Panitia Kurban Banyuwangi Diminta Patuhi Protokol  Kesehatan | Jatim TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Panitia Kurban Banyuwangi Diminta Patuhi Protokol Kesehatan

Jul 24, 2020 19:47
Warga Memilih Hewan Kurban di Sentra Peternakan Sapi di wilayah Banyuwangi Nurhadi Banyuwangi Jatim Times
Warga Memilih Hewan Kurban di Sentra Peternakan Sapi di wilayah Banyuwangi Nurhadi Banyuwangi Jatim Times

Semua panitia kurban di wilayah Banyuwangi diharapkan mengutamakan kesehatan dan keselamatan diri dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Baik itu saat proses penyembelihan hewan kurban maupun saat pembagian daging kurban kepada warga masyarakat yang berhak menerima.

Menurut Kepala Dinas Pertanian Banyuwangi melalui Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriber (Keswan-Kesmavet), drh Nanang Budiharto, pada prinsipnya  Dinas Pertanian berupaya maksimal selalu mendampingi warga masyarakat yang akan melakukan korban dalam Idul Adha tahun ini. 

Baca Juga : Kronologi Penusukan Imam Masjid di Pekanbaru Saat Pimpin Doa

Dimulai dari pemeriksaan hewan qurban di kandang  peternak, pedagang maupun yang di etalase/showroom maupun di lapak-lapak penjualan hewan qurban yang tersebar di wilayah Banyuwangi. "Dengan melakukan program pemeriksaan kesehatan hewan yang komprehensif kami menekankan semua hewan kurban bebas dari penyakit hewan menular, selalu dalam keadaan sehat dan sesuai syariat Islam untuk berkurban," jelasnya.

Selanjutnya Alumni Universitas Udayana Bali itu menambahkan dalam proses penyembelihan panitia disarankan membatasi jumlah orang yang terlibat apalagi saat ini Banyuwangi masih dalam masa recovery pasca tanggap darurat pageblug Corona.

Untuk memastikan kesehatan hewan maupun daging kurban yang akan didistribusikan kepada warga, petugas akan datang untuk melakukan pemeriksaan sebelum proses penyembelihan (ante mortem) maupun setelah hewan kurban dipotong (post mortem). "Sehingga produk BAH (Bahan Asal hewan) sehat dan daging dapat diberikan warga dalam keadaan Aman Sehat Utuh dan Halal (ASUH)," tambah pria asal Tulungagung itu.

Lebih lanjut dia menambahkan untuk proses pembagian daging panitia disarankan untuk mengantarkan langsung ke rumah-rumah warga. Dengan tujuan tidak terjadi kerumunan massa yang masih dinilai rawan bagi penyebaran virus Corona yang sampai saat ini belum ada obatnya.

Baca Juga : Sekolah Swasta di Kota Madiun ini Bagikan Seragam dan LKS Gratis

Ayah dua anak itu juga mengingatkan dalam masa recovery atau transisi menuju kebiasaan baru, selama melakukan aktivitas merayakan Idul Adha semua warga diminta untuk selalu menggunakan masker, sering mencuci tangan dengan menggunakan sabun dan selalu menjaga jarak maupun mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah agar keselamatan tetap menjadi prioritas, tetap terjaga kesehatan serta proses pelaksanaan kurban berjalan aman lancar dan sukses.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Berita Banyuwangi Kesehatan Hewan Ternak

Berita Lainnya