Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Transportasi

Di Kota Batu Jalan Rusak Berat Tersisa 10 Ribu Kilometer

Penulis : Irsya Richa - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

06 - Sep - 2020, 16:50

Placeholder
Petugas saat melakukan pengaspalan jalan berlubang di Kota Batu sebelum pandemi. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

Sebagai kota wisata sekaligus untuk memanjakan para pengedara jalan, Pemkot Batu terus berupaya memperbaiki jalan-jalan berlubang terutama di jalur yang rawan kecelakaan di Kota Batu. Saat ini totalnya untuk kondisi jalan yang mengalami kerusakan berat mencapai 10.050 kilometer.

Dari data Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Batu total panjang jalan 174.235 kilometer di Kota Batu. Dengan seluruhnya terdapat 21 ruas jalan. Dari panjang jalan itu terdapat 30.516 kilometer jalan di Kota Batu kondisinya rusak ringan.

Baca Juga : Macet Tak Berkesudahan, Pemkot Malang Canangkan Tata Transportasi Lokal

Kemudian ada jalan yang kondisinya masuk pada kategori sedang sepanjang 42.430 kilometer. Dan ada sepanjang 91.238 kilometer dalam kondisi baik.

Meski jalan yang nengalami kerusakan berat persentasenya sedikit namun Pemkot Batu akan melakukan perbaikan jalan dengan segera.

“Untuk perbaikan sudah dijadwal, dan sudah dibagi sesuai dengan skala prioritasnya. Contohnya jalan yang mengalami kerusakan berat dan rawan kelecakaan,” kata Kepala Seksi Pembangunan Jalan dan Jembatan DPUPR Kota Batu, Hutomo Mandala Putra.

Ia menambahkan, jalan yang rusak itu juga dibagi menjadi dua jenis yakni rusak ringan dan rusak berat. Hal ini dilakukan sebagai pertimbangan untuk perbaikan.

Baca Juga : Masih Tahap Proses Pengerjaan, JLS Malang-Blitar Ditargetkan Selesai Tahun 2022

“Skala prioritas perbaikan itu juga diperhatikan, kalau terjadi respon yang lama misalnya berarti kami masih melakukan perbaikan di ruas jalan yang lebih urgent,” terangnya.

Namun ditargetkan pada akhir tahun ini seluruh jalan yang berlubang atau rusak, mulai dari yang ringan dan berat seluruhnya akan diatasi. Tentunya demi kenyaman pengendara yang melintasi jalan di Kota Batu.


Topik

Transportasi



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

Sri Kurnia Mahiruni