Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Terkait Aksi Lempar Botol Bir, Bupati Akan "Damai" dengan Dewan Koboi?

Penulis : Anang Basso - Editor : Dede Nana

28 - Jun - 2020, 19:58

Placeholder
Bupati Tulungagung Maryoto Birowo dan Ketua DPC PDI Perjuangan Tulungagung Susilowati (Foto : Anang Basso / Tulungagung TIMES)

Setelah anggota DPRD Koboi, Suharminto blak-blakan tentang kekesalannya dengan Maryoto Birowo Bupati Tulungagung, kini mulai ada jalan menuju damai. Hal itu disampaikan Maryoto yang mengaku, jika dirinya telah mengirim sinyal untuk mediasi.

"Saya sudah tua. Saya ini bapaknya orang Tulungagung jadi saya flesibel saja," ucapnya.

Baca Juga : Protes Biaya Rapit Test, DPRD Banyuwangi Siap Perjuangkan Nasib Sopir

Karena dirinya dan Suharminto merupakan kader PDI Perjuangan, tidak ada kendala untuk melakukan upaya apapun termasuk perdamaian.

"Kita kan orang partai, jadi bisa berfikir mana jalan yang terbaik," ujarnya.

Meski belum secara gamblang mempercayakan mediasi pada pihak lain, Maryoto tidak membantah jika dirinya telah menjalin komunikasi.

Sementara itu, Ketua DPC PDI Perjuangan Tulungagung Susilowati mengaku menyerahkan sepenuhnya keputusan pada DPD Jawa Timur (Jatim). Pasalnya, tugas untuk melakukan klarifikasi sudah dilaksanakan sesuai mekanisme internal.

"Kita tunggu saja apa yang akan diputuskan DPD," ucap Susi yang juga mengatakan, dirinya tidak mau berkomentar banyak mengenai perbedaan alasan Suharminto datang ke pendapa dan kemudian terjadi aksi koboi itu.

"Masalah ini kan personal, jadi urusannya kami tidak dapat mencampuri," tegasnya.

Adanya perbedaan antara klarifikasi yang dilakukan DPC dan pembelaan Suharminto tentang sebab musabab dirinya datang ke pendapa, Susilowati memilih irit bicara.

"Yang jelas keputusannya kita tunggu dari DPD," tambahnya.

Baca Juga : Banjir Landa Halmahera Selatan, Dewan Bantu Benahi Saluran Tersumbat

Sebelumnya, DPC PDI Perjuangan telah melakukan klarifikasi ke Suharminto dan memperoleh alasan jika kedatangannya untuk silaturahmi lebaran. Kemudian, setelah kasus ini berproses, Suharminto di media online memberikan pengakuan berbeda.

Menurutnya, kedatangannya pada malam itu mencari Bupati Tulungagung, Maryoto Bhirowo untuk menagih utang pemenangan Pilkada 2020.

Suharminto mengaku sudah berusaha mencari Maryoto empat kali. Namun tidak pernah ketemu. Anggota DPRD Tulungagung ini mengaku kedatangannya ke pendapa terkait masalah uang.

Saat pencalonan pasangan Syahri Mulyo dan Maryoto Birowo di Pilkada 2018 lalu, Suharminto diminta mencari dana Rp 6,1 miliar. Namun, dirinya hanya bisa mengusahakan uang dari utangan sebesar Rp 1,475 miliar. 


 

 

 


Topik

Peristiwa



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anang Basso

Editor

Dede Nana