Ilustrasi pencurian kendaraan bermotor. (istimewa)
Ilustrasi pencurian kendaraan bermotor. (istimewa)

Pelaku curnamor kembali meresahkan masyarakat di Kota Malang, khususnya  penghuni sebuah kos di kawasan Sawojajar Gang 11a, Kecamatan Kedungkandang,  Selasa (16/6/2020). Di situ, motor trail Honda CRF warna merah bernopol DK 2805 FBE lenyap disikat maling saat para penghuni kos terlelap tidur.

Motor trail tersebut milik Renaldi Hariyono (22), warga Desa Talok, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang. Motor trail itu sendiri diketahui masih berstatus kredit dan kurang setahun lagi akan lunas.

Baca Juga : Langgar Jam Malam, 32 Pemuda Tulungagung Terjaring Razia Saat Nongkrong di Warung Kopi

Menurut  korban, awalnya dia usai pulang dari pantai. Renaldi tiba di kosnya sekitar pukul 21.00 WIB. Setelah itu, ia bersama teman-temannya begadang hingga pukul 04.00. Mulai mengantuk, Renaldi dan teman-temannya kemudian beristirahat.

"Saya bangun pukul 06.00. Tapi saat itu masih belum sadar. Sadar-sadar kalau motor nggak ada baru sekitar pukul 09.00. Dilihat parkiran kok kosong," ungkapnya.

Renaldi  berupaya mencari ke sekitar kos. Namun hasilnya tetap nihil. Terlebih lagi, di lokasi juga tidak terdapat kamera CCTV yang bisa memberikan petunjuk.

“Biasanya ramai motor yang keluar masuk. Di sini banyak yang kos soalnya. Tapi pas pagi itu saya lihat waktu itu kok cuma ada satu motor. Ada motor Vixion saja. Kalau posisi motor saya saat itu juga sudah dikunci stang, tapi mungkin juga ceroboh. Pintu gerbang depan kadang tidak dikunci, ” ucapnya.

Pencurian itu diperkirakan terjadi sekitar pukul 03.00  hingga pukul 06.00, saat warga yang ronda atau berjaga telah pulang. Kejadian ini sendiri diketahui baru pertama terjadi di tempat kosnya.

"Sebenarnya sempat dengar juga ada yang buka pintu pas waktu begadang itu. Tapi ya nggak curiga karena biasanya banyak yang keluar masuk," kata Renaldi.

Baca Juga : Curi Sepeda Motor, Oknum Perangkat Desa Ditangkap Polisi

Pasca-kejadian tersebut, hari ini, Selasa (16/6/2020), korban masih akan melaporkan kasus tersebut ke pihak berwajib. Akibat kejadian itu, kerugian yang diderita korban diperkirakan sebesar Rp 22 juta.

Kejadian curanmor sehari sebelumnya juga terjadi di kawasan Lowokwaru. Sebuah motor Honda Scoopy bernopol N 2234 BAM, yang terparkir di halaman warnet digasak maling pada dini hari.

"Kami imbau lagi, jangan remehkan situasi, meskipun telah aman. Masyarakat harus lebih waspada dan tetap berhati-hati.  Sebisa mungkin parkir kendaraan di lokasi yang mudah dipantau. Jangan lupa pasang kunci ganda. Pasang juga pengaman tambahan, seperti CCTV, alarm atau pengaman lainnya," tambah Kasubag Humas Polresta Malang Kota Iptu Ni Made Seruni Marhaeni.