Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Kesehatan

Kasus Positif Covid-19 di Kabupaten Blitar Bertambah, 7 Diantaranya ASN

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

14 - Aug - 2020, 13:49

Placeholder
Ilustrasi

Kasus konfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Blitar menunjukkan tren peningkatan. Satgas Penanganan Covid-19 mencatat pada 13 Agustus  jumlah total mencapai 312 kasus atau bertambah 17 kasus dalam sehari. Dari tambahan 17 kasus itu 7 diantaranya merupakan Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkab Blitar.

“Ada 17 kasus tambahan konfirmasi positif baru. Dari 17 kasus itu 3 orang merupakan ASN Pemkab Blitar, 4 ASN Dinkes. Kemudian 1 satpam di instansi milik pemerintah dan sisanya dari masyarakat umum," ungkap Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Blitar, Krisna Yekti, Jumat (14/8/2020).

Baca Juga : Proses Tracing Warga yang Berebut Jenazah PDP Covid-19 Sulit Dilakukan, Apa Sebabnya?

Meskin terjadi tren peningkatan, Satgas Covid-19 menyampaikan kabar baik yakni terjadi penambahan 9 kasus konfirmasi positif dinyatakan sembuh. Dengan tambahan 9 orang itu, kini total pasien konfirmasi positif di Kabupaten Blitar yang dinyatakan sembuh berjumlah 249 orang.

“Terjadi tingkat kesembuhan yang tinggi di Kabupaten Blitar. Dari total kasus 312 itu ada 249 yang dinyatakan sembuh. Sementara yang observasi ada 47 dan yang meninggal dunia 16 orang,” paparnya.

Dikatakannya, tingginya angka kasus Covid-19 di Kabupaten Blitar disebabkan masifnya swab test yang dilaksanakan Satgas Covid-19 dan Dinas Kesehatan. Swab test langsung dilakukan kepada kontak erat pasien positif sebelumnya.

“Kontak erat langsung kita swab test setelah kita lakukan tracing,” jelasnya.

Baca Juga : Pasien Positif Covid-19 di Malang yang Masih Dirawat Medis, Kebanyakan dari Kecamatan ini

Lebih dalam Krisna menyampaikan, pengawasan dan sosialisasi kepada masyarakat untuk disiplin menjalankan protokol kesehatan gencar dilakukan Pemkab Blitar. Diantaranya Bupati Blitar Rijanto memerintahkan camat dan kepala OPD terkait untuk terus melakukan pengawasan dan sosialisasi di masyarakat terkait pentingnya menerapkan protokol  kesehatan.

“Bapak Bupati berpesan agar masyarakat terus mematuhi protokol kesehatan utamanya memakai masker untuk memutus penularan,” pungkasnya.


Topik

Kesehatan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

Sri Kurnia Mahiruni