Join Lecture In Tourism Program digelar Unisba Blitar bekerjasama dengan kampus dari negara Thailand
Join Lecture In Tourism Program digelar Unisba Blitar bekerjasama dengan kampus dari negara Thailand

Sejumlah mahasiswa asing dari Thailand mengikuti kuliah internasional yang diselenggarakan Universitas Islam Balitar (Unisba) Blitar. Kuliah internasional bekerja sama dengan Ayothaya Thailand fokus terhadap pembahasan tentang Tourism. 

Selain diikuti mahasiswa asal Thailand, agenda kuliah yang dilaksanakan melalui aplikasi Zoom ini juga terbuka untuk seluruh mahasiswa Unisba. Kuliah internasional ini akan ada 2 mata kuliah yakni Tour Guide dan Community Based Tourism. Setiap mata kuliah terdiri dari 6 pertemuan. Kuliah perdana digelar pada Kamis (16/7/2020). 

Baca Juga : UIN Malang Siap Transformasi Menuju Smart Islamic Campus

Kepala Bidang Kerjasama Unisba Blitar, Hesti Puspitasari, menyampaikan kegiatan kuliah internasional bekerja sama dengan Ayotaya Thailand merupakan tindak lanjut pertukaran mahasiswa Unisba Bitar dengan Negara Thailand. Seharusnya, tahun ini mahasiswa Thailand dari Ayothaya Busines Administration Technology Collage akan datang melaksanakan studi di Unisba Blitar. Namun rencana itu terpaksa ditunda akibat pandemi covid-19.

“Direncanakan mahasiswa dari Thailand akan mengikuti pembelajaran kuliah di Unisba. Namun karena keadaan pandemi covid-19, kita alihkan ke pembelajaran daring atau yang kita sebut dengan Join Lecture In Tourism Program,” ungkap Hesti Puspitasari kepada BLITARTIMES.

Dikatakannya,  Join Lecture In Tourism Program tidak hanya dilaksanakan bersama Ayothaya Busines Administration Technology Collage. Kegiatan ini juga akan dilaksanakan bersama Thaksina Busines Administration And Technology Collage. “Jadi kita kan ada 2 instansi yang bekerja sama dengan Unisba Balitar. Pada hari ini akan dimulai kegiatan ini. Kuliah internasional dibuka langsung Wakil Rektor III Unisba Blitar Bapak Dr Supriyono M.Ed mewakili Bapak Rektor Unisba,” paparnya.

Dalam melaksanakan Join Lecture In Tourism Program, Unisba Blitar mempersiapkan dua dosen dari Fakultas Sosial dan Politik. Yakni Endah Siswati yang akan mengampu mata kuliah Community Based  Tourism. Sedangkan Anita Reta akan mengampu mata kuliah Tour Guide. Pada pertemuan berikutnya kuliah internasional ini akan menghadirkan dosen tamu dari Kantor Imigrasi Kelas II Blitar dan Dinas Parbudpora Kabupaten Blitar.

Baca Juga : Masuk Zona Kuning, Kota Blitar Belum Terapkan Belajar Mengajar Tatap Muka

“Salah satu mata kuliah dari tourism nanti akan diampu oleh Kepala Kantor Imigrasi Blitar. Beliau akan mengampu mata kuliah tour guide di mana topiknya nanti preparing passport dan visa. Sedangkan berikutnya, dari Dinas Parbudpora Kabupaten Blitar akan berpartisipasi di kegiatan ini untuk memberikan materi kuliah Tour Guide dengan  dan Community Based Tourism dengan topik di antaranya even, Food Indonesia dan Indonesian Culture

Mahasiswa dari Unisba Blitar yang mengikuti kuliah internasional ini akan mendapatkan sertifikat. Sementara bagi mahasiswa Unisba yang mengikuti pertukaran pelajar ke Thailand  akan bertindak sebagai pendamping dan penerjemah.(*)