Rijanto dan Mak Rini
Rijanto dan Mak Rini

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Blitar memastikan dua bakal pasangan calon (bapaslon) bupati dan wakil bupati siap head to head bertarung di pilkada Kabupaten Blitar 9 Desember mendatang. Kepastian ini disampaikan setelah dua bapaslon dipastikan telah memenuhi syarat pencalonan dan syarat calon. 

Komisioner KPU Kabupaten Blitar Divisi Teknis dan Penyelenggaraan Nikmatus Sholihah mengungkapkan ada dua persyaratan yang harus dipenuhi bapaslon. Yakni persyaratan calon dan persyaratan pencalonan. Persyaratan pencalonan dilengkapi saat pendaftaran ke KPU. Sementara syarat calon bisa dilengkapi atau diperbaiki jika ada kekurangan sesuai batas waktu yang ditentukan KPU pada 14-16 September 2020.

Baca Juga : KPU Banyuwangi Berharap Aturan Resmi Kampanye Pilkada Segera Terbit

“Alhamdulillah  semua syarat sudah dipenuhi bapaslon. Kedua bapaslon telah memenuhi seluruh syarat pada 15 September 2020. Hasil perbaikan ini, juga telah diplenokan pada 16 September 2020," ungkap Nikmatus kepada awak media, Jumat (18/9/2020).

Sebelumnya ada berkas calon yang membutuhkan perbaikan dari kedua bapaslon. Di kubu petahana, bakal calon wakil bupati Marhaenis Urip Widodo memiliki perbedaan nama lengkap di ijazahnya. Diketahui di ijazah nama lengkap ketua DPC PDIP Kabupaten Blitar itu tertulis Henis Urip Widodo. Dan saat mendaftar di KPU tertulis Marhaenis Urip Widodo. Namun ternyata setelah KPU melakukan klarifikasi, nama Marhaenis Urip Widodo telah sah dan sudah ada putusan resmi dari pengadilan.  

Sementara di kubu sebelah, ada perbedaan nama untuk bakal calon wakil bupati Rahmat Santoso. Saat daftar di KPU, nama yang didaftarkan adalah H Rahmat Santoso. Saat proses validasi, KPU menyatakan yang bersangkutan mendaftar dengan nama Rahmat Santoso. KPU kemudian melakukan klarifikasi dan menemukan fakta bhawa H ternyata adalah gelar Haji dan bukan  singkatan nama.

“Semuanya sudah memenuhi syarat. Tahap berikutnya adalah penetapan pasangan calon pada 23 September 2020. Esok harinya, kami langsung lakukan pengundian nomor urut pasangan,” ucapnya. 

Baca Juga : Maju Pilkada Kota Blitar, Yasin Hermanto Segera Lepas Jabatannya di DPRD

Pilkada Kabupaten Blitar Tahun 2020 dipastikan bakal diikuti dua pasangan calon. Petahana Rijanto-Marhaenis Urip Widodo yang diusung PDIP, Demokrat, Nasdem, Golkar, Gerindra dan PKS bakal ditantang pasangan Mak Rini-Pakdhe Rahmat yang diusung PKB, PAN dan PKS.