Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Politik Pilkada Serentak 2024

Baru 6 Calon Kepala Daerah di Jatim Kantongi Rekom PDIP Maju Pilkada 2024

Penulis : Binti Nikmatur - Editor : Nurlayla Ratri

31 - May - 2024, 08:31

Placeholder
Logo Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). (Foto: Google)

JATIMTIMES - Setelah PKB mengumumkan 65 calon kepala daerahnya, kini giliran Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang merilis nama cabup/cawali untuk maju Pilkada 2024. Namun dari 38 kabupaten/kota di Jawa Timur, baru 6 daerah yang turun rekomendasi partai berlambang banteng ini. 

Daftar ini mencakup berbagai daerah strategis dan menunjukkan komitmen PDIP dalam memperkuat posisi politiknya di berbagai wilayah Indonesia. 

Baca Juga : Potensi Belanja Barang dan Jasa 2024 Capai Rp11,3 Triliun, Pemprov Jatim Genjot Realisasi Komitmen PDN

Termasuk di wilayah Jawa Timur, siapa saja calon yang mendapat rekomendasi dari PDIP? 

PDIP telah merilis surat rekom untuk 58 calon walikota/bupati dan 3 calon gubernur. Dari seluruh nama tersebut, 15 di antaranya sudah direkomendasikan secara berpasangan (bacabup dan bacawabup). 

Dari 58 calon walikota/bupati tersebut 6 di antaranya berasal dari wilayah Jawa Timur. Sedangkan terdapat 2 dari 15 calon berpasangan yang mendapat rekom PDIP juga berasal dari wilayah Jatim. Berikut ini daftar nama dan daerah, 6 calon bupati atau walikota disertai wakil walikota yang mendapat rekomendasi dari PDIP. 

1. Sanusi (Malang)

2. Achmad Fauzi (Sumenep)

3. Sugiri Sancoko (Ponorogo)

4. Moch. Nur Arifin/Syah Muhammad Natanegara (Trenggalek)

5. Fandi Achmad Yani/Aminatun Habibah (Gresik)

6. Marhaen Djumadi (Nganjuk)

Demikian 6 calon kepala daerah di Jatim yang mendapatkan rekomendasi dari PDIP. Berbeda dengan PKB yang belum memberi rekom untuk Calon Gubernur, PDIP telah memberi rekom untuk 3 Cagub. Yakni untuk wilayah Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara dan Papua Tengah. Sementara wilayah Jawa Timur belum ada rekom untuk Cagub dan Cawagub. 

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, daftar nama-nama yang mendapatkan rekom dari PDIP tertuang dalam surat bernomor 6165/IN/DPP/V/2024, perihal instruksi dan undangan pemantapan batch-1 tim pemenangan daerah Pilkada serentak 2024. 

Baca Juga : Sanusi Kantongi Rekom Calon Bupati Malang dari DPP PDI Perjuangan

Surat tertanggal 30 Mei 2024 itu ditujukan kepada calon kepala daerah dan atau wakil kepala daerah serta ditandatangani Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto dan Ketua DPP PDI Perjuangan Bambang Wuryanto. 

Dalam surat tersebut, DPP PDIP juga meminta agar nama-nama yang terdaftar salam suray rekom mengirimkan tim pemenangan yang terdiri dari 9 orang. Tim pemenangan ini akan mendapatkan pelatihan khusus pada 5 sampai 7 Juni di Bogor. 


Topik

Politik PDIP rekomendasi Jawa Timur koalisi



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Binti Nikmatur

Editor

Nurlayla Ratri