual pertama. Kegiatan ini bekerjasama dengan MalangTIMES dan Nusa Daily. Kegiatan pameran virtual dilakukan lantaran saat ini memang sedang masa pandemi covid-19. Di mana acara bergerumbul memang mulai dikurangi dan tidak disarankan.

Namun meski begitu, pameran secara offline menurutnya masih tetap diadakan. Sehingga, untuk pecinta bunga yang ingin melihat langsung bunga-bunga yang dipamerkan bisa langsung datang ke Hall Utama Cyber Mall pada 3 Oktober sampai 4 Oktober mendatang dari pukul 09.00 WIab sampai dengan pukul 21.00 WIB.

"Dan yang datang harus menggunakan masker, dan disediakan tempat cuci tangan sebelum masuk area, dan wajib physical distancing," katanya.

Konsep virtual ini menurutnya sebagai salah satu upaya mendukung petani bunga melalui platform berita online berjejaring terbesar yaitu MalangTIMES yang merupakan bagian dari JatimTIMES Network. Selain itu juga didukung penuh oleh media online, Nusa Daily. Mulai dari promosi hingga proses penjualan bunga itu sendiri.

"Tentunya melalui platform yang dimiliki masing-masing. Mulai dari media sosialnya atau produk-produk lain yang dikelola MalangTIMES maupun Nusa Daily," terangnya.

Budi menjelaskan jika pameran tersebut akan diikuti kurang lebih 25 stand. Di mana seluruhnya merupakan petani dari Malang Raya yang meliputi Kota Malang, Kota Batu, dan Kabupaten Malang. Selain itu juga ada peserta yang berasal dari Blitar.

"Ada petani bunga, petani pupuk juga ada, termasuk pernak-pernik lainnya," terangnya.

Sementara untuk jenis bunga mulai dari anggrek, aglonema, hingga pucuk merah bisa didapatkan disana. Total ada ratusan jenis bunga. Karena masing-masing stand akan menawarkan 50 jenis bunga. "Dan banyak yang sekarang lagi hits itu bisa dibeli di sana," imbuhnya.

Sedangkan untuk harganya sendiri, menurut Budi akan lebih miring dibanding harga pasaran. Nantinya, masing-masing stand akan melakukan lelang dengan penjualan mulai dari ratusan ribu sampai jutaan rupiah.

"Lelang ini sifatnya untuk menarik calon pembeli, tapi tidak semua diwajibkan ikut lelang," tambah Budi.

Budi menjelaskan jika saat lelang virtual nanti akan dijelaskan secara mendetail bunga yang akan dijual. Sehingga, pembeli akan merasa puas dengan bunga yang dibeli. Penjual atau pemilik stand pun akan memberikan jaminan untuk memberi kepercayaan masyarakat atau calon pembeli.

Baca Juga : Di Tengah Pandemi, Drakor Jadi Tontonan Favorit Ibu-Ibu di Tulungagung

 

Kemudian ketika terjadi transaksi, maka pengiriman bunga untuk wilayah Kota Malang akan langsung dikirimkan oleh pihak panitia. Karena selama gelaran tersebut, panitia telah bekerjasama dengan pihak kurir tertentu.

"Namun apabila pemenang lelang dari luar Kota Malang, nanti bisa komunikasi dengan penjual dan akan dikirimkan sesuai kebijakan penjual bunga," imbuhnya lagi.

Lebih jauh Budi menjelaskan, selama masa pandemi covid-19, penjualan bunga sangat tinggi. Sehingga ini menjadi peluang untuk bisa memasarkan produk-produk bunga di Malang Raya ke pasar yang lebih luas. Karena dengan konsep virtual yang dibuat, diyakini pasar yang dijangkau bukan hanya lokal Malang Raya atau Jawa Timur saja. Melainkan bisa menjangkau hingga tingkat nasional.

Bukan hanya lelang bunga saja, dalam kegiatan ini juga akan ada edukasi dari Institut Pertanian Malang (IPM) mengenai tips dan cara penanaman dan perawatan bunga dan tanaman yang baik dan benar.

"Dan ini nuansa baru untuk kegiatan pameran bersama MalangTIMES," urainya.

Dengan pameran virtual ini, diharapkan masyarakat dan pecinta bunga tidak harus datang ke Cyber Mall langsung. Melainkan bisa mengakses layanan yang dibuat MalangTIMES ataupun Nusa Daily.

General Manager JatimTIMES Network, Heryanto menambahkan, pameran bunga berbasis virtual tersebut merupakan salah satu upaya untuk menghidupkan ekonomi dan kreativitas masyarakat di masa pandemi. Terlebih, saat ini bisnis bunga dan tanaman hias sedang digandrungi masyarakat.

Sehingga, peluang yang ada tersbeut harus ditangkap. MalangTIMES pun berkomitmen mewadahi geliat ekonomi tersebut dengan segala kreativitas yang dimiliki masyarakat. Sehingga, perputaran ekonomi di masa pandemi covid-19 ini bisa kembali pulih.

"Karena geliat ekonomi dan kreativitas masyarakat harus diwadahi dan tetap jalan di masa pandemi," pungkas bapak dua anak itu.

Pameran dan lelang virtual pertama dan terbesar di Malang Raya itu didukung penuh oleh MalangTIMES, Nusa Daily, Telaga Ab Saodah Property, Bangun Indah Graha, Cozy, dan SGL.