Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Pemerintahan

Sukseskan Pilkada, Pj Wali Kota Malang Minta Semua Elemen Masyarakat Ambil Peran

Penulis : Riski Wijaya - Editor : Dede Nana

10 - Jun - 2024, 08:37

Placeholder
Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat bersama Ketua KPU Kota Malang Aminah Asminingtyas saat peluncuran tahapan Pilkada Kota Malang.(Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).

JATIMTIMES - Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat berpesan bahwa kesuksesan pemilihan kepala daerah (Pilkada) merupakan tanggung jawab bersama. Hal tersebut disampaikan dalam peluncuran tahapan Pilkada Kota Malang yang digelar meriah pada Minggu (9/6/2024) malam. 

"Sehingga semua pihak menjalankan tugas dengan baik dan prosedural. Agar pelaksanaan Pilkada aman, lancar, terkendali dan sukses," ujar Wahyu. 

Baca Juga : Perumda Tirta Kanjuruhan Jelaskan Alasan Maraknya Pencurian, 120 Meteran Air Raib di 2024

Dalam hal ini, dirinya menegaskan bahwa Pemerintah Kota (Pemkot) Malang bertugas untuk memberikan dukungan sebagai fasilitator dalam penyelenggaraan Pilkada. Termasuk di dalamnya terkait anggaran dana. 

Namun di sisi lain dirinya juga berharap agar masyarakat juga turut menjaga keamanan dan kondusivitas Kota Malang. Baik dari tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, TNI-Polri dan seluruh pihak yang lain. 

Selain itu dirinya juga berpesan agar masyarakat bisa memanfaatkan hak pilihnya secara bijak. Sebab dirinya menilai, tentu pilihan warga Kota Malang juga bakal menentukan arah pembangunan daerah di bawah kepemimpinan wali kota dan wakilnya yang baru. 

"Masyarakat harus menggunakan hak pilih secara bijak. Kenali sosok yang akan dipilih. Karena suara yang disalurkan menentukan arah pembangunan selanjutnya. Pemilih diharapkan bijak. Sehinga bisa dipilih pemimpin yang amanah," tutur Wahyu. 

Sementara itu, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Malang Aminah Asminingtyas mengatakan, peluncuran tahapan Pilkada Kota Malang tersebut merupakan bagian dari sosialisasi yang juga menjadi tanggung jawab sebagai penyelenggara Pemilu. Tentu dimaksudkan agar masyarakat memahami tahapan dalam Pilkada. 

Penampilan Nella Kharisma menghibur masyarakat dalam peluncuran tahapan Pilkada Kota Malang.(Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).

"Ini sosialisasi menyampaikan kepada masyarakat bahwa tahapan pilkada sudah dimulai. Supaya masyarakat bisa tahu bahwa kita punya gawe pilkada untuk Wali Kota dan Wakil Wali Kota yang serentak dengan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur," ujar Aminah. 

Ia menegaskan, dalam kesempatan ini juga sekaligus disampaikan bahwa kesuksesan pemilihan kepala daerah ini juga membutuhkan sinergi semua pihak. Tidak hanya bersama pemerintah, jajaran samping, komunitas, hingga non-government organization. Tapi juga seluruh masyarakat. 

"Memahami bahwa proses tahapan sudah berjalan, dan tahu kapan hari dan tanggal untuk kapan datang ke TPS menyalurkan hak politiknya. Kami mengajak kepada masyarakat untuk aktif berpartisipasi meningkatkan giroh memilihnya. Lalu, mengikuti setiap tahapan yang berjalan. Jadi tidak hanya mencoblos tapi mengikuti prosesnya, sehingga masyarakat betul betul teredukasi dan mengetahui pilkada seperti apa," sambungnya. 

Baca Juga : Bupati Sanusi Resmikan Tiga Titik Jalan Rabat Beton K1 di Gedangan Malang

 

Pilkada di Kota Malang kali ini mengambil tema 'Integrasi dan Harmoni'. Tema ini mengandung maksud ada sebuah sinergitas dan kolaborasi yang kuat dalam menjalankan pilkada. Taglinenya yakni 'Ngga nyoblos, ngga mbois Jes..'

"Sedangkan untuk maskot pilkada 2024 ini adalah Sam Suma (Suara Malang) dan Mbak Sawa (Salam Sejiwa) ini sejalan dengan tema Integrasi dan Harmoni. Harapan kami pilkada 2024 ini bisa berjalan dengan sukses dan lancar," terang Aminah. 

Sebagai informasi, Peluncuran Tahapan Pilkada di Kota Malang digelar dengan sangat meriah pada Minggu (9/6/2024) malam. Masyarakat juga terlihat sangat antusias mengikuti jalannya kegiatan. Terlebih dengan hiburan yang ditutup oleh penampilan penyanyi kenamaan Indonesia, Nella Kharisma.  


Topik

Pemerintahan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Riski Wijaya

Editor

Dede Nana