Kondisi perut Yakin Wandika yang menderita Tumor, tidak lama lagi akan menjalani operasi (foto : diskominfo / Jatim TIMES)
Kondisi perut Yakin Wandika yang menderita Tumor, tidak lama lagi akan menjalani operasi (foto : diskominfo / Jatim TIMES)

Yakin Wandika, putra M. Abdur Rohim warga Desa Mundurejo Umbulsari Jember hingga saat ini belum bisa menjalani operasi. Padahal tumor di perutnya terus membesar, bocah umur 5 tahun ini didiagnosa menderita tumor setelah periksa di Rumah Sakit dr. Soebandi pada 1 Juli lalu.

Meski demikian, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember masih terus mengupayakan agar Yakin Wandika segera mendapatkan perawatan medis. 

Baca Juga : Webinar Bersama Unisba, Bupati Rijanto Ajak Milenial ikut Kembangkan Sektor Pertanian

“Saat ini Bupati (Jember) sudah memerintahkan Dinas Kesehatan dan pihak rumah sakit untuk menyiapkan rencana operasi kepada adinda Yakin Wandika. Nanti persiapan sudah dimulai sehari sebelumnya oleh pihak Puskesmas Umbulsari. Kemungkinan dalam 1-2 hari sudah akan dilakukan bedah,” ujar Kepala Dinas Kominfo Pemkab Jember Gatot Triyono Selasa (28/7/2020) malam.

Gatot menjelaskan, selama ini petugas dari Puskesmas Umbulsari juga sudah melakukan pemantauan untuk perkembangan kondisi pasien. 

“Pasien terakhir menjalani perawatan pada 22 dan 23 juli lalu, dan besok (hari ini, red) juga akan dilakukan kontrol lagi di RS Soebandi untuk persiapan operasi,” beber Gatot.

Sejak dinyatakan menderita tumor, Yakin Wandika belum bisa menjalani tindakan medis. Selain kondisi anak yang belum memungkinan, kondisi rumah sakit yang menangani pasien Covid-19 juga menjadi penyebabnya.

Yakin diketahui menderita tumor setelah menjalani pemeriksaan di RS dr Soebandi pada 1 Juli lalu. Bocah ini kemudian menjalani rawat inap hingga 2 Juli malam, kemudian pada tanggal 16 Juli 2020 melakukan kontrol ke Poli Bedah RS dr Seobandi, diminta untuk kembali melakukan pemeriksaan pada 22 Juli 2020, dan menjalani rawat inap hingga 23 Juli.

Baca Juga : Bupati Bojonegoro Ajak Ketua DPP PDIP Tinjau Lokasi Waduk Gongseng

“Mudah-mudahan operasinya nanti berjalan lancar, untuk semua biaya ditanggung oleh Pemkab Jember, selama ini pihak Puskesmas sudah melakukan pendampingan dan pemantauan perkembangan penyakit yang diderita oleh adinda,” pungkas Gatot. (*)