Pelajar sekolah dasar berkunjung ke Candi Simping di Kec Kademangan dalam program paket wisata Olas Kembar. Kini Olas Kembar dihentikan sementara sebagai antisipasi corona
Pelajar sekolah dasar berkunjung ke Candi Simping di Kec Kademangan dalam program paket wisata Olas Kembar. Kini Olas Kembar dihentikan sementara sebagai antisipasi corona

Menyusul  kewaspadaan virus corona yang dilakukan Kabupaten Blitar, Pemkab Blitar melalui Badan Promosi Pariwisata Daerah (Bapparda), Dinas Parbudpora dan Dinas Pendidikan menghentikan sementara waktu paket wisata Olas Kembar (ojo lungo adoh sakdurung kemput Blitar).

Paket wisata pelajar Olas Kembar adalah program yang dijalankan oleh Bapparda Kabupaten Blitar bersama stakeholder pariwisata. Tujuan program ini adalah untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisata di destinasi Wisata dan juga mengenalkan para Pelajar Blitar lebih mengenal Blitar dari sisi Pariwisata.

“Sebagaimana surat edaran baik itu dari Kemendikbud maupun dari Ibu Gubernur. Serta hasil rapat bersama Bapak Bupati tadi malam, maka hari ini kami memutuskan Olas Kembar kami hentikan sementara waktu,” ungkap Ketua Bapparda Kabupaten Blitar, Akhsin Al Fata kepada BLITARTIMES, Senin (16/3/2020).

Dikatakanya, pemberhentian sementara paket wisata Olas Kembar sebagai upaya pencegahan penularan virus corona kepada wisatawan dalam hal ini pelajar. Pihaknya telah berkoordinasi dengan 40 pengelola destinasi wisata yang bergabung dalam Olas Kembar terkait kebijakan yang diambil.

“Kami telah mengambil kebijakan, kalaupun mereka memutuskan tetap buka bisa buka dengan syarat mereka memberlakukan screening bagi para pengunjungnya,” paparnya.

Sementara terkait wisatawan dan lembaga yang telah memesan oservasi Olas Kembar, dia memastikan Bapparda kan menjadwalkan ulang.

“Tetap dilayani di waktu nanti ketika virus corona telah clear dari Blitar. Atau negara telah ditetapkan dalam status bebas dari corona,” tuntasnya.(*)