TP PKK Kabupaten Jember saat membagikan masker kepada pedagang pasar Tanjung (foto : Istimewa / Jatim TIMES)
TP PKK Kabupaten Jember saat membagikan masker kepada pedagang pasar Tanjung (foto : Istimewa / Jatim TIMES)

Kesadaran masyarakat khususnya para pedagang yang mulai menurun dalam menjalankan aktivitas di era adaptasi baru ini, membuat ketua TP PKK Kabupaten Jember Hj. Maimunah Muqit merasa prihatin. 

Menyikapi hal tersebut, TP PKK membagikan 1000 masker kepada pedagang dan pembeli yang ada di Pasar Tanjung. 

Baca Juga : Bupati Jombang Terima Kunjungan Kerja Mendes-PDTT, Ini yang Dipaparkan

“Kami melihat, tingkat kesadaran masyarakat dalam mengenakan masker mulai menurun, oleh karenanya tugas kita semua untuk terus memberikan edukasi. Hari ini kami memilih pasar, karena kami rasa pasar merupakan wilayah paling rentan terkait penyebaran Covid-19 ini,” ujar Hj. Maimunah Muqit. 

TPP PKK Kabupaten Jember tidak sendirian, pembagian 1.000 masker ini juga melibatkan-unsur lain seperti Dharmawanita, Persit Candra Kirana, Bhayangkari, dan PKK Kecamatan Kaliwates. 

Menurut perempuan yang juga istri dari Wakil Bupati Jember KH. A. Muqit Arief, pasar menjadi salah satu lokasi yang rentan dengan penularan Covid-19. Pedagang maupun pembeli banyak yang tidak menggunakan masker. 

Sambil membagikan masker, dilakukan edukasi kesehatan. Pedagang dan pembeli diingatkan untuk tetap waspada pada masa pandemi ini dengan menggunakan masker. 

Salah seorang pedagang bernama Laili menyampaikan ucapan terima kasih telah diberi masker. Ia mengakui kebanyakan pedagang tidak menggunakan masker. 

Baca Juga : Bupati Jombang Persilakan Warganya Gelar Hajatan, Ini Syaratnya

Menurutnya, masker merupakan bagian terpenting dalam melawan Covid-19. “Terima kasih atas kepedulian Pemerintah Kabupaten Jember,” katanya seraya berharap virus ini cepat berlalu agar pedagang lebih leluasa berdagang. 

Pembagian masker secara gratis kepada masyarakat ini mendapat sambutan antusias tidak hanya pedagang dan pembeli, beberapa pengguna jalan juga berebut untuk mendapatkan masker gratis. 

“Sebenarnya sudah punya masker di rumah, cuma ini tadi lupa gak pakai, mumpung ada pembagian cuma-cuma, ya minta sekalian,” ujar pengendara sambil berlalu. (*)