Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Wisata

Madakaripura: Air Terjun Tertinggi di Jawa dengan Pesona Legenda Patih Gadjah Mada

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : Dede Nana

11 - Jun - 2024, 09:44

Placeholder
Kepingan surga: Air terjun Madakaripura di Kabupaten Probolinggo.(Foto: Instagram)

JATIMTIMES - Bagi para pecinta petualangan dan penggemar alam, mengunjungi air terjun adalah kegiatan yang tak hanya menyegarkan tetapi juga memanjakan mata. Indonesia, dengan keindahan alamnya yang memukau, memiliki banyak air terjun yang menakjubkan, salah satunya adalah Air Terjun Madakaripura. Terletak di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, air terjun ini menjadi destinasi wajib bagi para pelancong yang mencari keindahan dan ketenangan alam.

Perjalanan Menuju Surga Tersembunyi

Baca Juga : Begini Mantan Bupati Banyuwangi Ratna Ani Lestari Memaknai Tradisi Tumpeng Sewu

Air Terjun Madakaripura bukanlah air terjun yang bisa dijangkau dengan mudah. Pengunjung harus melakukan perjalanan menantang yang melibatkan trekking sepanjang jalan setapak yang terkadang berbatu dan licin. Namun, semua usaha ini terbayar lunas ketika pengunjung tiba di lokasi dan disambut dengan panorama yang memukau. Dikelilingi oleh tebing-tebing tinggi yang menjulang, air terjun ini memberikan pemandangan yang luar biasa dan suasana yang menenangkan.

Terletak di Desa Negororejo, Kecamatan Lumbang, perjalanan menuju Air Terjun Madakaripura memakan waktu sekitar satu jam dari pusat Kota Probolinggo. Wisatawan dapat memilih untuk menggunakan kendaraan umum atau pribadi. Setelah tiba di pintu masuk utama, traveller harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki selama kurang lebih 20 menit untuk mencapai titik lokasi air terjun.

Legenda di Balik Air Terjun

Air Terjun Madakaripura bukan sekadar surga keindahan alam yang memanjakan mata, tetapi juga merupakan situs bersejarah yang kaya dengan cerita-cerita legendaris, menjadikannya lebih dari sekadar destinasi wisata biasa. 

Menurut legenda yang telah diwariskan dari generasi ke generasi, air terjun ini merupakan tempat bertapa terakhir dari tokoh besar dalam sejarah Kerajaan Majapahit, Patih Gadjah Mada, sebelum ia mencapai moksa—sebuah keadaan pembebasan spiritual yang mengangkatnya dari siklus kelahiran dan kematian.

Nama 'Madakaripura' sendiri memiliki arti yang mendalam dan berkaitan erat dengan kisah ini. Terdiri dari tiga kata yang saling berhubungan erat, yakni 'Mada', 'Kari', dan 'Pura', masing-masing kata ini menyimpan makna yang menggambarkan esensi dan cerita dari tempat tersebut. 

'Mada' adalah kependekan dari Gadjah Mada, panglima perang dan patih terkenal dari Kerajaan Majapahit yang dikenal atas sumpahnya untuk menyatukan Nusantara. 'Kari' berarti peninggalan atau warisan, mencerminkan jejak sejarah dan legenda yang ditinggalkannya. Sementara itu, 'Pura' berarti tempat semedi atau bersembahyang, yang mengacu pada aktivitas bertapa yang dilakukan oleh Gadjah Mada di lokasi ini.

Berdasarkan cerita ini, banyak orang percaya bahwa Air Terjun Madakaripura bukan hanya sekadar aliran air yang indah, tetapi juga memiliki kekuatan mistis dan spiritual yang luar biasa. Keyakinan ini diperkuat dengan kenyataan bahwa air terjun ini tidak pernah mengalami kekeringan sepanjang tahun, bahkan di musim kemarau sekalipun. 

Keajaiban ini membuatnya dianggap sebagai 'air terjun yang abadi', sebuah simbol dari keteguhan dan kekuatan legendaris Gadjah Mada yang seolah-olah masih hidup dalam setiap tetesan air yang mengalir dari tebing-tebing tinggi tersebut.

Legenda yang menyelimuti Air Terjun Madakaripura tidak hanya menarik bagi wisatawan yang tertarik pada keindahan alam, tetapi juga bagi mereka yang mendalami sejarah dan budaya Nusantara. 

Kisah ini menambah lapisan makna dan kekayaan pada pengalaman berkunjung ke air terjun, menjadikannya lebih dari sekadar destinasi alam—ia adalah situs yang memancarkan aura mistis dan sejarah yang mendalam, membawa setiap pengunjungnya kembali ke masa lalu yang penuh dengan kejayaan dan spiritualitas.

