Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Serba Serbi

Cara Mudah Pilih Nomor Kursi Kereta Api agar Tak Hadap Mundur Selama Perjalanan

Penulis : Mutmainah J - Editor : Yunan Helmy

01 - Jun - 2024, 13:33

Placeholder
Tempat duduk kelas ekonomi kursi tegak. (Foto dari internet)

JATIMTIMES - Kereta api masih menjadi  moda transportasi umum yang populer. Selain karena harga tiketnya yang relatif lebih murah, sekarang kondisi gerbong kereta api menjadi jauh lebih nyaman. Apalagi sekarang setiap gerbong dilengkapi AC. 

Hanya saja, posisi tempat duduk di gerbong ekonomi beberapa di antaranya dinilai kurang nyaman. Oleh karena itu, ketika memesan tiket, seseorang memungkinkan untuk memilih tempat duduknya.

Baca Juga : Heboh Beredar Emas Antam Palsu 109 Ton, Berikut 10 Cara Mengecek Keaslian Emas

Saat memesan tiket kereta api, khususnya yang kelas ekonomi, kita bisa memilih tempat duduk yang masih tersedia. Hanya, dengan posisi tempat duduk sebagian menghadap ke depan dan sebagian ke belakang, kita bisa mendapatkan tempat duduk yang menghadap tidak searah dengan laju kereta sehingga seolah-olah kita berjalan mundur.

Posisi ini biasanya tidak nyaman sehingga mengganggu perjalanan. Oleh karena itulah, penting sekali untuk mengetahui cara memilih kursi kereta ekonomi agar tidak mundur.

Dikutip dari laman https://www.kai.id, pihak KAI mempunyai beberapa jenjang layanan, seperti ekonomi, bisnis, dan eksekutif. Pelanggan dapat memilih berdasarkan preferensi dan anggaran dana masing-masing. Berikut beberapa cara memilih kursi kereta ekonomi agar tidak mundur di perjalanan:

1. Apabila Kereta Melaju ke Arah Timur

Ketika perjalanan kereta bergerak ke arah timur, posisi matahari cenderung berada di sisi kanan penumpang. Oleh karena itu, disarankan untuk memilih kursi di sisi kiri kereta untuk menghindari silau yang dapat mengganggu pandangan.

Selain itu, tempat duduk di sisi kiri juga memberikan kemungkinan yang lebih baik untuk melihat pemandangan tanpa terhalangi oleh sinar matahari. Cara memilih kursi kereta ekonomi agar tidak mundur adalah mengetahu arah lajunya. 

Sebagai contoh, pelanggan berangkat dari Stasiun Karawang ke Stasiun Surabaya Pasar Turi dengan formasi 2 kursi di sebelah kanan dan 3 kursi di sebelah kiri. Agar tidak mundur, dapat memilih kursi dengan nomor ganjil.

2. Apabila Kereta Melaju ke Arah Barat

Sebaliknya, ketika perjalanan kereta bergerak ke arah barat, sinar matahari akan cenderung mengenai sisi kiri penumpang. Dalam situasi ini, disarankan untuk memilih kursi di sisi kanan untuk menghindari silau yang tidak diinginkan.

Tipnya adalah memilih nomor tempat duduk genap. Dengan demikian, pelanggan KAI dapat menikmati pemandangan sepanjang perjalanan tanpa terganggu oleh cahaya matahari yang terlalu terang.

3. Apabila Formasi Kursi Terbalik

Baca Juga : Djarot Saiful Hidayat Kenang Sejarah: Hari Lahir Pancasila Dimulai dari Kota Blitar

Beberapa kereta memiliki formasi kursi terbalik, di mana arah hadap kursi tidak selalu sejalan dengan arah perjalanan. Tipsnya adalah memilih tempat duduk yang berhadapan agar dapat memilih mana yang sesuai dengan laju kereta api.

4. Apabila Gerbong Memiliki Formasi Kursi 2-2

Gerbong dengan formasi kursi 2-2 menawarkan lebih banyak fleksibilitas dalam pemilihan tempat duduk. Kursi lorong di samping kursi jendela dapat memberikan sedikit lebih banyak ruang bagi pelanggan yang menginginkannya.

Sebaliknya, kursi jendela bisa menjadi pilihan bagi yang ingin menikmati pemandangan dengan lebih baik. Caranya kurang lebih sama dengan formasi 2-3, tetapi perlu memperhatikan ke arah mana kereta api melaju.

5. Apabila Memilih Kursi yang Berhadapan

Kursi yang berhadapan satu sama lain sering menjadi pilihan bagi kelompok atau pasangan yang bepergian bersama. Hal ini memungkinkan interaksi yang lebih mudah selama perjalanan seperti berbicara atau bersantai secara lebih intim.

Penting untuk mengetahui cara memilih tempat duduk kereta ekonomi yang berhadapan. Tempat duduk kereta ekonomi yang berhadapan di antaranya adalah 24 dan 23, 22 dan 21, 20 dan 19, serta begitu juga seterusnya.


Topik

Serba Serbi Kereta api tempat duduk kereta api perjalanan kereta api



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Mutmainah J

Editor

Yunan Helmy