Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Agama

10 Amalan Sunnah di Sepuluh Hari Awal Dzulhijjah

Penulis : Binti Nikmatur - Editor : Dede Nana

10 - Jun - 2024, 07:26

Placeholder
Ilustrasi berdoa dan berdzikir di bulan Zulhijjah. (Foto: iStock)

JATIMTIMES - Bulan Zulhijah merupakan bulan ke-12 dalam kalender Islam Hijriah. Bulan ini juga termasuk ke dalam salah satu bulan haram (asyhurul hurum) atau bulan yang dilarang untuk berperang, yakni Dzulqa'dah, Zulhijah, Muharram dan Rajab. Berdasarkan hasil sidang isbat yang dilakukan oleh Kemenag ditetapkan bahwa 1 Zulhijah jatuh pada Sabtu, 8 Juni 2024. 

Berikut ini adalah 10 amalan sunnah yang dianjurkan selama Zulhijah, melansir dari Instagram Tadabbur Daily yang diunggah ulang oleh dr. Zaidul Akbar, seorang dokter dan pendakwah Islam.

Baca Juga : Tradisi Tumpeng Sewu Gerakan Ekonomi Kreatif Masyarakat

1. Tidak Mencukur Rambut dan Memotong Kuku Bagi yang Ingin Berkurban

Nabi Muhammad SAW bersabda:

مَن كانَ لَهُ ذِبحٌ يَذبَـحُه فَإِذَا أَهَلَّ هِلاَلُ ذِى الْحِجَّةِ فَلاَ يَأْخُذَنَّ مِنْ شَعْرِهِ وَلاَ مِنْ أَظْفَارِهِ شَيْئًا حَتَّى يُضَحِّىَ

"Siapa saja yang ingin berqurban dan apabila telah memasuki awal Dzulhijah (1 Dzulhijah), maka janganlah ia memotong rambut dan kukunya sampai ia berqurban". (HR Muslim).

2. Memperbanyak Amal Saleh

Nabi Muhammad SAW bersabda:

يَارَسُولَاللَّهِوَلاَالْجِهَادُفِىسَبِيلِاللَّهِقَالَ«وَلاَالْجِهَادُفِىسَبِيلِاللَّهِإِلاَّرَجُلٌخَرَجَبِنَفْسِهِوَمَالِهِفَلَمْيَرْجِعْمِنْذَلِكَبِشَىْءٍ».

"Tidak ada satu amal sholeh yang lebih dicintai oleh Allah melebihi amal sholeh yang dilakukan pada hari-hari ini (yaitu 10 hari pertama bulan Dzul Hijjah)." Para sahabat bertanya: "Tidak pula jihad di jalan Allah?" Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam menjawab: "Tidak pula jihad di jalan Allah, kecuali orang yang berangkat jihad dengan jiwa dan hartanya namun tidak ada yang kembali satupun." (HR. Abu Daud no. 2438, At Tirmidzi no. 757, Ibnu Majah no. 1727, dan Ahmad no. 1968).

Amal saleh yang dapat dilakukan meliputi membaca Alquran, mengkhatamkan Alquran, bersedekah, shalat sunnah, memperbanyak tasbih, tahmid, takbir, dan tahlil.

3. Memperbanyak Dzikir dan Takbir

Firman Allah dalam Al-Hajj 22:28:

وَيَذْكُرُوا اسْمَ اللّٰهِ فِيْٓ اَيَّامٍ مَّعْلُوْمٰتٍ 

Artinya: agar mereka menyebut nama Allah pada beberapa hari yang telah ditentukan (Al-Hajj, 22:28)

Ibn 'Abbas menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan hari-hari yang ditentukan adalah 10 hari pertama Dzulhijjah dan hari-hari Tasyriq.

4. Memperbanyak Takbir, Tahlil, dan Tahmid

Dari Ibnu Umar Radhiyallaahu ‘Anhuma, dari Nabi Shallallaahu ‘Alaihi Wasallam bersabda,

مَا مِنْ أَيَّامٍ أَعْظَمُ عِنْدَ اللَّهِ وَلَا أَحَبُّ إِلَيْهِ الْعَمَلُ فِيهِنَّ مِنْ هَذِهِ الْأَيَّامِ الْعَشْرِ

Tidak ada hari-hari yang lebih agung di sisi Allah dan amal shalih di dalamnya lebih dicintai oleh-Nya daripada hari yang sepuluh (sepuluh hari pertama dari Dzulhijjah).” (HR. Ahmad, dishahihkan Syaikh Ahmad Syakir)

