Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Serba Serbi

Apa Arti Kata Dola? Bahasa dari Lagu Berbahasa Maluku yang Sedang Viral di Tiktok

Penulis : Mutmainah J - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

05 - Jun - 2024, 06:35

Placeholder
Ilustrasi viral di Tiktok.(foto dari internet)

JATIMTIMES - Lagu Dola yang dinyanyikan oleh Angga Dermawan menjadi salah satu lagu yang sedang populer di platform TikTok saat ini. Banyak konten kreator yang menggunakan lagu ini sebagai backsound. 

Liriknya yang berbahasa Maluku ternyata menarik banyak perhatian karena memiliki makna yang dianggap sesuai dengan kondisi saat ini. Lantas apa sebenarnya arti dari kata Dola? 

Arti Kata Dola

Baca Juga : Karena Bau Ketiak, Dosen Sampai Bubarkan Kelas, Netizen: Gak Cukup Deodoran

Melansir berbagai sumber, dalam bahasa gaul, kata "dola" memiliki arti "hadang". Kata ini merepresentasikan halangan atau rintangan dalam sebuah hubungan.

Dalam lagu Dola yang dinyanyikan Angga Dermawan, kata dola juga sering diulang dan ditekankan di bagian reff lagu. 

Arti Lagu Dola

Lagu yang memiliki lirik sedih namun diiringi musik riang ini ternyata memiliki makna mendalam. Lagu Dola berisi kesedihan karena sudah salah dalam mencintai seseorang. Dalam lagu Dola, diceritakan mengenai kisah asmara yang terhalang oleh budaya matrealistis yang menilai orang dari fisik atau penampilannya. 

Lagu ini juga mencoba untuk mengajarkan pendengar untuk lebih menerima diri sendiri. Mensyukuri apa yang dimiliki dan bersikap apa adanya akan membuat hidup lebih nyaman tanpa perlu mendengarkan hinaan dari orang lain.

Pesan moral yang disampaikan melalui lagu "Dola" sangat relevan dengan situasi sosial saat ini. Penampilan fisik seringkali dianggap lebih penting daripada kualitas internal seseorang. Lagu ini mengajak pendengar untuk lebih fokus pada nilai-nilai sejati dalam diri mereka dan orang lain, serta untuk menghargai cinta yang tulus tanpa terpengaruh oleh penilaian superficial.

Secara keseluruhan, "Dola" tidak hanya menjadi lagu yang populer karena musiknya yang menarik, tetapi juga karena liriknya yang bermakna dan pesan positif yang disampaikannya. Lagu ini menginspirasi pendengarnya untuk mencintai diri sendiri dan menjalani hidup dengan lebih percaya diri, tanpa perlu terpengaruh oleh standar yang ditetapkan oleh orang lain.

Lirik lagu dan terjemahannya

Wee kita bilang I love you tapi nga balagu

Hey aku bilang aku cinta kamu tapi kamunya belagu

Pake bilang nga pe tamang ta pe muka ba abu

Pakai bilang ke temenmu kalau mukaku dekil

Sorry ta so ganggu sampe nga bagitu oke ta bajao

Maaf aku sudah ganggu sampai kamu jadi begitu, oke aku menjauh

Nasib muka cuma pas-pasan

Nasib muka cuma pas-pasan

Apa ini memang takdir Tuhan

Apa ini memang takdir Tuhan

Ta pe jodoh tetap ada, ta cuma minta doa, biar tara sala dola

Jodohku tetap ada, aku cuma minta doa, biar tidak salah hadang

Dola dola dola kita salah dola

Hadang hadang hadang aku salah hadang

Adududu memang kita salah dola

Aduh aduh emang aku salah hadang


Topik

Serba Serbi Dola arti dola lagu dola Angga Dermawan bahasa gaul bahasa viral



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Mutmainah J

Editor

Sri Kurnia Mahiruni