Keindahan yang Menakjubkan

Baca Juga : Bupati Sanusi Minta Dinas Perikanan Buat Kolam Ikan di Lokasi Stunting

Keistimewaan Air Terjun Madakaripura terletak pada formasi tebing-tebing tinggi yang mengelilinginya, menciptakan suasana yang megah dan spektakuler. Dengan ketinggian sekitar 200 meter, Madakaripura tidak hanya menjadi air terjun tertinggi di Pulau Jawa tetapi juga salah satu yang paling menjulang di seluruh Indonesia. Bentuk tebing-tebing yang melingkar seperti gelas raksasa ini memberikan kesan monumental dan menciptakan panorama yang benar-benar memukau.

Selain keindahan tebingnya, cara air mengalir di Air Terjun Madakaripura juga unik dan menawan. Air tidak hanya jatuh dari puncak air terjun utama, tetapi juga mengalir dari celah-celah sempit di sepanjang tebing, menetes dari segala arah seperti tirai air yang terus-menerus mengguyur. Efek ini membuat suasana di bawah air terjun terasa seperti berada di tengah hujan abadi, memberikan sensasi yang menyegarkan dan menghipnotis.

Di sekitar air terjun, pengunjung akan menemukan pemandangan yang luar biasa hijau, dengan pohon-pohon rindang dan vegetasi yang lebat yang menghiasi setiap sudut. Nuansa alami ini menciptakan lingkungan yang sejuk dan tenang, menjadikan Madakaripura sebagai tempat pelarian yang sempurna dari hiruk-pikuk kehidupan kota. Kehadiran alam yang begitu murni dan tak tersentuh ini tidak hanya menawarkan keindahan visual, tetapi juga kedamaian yang menenangkan jiwa, menjadikannya destinasi yang ideal untuk relaksasi dan kontemplasi.

 Akses dan Fasilitas

Meskipun memerlukan sedikit usaha untuk mencapai lokasi, pengunjung tidak perlu khawatir karena fasilitas yang disediakan cukup memadai. Di area pintu masuk, terdapat area parkir khusus untuk sepeda motor serta fasilitas lainnya seperti kamar mandi, musala, dan toko suvenir. Ada juga beberapa warung yang menawarkan makanan dan minuman, sehingga pengunjung bisa menikmati santapan ringan setelah perjalanan yang melelahkan.

Air Terjun Madakaripura dibuka setiap hari mulai pukul 07.00 WIB hingga 16.00 WIB. Untuk menikmati keindahan alam ini, pengunjung domestik hanya perlu membayar tiket sebesar Rp 33.000, sementara wisatawan mancanegara dikenakan biaya Rp 53.500.

Tips Berkunjung

Bagi yang berencana mengunjungi Air Terjun Madakaripura, berikut beberapa tips yang bisa membantu Anda menikmati perjalanan dengan aman dan nyaman:

  1. Kenakan Pakaian dan Sepatu yang Tepat: Trekking menuju air terjun bisa jadi menantang, jadi pastikan untuk mengenakan sepatu yang nyaman dan pakaian yang sesuai untuk kegiatan luar ruangan.
  2. Bawa Perlengkapan Anti Hujan: Karena efek 'hujan abadi' dari air terjun, membawa jas hujan atau payung dapat membantu Anda tetap kering.
  3. Jaga Kebersihan: Sebagai tempat yang dilindungi, sangat penting untuk menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah sembarangan.
  4. Hati-Hati dengan Tawaran Pemandu: Meskipun pihak pengelola tidak mewajibkan penggunaan jasa pemandu lokal, ada baiknya tetap waspada terhadap pemaksaan. Jika merasa tidak nyaman, jangan ragu untuk melapor ke pihak pengelola.

Air Terjun Madakaripura adalah salah satu permata tersembunyi di Pulau Jawa yang menawarkan keindahan alam yang luar biasa dan pengalaman yang tak terlupakan. Dengan legenda mistisnya, keindahan tebingnya, dan suasana yang menenangkan, air terjun ini menjadi destinasi yang sempurna bagi siapa saja yang ingin melarikan diri dari kesibukan kota dan menikmati keajaiban alam.

Jadi, tunggu apa lagi? Segeralah rencanakan perjalanan Anda dan nikmati pesona luar biasa dari Air Terjun Madakaripura, surga tersembunyi di Probolinggo.


Topik

Wisata air terjun madakaripura air terjun di jawa patih gajah mada



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

Dede Nana