5. Puasa Arafah pada 9 Dzulhijjah

Dari Abu Qotadah, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

صِيَامُ يَوْمِ عَرَفَةَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ وَالسَّنَةَ الَّتِى بَعْدَهُ وَصِيَامُ يَوْمِ عَاشُورَاءَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ

Puasa Arofah (9 Dzulhijjah) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang. Puasa Asyuro (10 Muharram) akan menghapuskan dosa setahun yang lalu.” (HR. Muslim no. 1162)

6. Hari Arafah, Idul Adha, dan Hari Tasyriq

Nabi Muhammad SAW bersabda:

يوم عرفة ويوم النحر وأيام التشريق عيدنا أهل الإسلام ، وهي أيام أكل وشرب  (رواه أهل السنن)

Hari Arafah, hari nahr dan hari-hari tasyriq adalah hari raya kami orang Islam, ia adalah hari makan dan minum.” HR. Ahlis sunan.

Baca Juga : Apa Yang Dilakukan Jemaah Haji saat Menunggu Wukuf?

Hari Arafah disunnahkan berpuasa bagi yang tidak melaksanakan ibadah haji. Sedangkan hari-hari Tasyriq adalah hari makan dan minum. 

7. Idul Adha, Hari Raya Umat Islam

Nabi Muhammad SAW bersabda:

قَدِمْتُ عَلَيْكُمْ وَلَكُمْ يَوْمَانِ تَلْعَبُونَ فِيهِمَا فَإِنَّ اللَّهَ قَدْ أَبْدَلَكُمْ يَوْمَيْنِ خَيْراً مِنْهُمَا يَوْمَ الْفِطْرِ وَيَوْمَ النَّحْرِ

Aku datang kepada kalian dan kalian mempunyai dua hari raya di masa Jahiliyah yang kalian isi dengan bermain-main. Allah telah mengganti keduanya dengan yang lebih baik bagi kalian, yaitu hari raya Idul Fithri dan Idul Adha (hari Nahr)” (HR. An Nasai no. 1556 dan Ahmad 3: 178)

8. Doa Ketika Menyembelih Kurban

Nabi Muhammad SAW biasa berkurban dengan dua gibas (domba jantan) putih yang bertanduk, lalu beliau mengucapkan nama Allah dan bertakbir:

بِسْمِ اللهِ اَللهُ أَكْبَرُ

Artinya: "Dengan nama Allah dan Allah Maha Besar" 

Setelah kambingnya nabi saw baringkan, beliau membaca: “Bismillah, Ya Allah, terimalah kurban dari Muhammad dan keluarga Muhammad, serta dari umat Muhammad.” [HR. Muslim dari Aisyah] 

9. Ibadah Kurban sebagai Bukti Ketakwaan

Firman Allah dalam Al-Hajj 22:37:

لَنْ يَّنَالَ اللّٰهَ لُحُوْمُهَا وَلَا دِمَاۤؤُهَا وَلٰكِنْ يَّنَالُهُ التَّقْوٰى مِنْكُمْۗ كَذٰلِكَ سَخَّرَهَا لَكُمْ لِتُكَبِّرُوا اللّٰهَ عَلٰى مَا هَدٰىكُمْۗ وَبَشِّرِ الْمُحْسِنِيْنَ ۝٣٧

"Daging (hewan kurban) dan darahnya itu sekali-kali tidak akan sampai kepada Allah, tetapi yang sampai kepada-Nya adalah ketakwaanmu. Demikianlah Dia menundukkannya untukmu agar kamu mengagungkan Allah atas petunjuk yang Dia berikan kepadamu. Berilah kabar gembira kepada orang-orang yang muhsin."

10. Sunnah untuk Makan, Hadiah, dan Sedekah Daging Kurban

Firman Allah dalam Al-Hajj 22:28:

 فَكُلُوْا مِنْهَا وَاَطْعِمُوا الْبَاۤىِٕسَ الْفَقِيْرَۖ

"Makanlah sebagian darinya dan (sebagian lainnya) berilah makan orang yang sengsara lagi fakir."

Demikian amalan-amalan sunnah selama bulan Zulhijah. Amalan ini menjadi cara bagi umat Islam untuk mendekatkan diri kepada Allah dan memperbanyak pahala. Selain itu, melakukan amalan sunnah juga dapat membawa ketenangan batin dan meningkatkan ketakwaan. Mari manfaatkan momen istimewa ini dengan sebaik-baiknya.


Topik

Agama amalan bulan zulhijah doa julzijah bulan zulhiijah



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Binti Nikmatur

Editor

Dede Nana