Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Politik

Bupati Malang Sanusi Blusukan Pesantren Minta Doa Restu soal Pencalonannya

Penulis : Ashaq Lupito - Editor : A Yahya

20 - Aug - 2020, 19:28

Placeholder
Bupati Malang, HM Sanusi (paling kiri) saat bersalaman dengan para santri (Foto : Ashaq Lupito / MalangTIMES)

Dua pasangan Balon (bakal calon) Bupati Malang diprediksi bakal berjuang habis-habisan untuk memperebutkan suara umat Islam di Kabupaten Malang. Seperti yang sudah diketahui, dua pasangan Balon Bupati Malang, yakni SanDi (Sanusi - Didik Gatot Subroto) maupun Ladub (Bu Nyai Lathifah dan Didik Budi Muljono), sama-sama mengklaim memiliki sejarah tersendiri dengan umat Islam, khususnya terhadap basis NU (Nahdlatul Ulama).

Maklum saja kedua bakal kontestas Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah) Kabupaten Malang ini, khususnya Lathifah Shohib dan sang petahana HM Sanusi, memang pernah berada di bawah naungan yang sama, yakni PKB (Partai Kebangkitan Bangsa). Namun menjelang detik-detik rekomendasi maju Pilkada 2020, Sanusi akhirnya memilih untuk hijrah ke PDI Perjuangan.

Baca Juga : Malang Jejeg Lakukan Pengaduan Dugaan Ujaran Kebencian, George da Silva Bungkam

Atas dasar itulah, sudah menjadi hal wajar jika lumbung suara dari NU bakal jadi rebutan kedua kontestan tersebut. Beberapa waktu lalu, dari informasi yang diperoleh media online ini, Lathifah dikabarkan sempat sowan (berkunjung, red) ke Ponpes (Pondok Pesantren) An-Nur.

Seolah tidak mau kalah, HM Sanusi juga terpantau mengunjungi Ponpes An-Nur 2 pada hari Kamis (20/8/2020) sore. ”Keluarga dari pondok (An-Nur 2) ada yang wafat, sehingga di samping kunjungan untuk bertakziah juga sekaligus untuk memperingati tahun baru Islam dengan mengunjungi pondok,” dalih Sanusi.

Apakah dalam kunjungan kali ini, pihaknya berharap doa khusus kepada pihak Ponpes?, dengan tegas Sanusi mengamini pertanyaan yang diajukan awak media kepada dirinya tersebut.

”Ya kalau datang ke pondok pastilah minta doa para kiai, agar Kabupaten Malang selamat dan tambah sejahtera, tambah makmur,” ungkap Sanusi seolah mengisyaratkan jargonnya dalam Pilkada, yakni Malang Makmur.

Ketika dipertegas, apakah doa yang diharapkan kepada pihak Ponpes itu ada kaitanya dengan pencalonan dirinya di Pilkada?, sosok Bupati Malang ini lagi-lagi membenarkannya.

”Kalau An-Nur ini setiap saya ada acara Pilkada Insya Allah tetap dukung saya, karena masih ada hubungan keluarga. Kalau pondok kan kita minta doanya, ya doa restunya,” klaimnya.

Upaya Sanusi untuk meraup suara dari warga NU itu, juga terlihat dari beberapa moment saat dirinya mendatangi berbagai acara. Dalam beberapa kesempatan belakangan ini, Sanusi terlihat mengenakan beberapa atribut yang identik mengarah ke NU.

Baca Juga : Sebut Bupati dan Wabup Dengan Panggilan Sahabat, Ini Kritik Fraksi PPP Lumajang

”Saya memang orang NU, bukan di beberapa tempat saja tapi dari kecil saya sudah NU. Dengan semua pengurus ya hampir bersama terus, karena mulai dulu saya dengan NU itu selalu bersama,” ucap Sanusi saat ditanya komunikasi dirinya dengan NU jelang Pilkada Kabupaten Malang.

Selain berkunjung ke An-Nur 2, Sanusi juga merapat ke beberapa Ponpes yang ada di Kabupaten Malang. Selain itu, berbagai ormas keagamaan, dikatakan Sanusi, juga tidak akan luput dati pemetaannya termasuk saat menjelang Pilkada.

”Ya selama ini ulama hingga pengasuh pondok, semuanya dekat dengan saya. Sering berhubungan satu dengan yang lain, sering kita membantu kebutuhan di pondok. Misalnya yang berhubungan tentang perizinan maupun yang lainnya,” sambung Sanusi.

Selain berkunjung ke Ponpes dan ormas, Sanusi juga mengaku sering sowan kepada beberapa tokoh agama. ”Saya kalau ada kiai mau datang ke saya, saya bilang saya saja yang datang. Karena saya menjalankan perintah rasul, umara yang baik itu adalah yang mendatangi ulama. Jadi pemerintah yang baik itu, datangi ulama bukan ulama-nya yang suruh datang. Sehingga saya datangi semua,” pungkasnya.

Sebagai tambahan, dalam kunjungan kali ini, Sanusi juga terpantau menggelar tahlilan dan doa bersama di Ponpes An-Nur 2. Sebelum beranjak dari lingkungkan Ponpes, Sanusi juga menyempatkan diri untuk bersalaman dam membagikan santunan kepada beberapa santri.


Topik

Politik



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Ashaq Lupito

Editor

A Yahya