Whisnu Sakti Buana
Whisnu Sakti Buana

Dukungan untuk meminta Whisnu Sakti Buana maju dalam Pilwali Surabaya 2020 mulai bermunculan. Politisi PDIP sekaligus wakil wali kota Surabaya ini diminta kembali meneruskan masa kepemimpinan Tri Rismaharini. 

Di sisi lain, masukan agar Whisnu mencari pendamping sebagai calon wakil wali kota juga disuarakan. Whisnu diharapkan mampu menggandeng sosok dari kalangan birokrat sebagai pendampingnya. Birokrat Pemerintah Kota Surabaya dinilai berpengalaman dan paham tentang pemerintahan di Surabaya.

Kepala Bidang Hubungan Antar Lembaga Asosiasi Jasa Penyedia Internet Indonesia (APJII) Jawa Timur Teguh Suprayitno menyatakan, sosok birokrat diharapkan mampu menjembatani tidak hanya urusan internal, melainkan juga eksternal di pemkot.

’’Kalau menurut saya seperti itu. Kalangan birokrat bisa menjadi penjembatan sekaligus berpengalaman dalam pemerintahan,’’ kata dia, Rabu (4/9). Teguh menyatakan, selama ini komunikasi APJII Jatim dengan Pemerintah Kota Surabaya terjalin melalui wakil wali kota. 

Tentang sosok birokrat pemkot, Teguh menyarankan  calon wakil wali kota harus memiliki kapabilitas dalam menata kebijakan strategis pemkot.’’Harus paham dan tipe pekerja,’’ imbuh dia.

Terpisah, usulan siapa calon wakil wali kota Surabaya juga disampaikan Ketua DPC Organda Surabaya Sonhaji. Ia menyatakan, sosok birokrat adalah pendamping yang tepat.

’’Pak Whisnu sudah tepat menjadi calon wali kota karena beliau juga politisi. Soal wakil memang harus dari birokrat. Jadi, bisa saling mengisi dan bersinergi,’’ imbuh Sonhaji.