Ilustrasi (screenshot inidia misteripedia).
Ilustrasi (screenshot inidia misteripedia).

Sebagian dari pembaca tentu sudah pernah mendengar kisah tentang Kota Saranjana, kota gaib yang diyakini berada di Indonesia ini sempat membuat masyarakat geger. 

Pasalnya, kota itu disebut-sebut sebagai kota yang maju dan modern. Bahkan, penghuninya dikenal punya paras yang sangat cantik dan tampan.

Baca Juga : Kisah Datang dan Hilangnya Awan dengan Perantara Jari Rasulullah

Dilansir dari channel YouTube inidia misteripedia, disebut jika Kota Saranjana berada di Pulau Haliman, Desa Oka-Oka Kecamatan Pulau Laut Kelautan Kalimantan Selatan. 

Penduduk kota tersebut dikatakan memiliki ciri fisik seperti manusia pada umumnya.

Penduduk sekitar percaya, penghuni kota modern itu adalah jin muslim. Mereka memiliki sistem kekerajaan monarki. 

Kota Saranjana selalu berkembang pesat menyesuaikan dengan perkembangan zaman.

Bahkan, dari beberapa cerita yang ada, puluhan mobil mewah bahkan alat-alat berat sempat dipesan dengan tujuan Kota Saranjana. 

Namun saat dicari dalam peta administratif, tak ditemukan adanya Kota Saranjana.

Kesan gaib muncul karena pemesan selalu meminta agar barang pesanannya ditinggalkan di suatu tempat, dan akan hilang dalam waktu sekejap.

Dikisahkan, ada seorang pria yang bebas keluar masuk kota tersebut. Dia adalah Pua Leba yang sehari-hari bertugas di kantor kecamatan Desa Tanjung Lalak, Kotabaru, Kalimantan Selatan.

Warga yakin jika pria tersebut merupakan salah satu manusia yang bebas keluar dan masuk ke Kota Saranjana. Pria itu bercerita jika ia bisa bebas keluar masuk Saranjana dikarenakan mandau (senjata khas Kalimantan Selatan).

Saat mewarisi mandau dari sang paman, indra keenamnya terbuka dan ia pun bisa mengetahui keberadaan Kota Saranjana. 

Kemudian ia bisa bebas keluar dan masuk kota tersebut. Namun saat berada di sana, ia hanya berjalan-jalan dan memilih untuk tak memakan apapun.

Karena konon, saat makan di Kota Saranjana, maka seseorang di alam nyata bisa hilang dan tinggal di Kota Saranjana. Bahkan, beberapa cerita menyebutkan jika ada orang di desa sekitar yang hilang dan saat ini telah tinggal di Kota Saranjana serta memiliki anak dan keluarga.

Baca Juga : Selalu Tampan saat Peperangan, Ini Sahabat Rasulullah yang Diserupai Malaikat Jibril

Pua Leba menyebut jika warga Saranjana memiliki ciri fisik seperti manusia pada umumnya. Mereka memakan nasi, meminum kopi, dan merokok. Bahkan, penghuni kota modern itu disebut sering berbelanja ke kota di Kalimantan Selatan.

Karena memang memiliki ciri fisik seperti manusia pada umumnya, maka keberadaan mereka saat membaur tak diketahui. Bahkan beberapa anak dari Kota Saranjana disebut memilih untuk sekolah di Sekolah Kecamatan Pulau Laut, Kepulauan.

Dia juga bercerita jika beberapa kali diminta oleh warganya untuk mencarikan mobil. Saat itu, dia bercerita jika ia meminta bantuan sahabatnya di Kota Saranjana. Dan tak lama mobil itu ditemukan bahkan sempat membuat geger.

Kejadian aneh juga sering dirasakan warga sekitar. Warga sering mendengar bising kendaraan dan lain sebagainya. Konon banyak wisatawan yang melihat gedung tinggi layaknya kota besar dan aktivitas manusia.

Berdasarkan penuturan warga sekitar,Kota Saranjana diyakini sebagai kota gaib yang dihuni mahluk cantik dan tampan. 

Kota modern tersebut memiliki jalan raya lebar, gedung megah, masyarakat hidup dengan bertani dan banyak yang melaksanakan ibadah haji.

Kota Gaib itu juga memiliki pemerintahan dan penguasa. Beberapa percaya jika Saranjana dihuni jin muslim. Kotanya indah dengan penduduk cantik dan tampan, penduduknya ramah. 

Sehari di sana, seperti satu tahun di sini. Nasi dan buah yang ada di sana disebut memiliki ukuran yang lebih besar dibanding di dunia nyata.