Polres Blitar Kota gandeng LPPM Unisba Blitar dalam laksanakan survey ITK Polri
Polres Blitar Kota gandeng LPPM Unisba Blitar dalam laksanakan survey ITK Polri

Kepolisian Resort Blitar Kota melaksanakan survei Indeks Tata Kelola Polri (ITK). Dalam hal ini Polres Blitar Kota menggandeng Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Islam Balitar (Unisba) Blitar dalam melakukan survei ITK. 

Kapolres Blitar Kota AKBP Leonard M Sinambela mengatakan, kegiatan ITK bertujuan untuk mengetahui nilai dari sejumlah bidang di kepolisian khususnya Polres Blitar Kota. 

“Survei ini penting sekali untuk institusi Polri. Apabila ditemukan masih ada kekurangan akan segera dilakukan perbaikan,” ungkap AKBP Leonard.

Sementara itu, Kepala Badan Penjamin Mutu Unisba Blitar Zainul Ichwan selaku anggota tim survei, menyampaikan bahwa maksud dan tujuan survei tata kelola ini untuk mengetahui bagaimana kepolisian menjalin hubungan dengan stakeholder, pelayanan kepolisian, pengendalian gratifikasi dan korupsi.

Baca Juga : Pesta Miras di Tengah Pandemi, Dua Warga Blitar Tewas

Dikatakannya, survey ITK ini merupakan tindak lanjut MoU antara LPPM Unisba Blitar dengan Polres Blitar Kota. Kerjansama antara kedua lembaga bukan yang pertamai. Pada tahun lalu  telah ditandatangani MoU oleh Rektor Unisba Blitar dan Kapolres Blitar Kota. ITK Polri ini diukur setiap tahun dan dilaksanakan oleh jajaran Polri di seluruh Indonesia. 

“Responden kita dalam survey ini ada internal dan eksternal. Survei kita tentang optimalisasi pelayanan Polres Blitar Kota untuk masyarakat. Meliputi pelayanan SIM, SKCK, zona integritas dan pelayanan tanpa korupsi. Tujuannya adalah terkait visi dan misi Polri di mana goalnya pada tahun 2022 harus bisa mencapai Promoter (Profesional, Modern dan Terpercaya,” terang Zainul kepada BLITARTIMES, Selasa (7/7/2020).

Lebih dalam Zainul menyampaikan, hasil survei ITK akan diserahkan LPPM Unisba Blitar kepada Polres Blitar Kota. Hasilnya nanti akan diumumkan secara resmi oleh Polres Blitar Kota.

Baca Juga : Korsleting Listrik, Gudang Kerajinan Tempurung Kelapa di Blitar Dilalap si Jago Merah

“Hasil survei telah selesai dan dalam proses pengolahan data. Setelah selesai nanti akan hasilnya kami serahkan ke polres, nanti yang mengumumkan adalah Polres Blitar Kota. Yang jelas hasil surveinya  beberapa indikator di Polres Blitar Kota sangat baik dan sangat memuaskan,” pungkasnya.(*)