Ranu Kumbolo (Foto: Bramastyo Dhieka Anugerah / Jatim Times)
Ranu Kumbolo (Foto: Bramastyo Dhieka Anugerah / Jatim Times)

Ranu Kumbolo menjadi salah satu ikon masyhur di Gunung Semeru, Lumajang. Panorama yang disajikan membuat pengunjung dari berbagai daerah di Indonesia rela jauh-jauh datang untuk menikmati pesona Ranu Kumbolo. Di sisi lain, Ranu Kumbolo memiliki beragam mitos yang sudah tertanam di dalam benak para pengunjung. Salah satunya adalah tanjakan cinta.

Mitos yang beredar bahwa siapa saja yang melewati tanjakan tersebut sembari membayangkan orang yang disukai, maka hubungannya akan abadi. Ada yang percaya, ada juga yang tidak. Tapi yang hanya sekedar coba-coba juga banyak seperti Ali Radinal, mahasiswa Malang ini iseng-seng saja mencoba tanjakan cinta, meski saat ini status dia masih bujang.

Baca Juga : Di Tulungagung, Gowes Itu Menyehatkan dan Dapat Pertemukan Jodoh, Begini Triknya

“Saya dulu waktu mencoba tanjakan cinta hanya sekedar iseng saja, tidak ada niat apapun. Lha wong saya masih jomblo juga,” ucapnya.

Kemudian, Ali yang memang pertama kali ke Ranu Kumbolo mengaku tidak ingin melanjutkan perjalanannya hingga ke puncak. Jarak yang jauh dengan terbatasnya perbekalan menjadi pertimbangan. Selain itu, Asdar Munandar dari Palu juga tidak mau ketinggalan meski hanya sekedar mencoba.

“Tanjakan cinta dapetnya cuma capek doang. Terus terang saya tidak ada pikiran aneh-aneh soal mitos tersebut. Ke Ranu Kumbolo hanya sekedar wisata,” jelasnya.

Karena kesakralan airnya, ada beberapa larangan bagi pendaki yang transit di danau ini. Di antaranya ialah pendaki tidak diperbolehkan untuk mandi, mencuci, apalagi buang air di danau. Jangan coba-coba berenang juga, karena suhunya sangat ekstrim dan kedalamannya mencapai 28 meter.

Terlepas dari kebenaran mitos air suci ini, pendaki memang harus mematuhi larangan tersebut. Dengan tidak melakukan larangan itu, kamu secara otomatis sedang menjaga keindahan Ranu Kumbolo agar tetap awet dan terjaga. Karenanya, setiap aktivitas di area ini sebaiknya dilakukan dalam jarak 10 meter dari tepi danau. Jika ingin mandi, kamu bisa memanfaatkan toilet umum di area Ranu Kumbolo.

Baca Juga : Putuskan Jadi Transgender, Oscar Lawalata Punya Nama Baru, Siapa?

Sebagai informasi, Tanjakan Cinta terletak di sebelah barat Ranu Kumbolo dan merupakan area perbukitan menuju ke puncak gunung. Banyaknya mitos yang menyertai, berawal dari cerita ketika sepasang tunangan  hendak mendaki Gunung Semeru. Konon, ketika melintasi tanjakan cinta, sang pria tiba lebih dulu di puncaknya. Ketika sang pria menoleh ke belakang, tunangannya jatuh terguling karena kelelahan