Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Bupati Rijanto Dorong Blitar Selatan Jadi Sentra Penghasil Buah Melon

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : Dede Nana

21 - Sep - 2020, 16:38

Placeholder
Bupati Blitar Rijanto saat meninjau ladang melon dan berdialog dengan para petani di Desa Plandirejo.(Foto : Aunur Rofiq/BlitarTIMES)

Bupati Blitar Rijanto melaksanakan kunjungan kerja ke desa-desa di Kecamatan Bakung, Senin (21/9/2020). 

Blusukan ke pelosok pedesaan sudah menjadi rutinitas dari orang nomor satu di Kabupaten Blitar yang dikenal peduli dan dekat dengan rakyat. Tak hanya jaring aspirasi, dalam kunjungan ini bupati juga melaksanakan penghijauan, meninjau proyek Pamsimas dan membagikan PTSL.  

Baca Juga : Cegah Kluster Ponpes, Sekda Perintahkan Sidak Protokol Kesehatan dan Layani Rapid Test

Kunjungan kerja kali ini juga dimanfaatkan Bupati Rijanto untuk bertemu dengan kalangan petani di Desa Plandirejo. Dalam kesempatan ini bupati berdialog dan mendengarkan aspirasi sejumlah petani dari Kelompok Tani Tani Makmur yang pada tahun ini baru saja sukses panen raya melon.

Bersama petani, bupati juga berkeliling di ladang melon yang dikelola petani dari Kelompok Tani Makmur. 

“Hari ini saya kunker ke Blitar selatan. Saya ingin melihat kondisi masyarakat di musim kemarau. Apalagi di masa situasi pandemi covid-19. Alhamdulilah kondisi di Blitar selatan terutama pertaniannya jauh lebih baik saat ini dibanding yang dulu-dulu,” ungkap Rijanto. 

Rijanto merasa senang, meskipun di musim kemarau petani di Desa Plandirejo bisa bercocok tanam dengan baik. Tak hanya itu, Rijanto juga kagum dengan semangat para petani yang terus berinovasi bertani hortikultura di lahan kering. 

“Luar bisa semangatnya. Kalau dulu mereka itu menanam hanya ketela, sekarang ada melon, ada lombok, jagung dan tentunya ada brambang. Nah, yang saya lihat di Desa Plandirejo ini petani menanam melon, ini sangat bagus sekali,” paparnya. 

Bertani di lahan kering sarat dengan perjuangan. Dalam hal ini setelah berdialog dengan para petani Bupati Rijanto memahami bahwa problem yang dihadapi para petani adalah air. Ya, air di Kecamatan Bakung cukup sulit. Untuk mendapatkan air, petani harus mengangkut air dari sumber air yang lokasinya cukup jauh dari ladang mereka.

“Yang namanya Blitar selatan, air ya memang cukup sulit. Tapi kita tidak boleh berputus asa, nanti akan ada program-program sumur gali dari Pemkab Blitar untuk membantu para petani. Kita mendorong agar Blitar selatan ini jadi sentranya hortikultura, khususnya melon,” tukasnya.

Dengan beragam inovasi dan program-program terobosan dari Pemkab Blitar, Bupati optimis ke depan Blitar selatan bisa menjadi sentra penghasil buah melon kualitas unggul di Kabupaten Blitar. 

Baca Juga : Cegah Pencemaran, DPUPRPKP Kota Malang Dorong Pemanfaatan Layanan Sedot Tinja

Potensi-potensi ini sudah nampak. Selain Bakung, beberapa daerah di Blitar selatan seperti di Kecamatan Wates dan Kecamatan Wonotirto memiliki potensi besar di pertanian melon dibuktikan dengan digelarnya panen raya. 

“Kami dari pemerintah daerah akan terus memberikan fasilitasi dan pendampingan kepada petani. Saya bangga, petani kita pekerja keras, tangguh dan inilah modal bagi mereka untuk bisa eksis,” tandasnya. 

Kedatangan Bupati Rijanto di Desa Plandirejo disambut antusias oleh para petani. Para petani senang pemimpin mereka memberikan perhatian dan dukungan untuk kesuksesan pertanian hortikultura di kawasan Blitar selatan khususnya di desa mereka. 

Dikatakan Ketua Kelompok Tani Tani Makmur Desa Plandirejo, Katirin, kunci sukses dari bertani melon adalah bertani dengan berusaha semaksimal mungkin. Di samping itu perawatan maksimal dan kejelian dalam melihat tanaman. Namun demikian kelompoknya mengakui salah satu problem petani di Blitar selatan adalah kurangnya pasokan air. 

“Harapan kami, Pemkab Blitar bisa memberikan bantuan sumur. Kemarin kita baru saja mengajukan bantuan sumur sedang. Semoga apa yang kami harapkan ini tahun ini bisa terealisasi,” pungkasnya.(Adv/Kmf) 


Topik

Pemerintahan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

Dede Nana