Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Peristiwa

Polisi Ugal-ugalan Saat Mengawal Mobil Berpelat Putih, Nyaris Bikin Pengendara Lain Kecelakaan

Penulis : Mutmainah J - Editor : Nurlayla Ratri

05 - Jun - 2024, 13:50

Placeholder
Polisi yang ugal-ugalan saat kawal mobil berpelat Putih. (Foto screenshot)

JATIMTIMES - Viral di media sosial sebuah video yang memperlihatkan oknum polisi mengawal sebuah mobil di salah satu ruas jalan. Peristiwa itu pun menuai hujatan, terutama terhadap oknum polisi yang nyaris menimbulkan kecelakaan saat menepikan mobil dari arah berlawanan.

Peristiwa itu dibagikan oleh akun Instagram @kabarnegri. Melansir pada unggahan tersebut, terlihat seorang pengemudi tengah melaju di ruas jalan yang saat itu kondisi hujan. Tiba-tiba dari arah kanan muncul mobil polisi yang memotong jalur lawan arah untuk membuka jalan.

Baca Juga : Sempat Surplus, Neraca Perdagangan Jatim Kembali Defisit USD 395,44 Juta

Polisi tersebut memang mengawal kendaraan yang di belakangnya. Kendati begitu, cara polisi tersebut mengawal dan meminta jalan dinilai arogan. Bahkan jika tak tanggap bisa terjadi kecelakaan.

Akibatnya, pengendara yang hampir mengalami kecelakaan itu mengumpat dengan kalimat kasar terhadap oknum polisi itu. 

"Hah...hah, brengs** emang heh, kayak yang punya jalan aja. Kayak dia yang punya jalan anc** emang," umpat perekam video, dikutip Rabu (5/6/2024). 

"Polisi macam apa ini, woi polisi macam apa!?" Sambung pengendara tersebut. 

Belum diketahui lokasi dan tempat kejadian tersebut. Kendati begitu, video itu tetap menuai sorotan netizen. Tak sedikit yang menyoroti aksi dari oknum polisi itu. 

"Ya allah, sampe segitunya pak, nanti kalo kenapa2 pengendara lain gak mau disalahkan dan beribu alasan," Komen @bro***.

"yg punya jalan mau lewat, sudah seharusnya rakyat jelata menepi untuk memberikan jalan kepada yg mulia," Kata @riz****.

"Sampe membahayakan pengemudi lain," ujar @tio****.

Memang, dalam standar pengamanan di institusi tersebut, bagi pengendara yang akan dikawal polisi adalah pejabat atau memang kendaraan dinas pemerintahan. Bahkan dalam aturan kendaraan ini harus didahulukan.

Namun, dilihat dari mobil yang dikawal oleh Polisi dan mobil Dinas Perhubungan (Dishub) tersebut hanya mobil pribadi yang berplat putih. Artinya bisa jadi tidak ada urgensi dan bukan pejabat penting yang harus dikawal dan didahulukan di jalan raya.

Hal ini tentu menjadi evaluasi bagi pihak kepolisian untuk ke depan agar tak arogan dan sembarang menepikan mobil hingga nyaris celaka.

Kendaraan yang Boleh Dikawal Pihak Kepolisian:

Baca Juga : Diet Tapi Tetap Ingin Makan Rendang pada Saat Idul Adha? Bisa, Ini Resepnya

Menurut praktisi keselamatan berkendara yang juga instruktur sekaligus pendiri Jakarta Defensive Driving Consultant (JDDC), Jusri Pulubuhu, yang berhak memberikan pengawalan konvoi hanya petugas kepolisian. Hal itu sudah diatur dalam Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Dalam peraturan itu, tepatnya pada Pasal 134, ada tujuh kendaraan yang memperoleh hak utama untuk didahulukan sesuai urutan sebagai berikut:

1. Kendaraan pemadam kebakaran yang sedang melaksanakan tugas;

2. ambulans yang mengangkut orang sakit;

3. Kendaraan untuk memberikan pertolongan pada Kecelakaan Lalu Lintas;

4. Kendaraan pimpinan Lembaga Negara Republik Indonesia;

5. Kendaraan pimpinan dan pejabat negara asing serta lembaga internasional yang menjadi tamu negara;

6. iring-iringan pengantar jenazah; dan

7. konvoi dan/atau Kendaraan untuk kepentingan tertentu menurut pertimbangan petugas Kepolisian Negara Republik Indonesia.


Topik

Peristiwa polisi ugal ugalan viral patwal



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Mutmainah J

Editor

Nurlayla Ratri