Karim Benzema, Mohamed Salah, dan Sadio Mane
Karim Benzema, Mohamed Salah, dan Sadio Mane

Tradisi mudik menjelang lebaran selalu dilakukan oleh muslim di seluruh dunia, tak terkecuali pemain sepak bola. Namun di masa pandemi Covid-19 nampaknya tiga pemain muslim seperti Sadio Mane, Mohammed Salah dan Karim Benzema yang biasa mudik tidak bisa melakukan hal yang sama di tahun ini.

Umat Islam di seluruh dunia saat ini masih menjalankan ibadah puasa dihari ke 21. Dan biasanya, sebelum menapaki hari ke 25 sudah banyak orang yang mudik ke kampung halaman untuk merayakan hari raya Idul Fitri di daerah asalnya.

Baca Juga : Tak Ingin Duduk Manis, Kades Cantik Ini Terjun Langsung Kawal Program

Namun saat pandemi Covid-19 ini, rencana orang untuk melakukan mudik atau pulang kampung bisa saja batal terjadi, karena dikhawatirkan akan membawa penyebaran virus di kampung halamannya.

Hal yang sama juga bisa dialami oleh pesepakbola profesional di wilayah Eropa, karena mereka juga terkena lockdown akibat Covid-19. Dan memang rata-rata pesepakbola yang bermain di liga top Eropa adalah pemain yang berasal dari negara di benua berbeda.

Tercatat ada beberapa pemain yang terbiasa mudik saat merayakan hari raya Idul Fitri. Seperti Sadio Mane, Mohammed Salah dan Karim Benzema.

Sadio Mane sendiri adalah pesepakbola asal Senegal yang saat ini memperkuat Liverpool dan menjadi bomber menakutkan di bawah asuhan Jurgen Klopp.

Namun kemungkinan besar ia batal mudik di hari raya Idul Fitri 2020 ini karena kebijakan lockdown di setiap negara berbeda akibat Covid-19.

Selain itu, Liga Inggris dikabarkan akan segera dimulai pada bulan Juni. Dan dipastikan para klub akan mempersiapkan pemainnya untuk menghadapi pertandingan.

Sama dengan Mane, Mohammed Salah adalah pesepakbola muslim asal Mesir yang saat ini membela Liverpool. Salah rutin melakukan mudik saat merayakan hari raya Idul Fitri. Tapi di tahun 2020 ini rencananya untuk mudik diperkirakan akan batal akibat Covid-19 dan akan dimulainya Liga Inggris.

Baca Juga : Imbauan Kades Cantik Asal Kabupaten Madiun Ini Bikin Adem

Bahkan, Salah diapresiasi oleh Kepala Desa Nagrig pada tahun 2019 karena sering merayakan Idul Fitri di kampung halamannya. "Salah menghidupkan kembali tradisi mengunjungi keluarga saat perayaan Idul Fitri dan mengunjungi saya saat bulan Ramadhan," kata Kepala Desa Nagrig, Maher Shatiya dilansir dari Tribun.

Selain dua pemain asal klub Liverpool itu ada nama striker Real Madrid Karim Benzema yang biasa melakukan tradisi mudik ketika lebaran.

Pemain muslim asal Perancis itu sebenarnya adalah imigran asal Aljazair yang merupakan putra ke enam dari sembilan bersaudara.