Direktur PDAM Jember Ady Setiawan bersama Pemimpin Bank Jatim Syariah Jember Solehudin saat menandatangani MoU. (foto : Moh. Ali Makrus / Jatim TIMES)
Direktur PDAM Jember Ady Setiawan bersama Pemimpin Bank Jatim Syariah Jember Solehudin saat menandatangani MoU. (foto : Moh. Ali Makrus / Jatim TIMES)

Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Jember terus meningkatkan kualitas layanan kepada pelanggan. Terbaru,  PDAM melakukan penandatanganan memorandum of understanding (MoU) dengan pihak Bank Jatim Syariah Jember tentang penyelenggaraan layanan penerimaan pembayaran tagihan air secara online melalui payment point online bank.

Acara yang berlangsung di aula PDAM Jember pada Selasa (11/8/2020) ini juga dihadiri Badan Pengawas PDAM Jember, Bagian Ekonomi Pemkab Jember, jajaran direksi Bank Jatim Syariah, serta Badan Amil Zakat Nasional Daerah Jember.

Baca Juga : Maksimalkan Pengelolaan Dana Eks PNPM, Pemkab Jember Gelar Bimtek Bawas

Direktur Utama PDAM Jember Ady Setiawan, dalam kesempatan tersebut mengatakan bahwa pihaknya melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama ini untuk memudahkan pelanggan PDAM dalam melakukan pembayaran rekening air melalui online.

“Jadi, PDAM Jember terutama pelanggannya memiliki kemudahan untuk membayar rekening air dengan menggunakan fasilitas perbankan Bank Jatim Syariah Jember,” ujarnya

Untuk itu, Ady berharap agar ke depannya kerja sama ini akan memudahkan pelanggan PDAM untuk membayar rekening air yang digunakan dengan fasilitas yang dimiliki Bank Jatim Syariah. Antara lain edisi maupun ATM atau juga dengan mobile banking, internet banking atau bisa langsung ke kantor cabang Bank Jatim terdekat.

“Hari ini kami sudah tanda tangani perjanjian kerja sama dengan Bank Jatim Syariah. Soalnya, tujuan PDAM bukan pada bisnis yang sekadar mengejar profit oriented, tapi lebih pada hasil yang memberikan manfaat kepada masyarakat atau end to end," kata Ady.

Ady berharap, dengan adanya kerja sama ini, pelanggan dan pihak PDAM sendiri memperoleh keuntungan dan kemudahan, terutama dalam hal pembayaran air bagi para pelanggan.

“Ini sudah tentu akan memberikan kemudahan bagi para pelanggan untuk bayar rekening air. Artinya pelanggan di mana pun berada sudah tidak ada alasan lagi menunggak dengan argumen jaraknya jauh dan sebagainya. Pasalnya, sekarang tidak perlu lagi ke kantor cabang PDAM,” ungkapnya.

Baca Juga : Pengesahan Warga Baru PSHT, Pemkot Madiun: Kita Minta Lakukan Secara Online

Ady menambahkan,  bagi PDAM, kerja sama ini akan lebih meningkatkan cash flow PDAM. “Saya harapkan pelanggan juga bisa memiliki alternatif pembayaran. Dan tentunya apabila efektivitas penagihan PDAM ini meningkat, maka sudah tentu ini akan lebih meningkatkan juga pelayanan kepada pelanggan," ucapnya.

“Tetapi sudah tentu masing-masing perbankan memiliki keunggulan. Kami harapkan ini adalah salah satu upaya  untuk memberikan pelayanan PDAM Jember. Dan saya yakin nasabah Bank Jatim Syariah Jember juga banyak,” imbuhnya.