Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Satgas New Normal Life Kabupaten Malang Adopsi Konsep Kampung Tangguh ke Ponpes

Penulis : Hendra Saputra - Editor : A Yahya

07 - Jun - 2020, 19:51

Placeholder
Wakil Komandan Satgas New Normal Life, AKBP Hendri Umar (Hendra Saputra)

Satuan Tugas (Satgas) New Normal Life Kabupaten Malang akan mengadopsi sistem Kampung Tangguh untuk diterapkan di Pondok Pesantren (Ponpes) yang sebentar lagi akan kedatangan para santrinya.

Pesantren Tangguh, ya itulah gambaran kecil yang nantinya akan dibawa Satgas New Normal Life ke Ponpes yang ada di Kabupaten Malang.

Baca Juga : Penemuan Mayat Gemparkan Taman Selfie Waduk Pondok Ngawi

Seperti diketahui, konsep Kampung Tangguh sendiri dibentuk saat PSBB lalu dan disiapkan untuk New Normal Life. Hal itu karena pemerintah ingin di kampung-kampung itu tetap bisa menerapkan protokol kesehatan namun juga solidaritas antarmasyarakat tetap terjaga.

Selain itu, lumbung pangan yang disiapkan untuk menyiapkan bahan atau makanan jadi bagi masyarakat yang membutuhkan juga menguatkan setiap daerah untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Rencananya, Satgas New Normal Life Kabupaten Malang akan memaparkan konsep Kampung Tangguh ke Ponpes pada Senin (8/6/2020) besok.

"Mungkin nanti mulai hari Senin (besok) Bapak Dandim sama kita nanti akan turun langsung ke pesantren dan kita buatkan seperti konsep pesantren tangguh. Jadi nanti semuanya mereka harus mempunyai kesadaran yang kuat untuk pencegahan terhadap penularan Covid-19 ini," ungkap Wakil Komandan Satgas New Normal Life Kabupaten Malang, AKBP Hendri Umar.

Tak hanya Ponpesnya, Hendri juga menjelaskan bahwa semua lingkup yang ada di dalam mulai dari santri, pengurus, kiai, cleaning servis harus memperhatikan protokol kesehatan.

Baca Juga : Bocah 7 Bulan Ini Derita Hidrosefalus, Keluarga Berharap Anaknya Dapat Jaminan Kesehatan

"Jadi ketahanan-ketahanan yang di kampung tangguh, nanti akan kita tularkan ke Pesantren Tangguh dan diterapkan di semua pesantren yang ada di wilayah Kabupaten Malang," jelas Hendri.

Selain itu, Hendri Umar memprediksi para santri akan kembali ke Ponpes mulai Minggu (7/6/2020) hari ini hingga Senin (15/6/2020). Namun sebelumnya, pihak Ponpes juga sudah dibekali persiapan awal saat dikumpulkan di Pendopo Kabupaten Malang Sabtu (6/6/2020).

"Sudah kita kumpulkan sama Bapak Bupati dan Bapak Dandim itu pengasuh-pengasuh dari pondok pesantren yang ada di seluruh wilayah Kabupaten Malang, dan kita sampaikan protokol yang harus dilaksanakan mulai dari mereka belum berangkat, baru datang, dan mereka sudah di dalam yang apa dilakukan selama proses belajar mengajar sudah kita sampaikan semuanya," paparnya mengakhiri.


Topik

Peristiwa



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Hendra Saputra

Editor

A Yahya