Lalapan Boge (istimewa)
Lalapan Boge (istimewa)


Anda pencinta kuliner lalapan? Tidak lengkap rasanya jika tidak mencoba Lalapan Boge yang terletak di Jalan Dewandaru Kota Malang. Ya, lalapan yang terkenal di kalangan mahasiswa ini memiliki ciri khas sambal yang berbeda dari lalapan lainnya.

Jika sering melewati Jalan Dewandaru, maka mencari Lalapan Boge tidaklah sulit karena di wilayah tersebut kuliner yang paling ramai adalah warung yang berdiri sejak tahun 2009 lalu.

Baca Juga : Kangen Suasana Pantai di Masa Pandemi? Coba Sajian Khas Pantai Ini di Jombang

 

Dari menunya, memang mungkin tidak jauh berbeda dengan warung lainnya. Akan tetapi jika mencobanya, maka menurut Yusuf belum menemui sensasi berbeda. "Sambalnya yang memang punya ciri khas berbeda. Jika belum mencoba mungkin rasa penasarannya akan sangat tinggi," kata Yusuf.

Yusuf yang merupakan warga Bugoharjo, Kecamatan Pucuk, Kabupaten Lamongan itu datang ke Malang untuk mencoba peruntungan di dunia usaha kuliner. Dan usahanya tersebut berbuah hasil karena saat ini mahasiswa juga sangat mengenal Lalapan Boge. "Alhamdulillah tempatnya memang strategis dan kebetulan di sini juga banyak mahasiswa jadi mungkin mereka lebih banyak mengenal lalapan saya," lanjut Yusuf.

Dilihat dari namanya, Lalapan Boge memang cukup unik. Tapi menurut Yusuf nama tersebut memiliki arti tersendiri karena dirinya memberi nama tersebut merupakan pelesetan dari nama desanya yakni Bugoharjo. "Penamaan berawal dari nama desa Bugoharjo, dipelesetkan jadi Boge. Tapi sekarang pelanggan menamai Boge itu kepanjangan dari bokong gede, tapi ndak masalah itu berarti mereka selalu ingat warung saya," ujar Yusuf.

Sebelum pandemi, pengunjung Lalapan Boge mencapai 100 orang per hari. Namun pandemi covid-19 membuat mahasiswa yang kuliah di Malang banyak yang kembali pulang ke kampung halamannya sehingga berpengaruh juga bagi Yusuf. "Sebelum pandemi pengujung sampai 100 orang per hari. Tapi saat pandemi ini berkurang 40 sampe 50 persen, cukup besar juga," ucapnya.

Baca Juga : Icip-icip Kuliner Nasi Goreng Jor-joran di Yogyakarta

 

Untuk diketahui, Lalapan Boge memiliki menu makanan mulai dari Bebek, Ayam, Gurame, Dorang, Nila, Tahu Tempe Terong. Tapi ke depan, Yusuf mengungkap akan menambah menu makanan yakni seafood. Hal itu karena banyak permintaan dari pelanggan nya agar ada menu Sea Food.

"Insya Allah ke depan nambah menu Sea Food. Itu akan segera ada di warung kami. Untuk para pelanggan mungkin bisa mencoba menu baru kami," tutupnya.