Bupati Jember didampingi Kapolres dan Dandim 0824 saat memberikan keterangan pers usai melakukan patroli (foto : Nanang / Jatim TIMES)
Bupati Jember didampingi Kapolres dan Dandim 0824 saat memberikan keterangan pers usai melakukan patroli (foto : Nanang / Jatim TIMES)

Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Jember menggelar patroli gabungan untuk melakukan imbauan dan penegakan disiplin protokol kesehatan Covid-19 berskala besar di tempat-tempat keramaian di dalam kota.

Beberapa lokasi yang disasar yakni di Kecamatan Kaliwates, Patrang dan Sumbersari  Sabtu (4/7/2020) malam.

Baca Juga : Tekan Angka Kehamilan, Dinsos-P3AP2KB Maksimalkan PLKB

Patroli berskala besar yang digelar jajaran Forkopimda ini dipimpin langsung oleh Bupati Jember Faida bersama Kapolres Jember AKBP Aris Supriyono dan Dandim 0824 Jember Letkol Ifn. La Ode M Nurdin.

Patroli itu juga menerjunkan ratusan personel meliputi Polres Jember, Kodim 0824 Jember, Satpol PP, BPBD, dan Dinas Perhubungan Jember.

"Patroli ini dilakukan sebagai upaya untuk memberikan imbauan dan pendisiplinan terhadap warga, agar untuk mematuhi protokol kesehatan Covid-19, terutama saat beraktivitas di luar rumah," ujar Bupati Jember Faida usai melaksanakan patroli.

Bupati menyatakan, saat ini tingkat kesadaran masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan sudah mulai kendor. Hal ini terlihat dengan banyak masyarakat yang tidak mengenakan masker saat beraktivitas di luar rumah.

Oleh karenanya gugus tugas menggelar patroli sembari mengingatkan kembali ke warga tentang pentingnya mematuhi protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19. 

“Masyarakat sudah mulai kendor dan mengabaikan protokol kesehatan, oleh karenanya kami perlu memberikan imbauan dan penegakan disiplin, sehingga penyebaran Covid-19 ini bisa dicegah,” ujar Faida.

Kapolres Jember AKBP Aris Supriyono mengatakan, patroli skala besar ini dilakukan oleh tim gabungan, dengan sasaran tempat-tempat keramaian, seperti pasar, pusat perbelanjaan dan cafe-cafe. 

Baca Juga : Meski di Tengah Pandemi, Sabtu dan Minggu Dispendukcapil Kota Batu Tetap Buka

"Tim akan berkeliling ke tempat-tempat keramaian, dengan target utama pusat ekonomi warga seperti pasar dan pusat perbelanjaan, dan tempat-tempat hiburan," kata Aris.

Sementara Dandim 0824 Jember La Ode Muhammad Nurdin menambahkan, petugas gabungan akan berkeliling secara periodik melakukan patroli ke pasar dan pusat ekonomi dan tempat keramaian yang lain, untuk selalu mengingatkan warga selalu menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

"Kami akan terus bersinergi dengan semua unsur, untuk selalu melakukan patroli, guna mencegah penyebaran Covid-19, dan kami akan terus mengingatkan warga agar selalu mematuhi protokol kesehatan Covid-19, mulai dari pemakaian masker, jaga jarak, sering cuci tangan, hingga menghindari kerumunan," pungkasnya. (*)