Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Serba Serbi

10 Keunikan Masjid Pemuda Indonesia di Surabaya yang Viral karena Aksi Sosialnya 

Penulis : Binti Nikmatur - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

09 - Jun - 2024, 11:17

Placeholder
Kolase foto suasana saat penyajian makan gratis dan jadwal makan gratis di Masjid Pemuda Indonesia di Surabaya. (Foto: TikTok)

JATIMTIMES - Belakangan ini di media sosial tengah viral unggahan tentang salah satu masjid di Surabaya yang menyediakan beragam fasilitas untuk aksi sosial secara gratis kepada masyarakat. 

Dengan beragam fasilitas dan layanan yang disediakan, masjid ini tak hanya menjadi tempat ibadah, tetapi juga tempat berlindung bagi seluruh masyarakat, baik muslim maupun non muslim. 

Baca Juga : 10 Serial Terbaik di Netflix Awal Juni, The Atypical Family Segera Tamat

Melalui akun TikTok @masjid.pemuda.ind, pengelola masjid yang berlokasi di Jalan Kalikepiting Nomor 111, Pacar Kembang, Kecamatan Tambaksari, Surabaya itu kerap membagikan fasilitas yang berada di masjid. 

"Masjid ini hampir setiap hari didatangi ratusan orang yang terdiri dari muslim dan non muslim, Jawa, Madura, Tionghoa dan lainnya," tulis akun tersebut. 

Berikut ini beragam fasilitas Masjid Pemuda di Surabaya, yang memiliki kebermanfaatan bagi masyarakat. 

1. Toilet Buka 24 Jam

Masjid Pemuda menyediakan toilet yang buka selama 24 jam. Hal ini sangat membantu, terutama bagi para musafir atau siapa saja yang membutuhkan akses ke fasilitas umum kapan saja.

Siapapun bisa menggunakan masjid ini untuk mandi, buang air dan kebutuhan sanitasi lainnya. "Sering juga pedagang kaki lima ambil air di sini untuk kebutuhannya," ungkap akun TikTok pengelola Masjid Pemuda Indonesia, di Surabaya. 

2. Toilet Dilengkapi Perlengkapan Mandi

Selain buka 24 jam, toilet di Masjid Pemuda juga dilengkapi dengan perlengkapan mandi seperti sabun, sampo, dan sikat gigi. Ini memudahkan siapa saja yang membutuhkan untuk menjaga kebersihan diri. Jadi bagi siapa saja yang ingin sikat gigi, bisa minta ke marbotnya. 

3. Menyediakan Kasur dan Matras

Untuk mereka yang tidak memiliki tempat tinggal, Masjid Pemuda Indonesia menyediakan kasur dan matras. Ini menjadi tempat berlindung sementara yang aman dan nyaman bagi mereka yang membutuhkan.

"Muslim atau yang selain muslim boleh istirahat di sini. Kaya atau miskin boleh menikmati fasilitas ini," jelasnya.

4. Warung Makan Gratis Buka Senin hingga Sabtu

Masjid ini mengoperasikan warung makan gratis yang buka dari Senin hingga Sabtu. Siapa saja bisa menikmati hidangan yang disediakan tanpa biaya, sebuah bentuk nyata dari kepedulian sosial.

"Ratusan orang makan bersama di sini setiap kali warung dibuka. Semua orang boleh makan. Apapun agama, ras, suku, usia dan status sosialnya," jelasnya.

5. Parkir Gratis 

Siapapun yang mengunjungi masjid ini tidak perlu khawatir soal bayar parkir. Sebab parkir di sini gratis. 

"Petugas parkir di sini, insyaAllah meskipun Anda paksa uang untuk jasa parkirnya, beliau tidak akan mau dan menolak," ungkap pengelola masjid. 

6. Masjid Ramah Anak 

Baca Juga : Pemkab Malang Siapkan Anggaran Khusus, Diklat Penyidik PNS Tergantung Pemerintah Pusat

Masjid Pemuda Indonesia juga menjunjung tinggi lingkungan ramah anak. Di dalam masjid juga terdapat secarik kertas tertempel berupa aturan larangan memarahi dan memukul anak kecil. 

7. Minuman Gratis Setiap Hari

Masjid Pemuda menyediakan minuman gratis, termasuk kopi dan teh, setiap hari. Fasilitas ini bisa dinikmati oleh siapa saja yang singgah di masjid, menambah kenyamanan bagi para pengunjung.

8. Sediakan Songkok, Sarung, dan Mukena

Bagi mereka yang hendak salat namun tidak membawa perlengkapan, masjid ini menyediakan songkok, sarung, dan mukena. Ini memastikan semua orang dapat melaksanakan ibadah dengan khusyuk.

9. Menebarkan Kebermanfaatan kepada Masyarakat Sekitar

Masjid Pemuda aktif dalam berbagai aksi sosial, seperti berbagi buah pepaya California gratis kepada warga atau siapa saja yang melintasi masjid. Tim marbot masjid berperan penting dalam kegiatan ini, memastikan kebermanfaatan yang nyata dirasakan oleh masyarakat.

10. Salat Berjamaah di Masjid Ini Selalu Penuh

Masjid ini juga selalu dipenuhi oleh jemaah ketika waktu salat berjamaah tiba. 

"Memang masjid ini bangunannya masih kecil dan masih banyak keterbasan. Tapi semoga kebermanfaatannya senantiasa besar," jelas pengelola masjid. 

"Daya tampung masjid masih puluhan, tapi yang datang hampir setiap hari ratusan orang," tambah keterangan pengelola masjid. 

Hingga artikel ini ditulis, unggahan tersebut telah dilihat lebih dari 3,5 juta pengguna TikTok. Banyak warganet yang meninggalkan komentar positif dalam unggahan tersebut. 

Dengan berbagai fasilitas dan layanan yang disediakan, masjid ini menjadi contoh inspiratif tentang bagaimana tempat ibadah bisa berperan lebih dalam membantu dan mendukung komunitas sekitarnya.

"Masjid bukan hanya pusat ibadah ritual, tapi juga pusat ibadah sosial. Takmir Masjid bukan menguasai, tapi melayani. Itu nasehat para pengasuh dan pendiri Masjid Pemuda Indonesia," pungkas keterangan pengelola Masjid Pemuda Indonesia. 


Topik

Serba Serbi Masjid Pemuda remaja masjid masjid surabaya



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Binti Nikmatur

Editor

Sri Kurnia Mahiruni