Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Politik

2 Bapaslon Pilbup Blitar Tes Kesehatan di RSSA Malang, Bawaslu Terapkan Waskat

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : A Yahya

08 - Sep - 2020, 19:55

Placeholder
Pasangan Rijanto-Marhaenis mengikuti tes kesehatan di RSSA Malang

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Blitar melaksanakan pengawasan melekat (Waskat) tahapan tes kesehatan dan psikologi terhadap dua bakal pasangan calon (Bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati Blitar yang lolos pendaftaran di KPU. Tahapaan tes kesehatan dan psikologi dilaksanakan di Rumah Sakit Syaiful Anwar Malang pada 8 hingga 10 September 2020. 

Ketua Bawaslu Kabupaten Blitar, Hakam Sholahuddin mengungkapkan tahapan demi tahapan Pilkada khususnya tes kesehatan dan psikologi perlu perhatian khusus. Terlebih tahapan tes kesehatan dan psikologi kali ini dilaksanakan di luar daerah.

Baca Juga : Sikapi Pengurus PCNU Surabaya Diduga Berpolitik, MWC Akan Investigasi

 

“Waskat kita laksanakan di juga di tahapan ini. Bukan berarti tahapan lainnya tidak penting untuk diawasi. Kita laksanakan waskat karena tes kesehatan dan psikologi ini dilaksanakan di luar kota yaitu RSSA Malang,” ungkap Hakam kepada awak media, Selasa (8/9/2020). 

Ada dua bapaslon yang mendaftar di Pilkada Kabupaten Blitar 2020. Yakni pasangan petahana Rijanto-Marhaenis Urip Widodo dan pasangan Rini Syarifa (Mak Rini)-HR Santoso. Kedua bapaslon dijadwalkan menjalani tes kesehatan dan psikologi di RSSA Malang sesuai jadwal yang ditentukan. Tes kesehatan dan psikologi dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat. 

“Kedua bapaslon mengikuti tes kesehatan dan psikologi di tempat yang sama. Hari ini tes kesehatan dan besok direncanakan tes psikologi,” terangnya. 

Dalam melaksanakan waskat dan memastikan kedua bapaslon hadir saat tes kesehatan dan psikologi, Bawaslu hadir langsung di  RSSA Malang. Bawaslu ingin memastikan kedua Bapaslon melaksanakan tes kesehatan dan psikologi sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

 “Kita ingin memastikan seluruh prosesnya sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku. KPU sudah berkoordinasi dengan pihak rumah sakit untuk pengambilan darah, foto rontgen dan lainnya,” imbuhnya. 

RSSA Malang selaku pelaksana tes kesehatan dan psikologi akan menyerahkan hasil tes kepada KPU Kabupaten Blitar. Sementara Bawaslu akan mendapatkan tembusan. Hasil tes tersebut merupakan salah satu syarat pendaftaran bagi bapaslon. “Tes ini untuk menentukan bapaslon lolos atau tidak dalam pendaftaran,” tegasnya. 

Baca Juga : Banyak Paslon Langgar Protokol Kesehatan, DPR Ingatkan Sanksi Tegas

 

Selama tes kesehatan dan psikologi di Kota Malang, KPU memberikan fasilitasi kepada kedua bapaslon berupa hotel. Kedua bapaslon menginap di hotel yang sama untuk mempermudah koordinasi dan memperlancar pelaksanaan tes.

“Kita upayakan pelaksanaan tes kesehatan dan psikologi ini berjalan lancar. Kita laksanakan tes ini secara berurutan. Bila 8 September ini tes kesehatan, maka esoknya tes psikologi, bukan tanggal 10 nya tes psikologi,” jelas Ketua KPU Kabupaten Blitar, Hadi Santoso. 

Seperti diberitakan, Pilkada Kabupaten Blitar 2020 ada dua bapaslon yang mendaftar ke KPU. Kedua bapaslon tersebut masing-masing petahana Rijanto – Marhaenis Urip Widodo (RIDO) yang diusung 6 parpol yaitu PDIP, Nasdem, Demokrat, Golkar, Gerindra dan PPP. Sedangkan bapaslon kedua yakni Mak Rini-HR Santoso diusung 3 parpol yakni PKB, PAN dan PKS.


Topik

Politik



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

A Yahya