Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Transportasi

Jangkauan Terbatas, Angkot Pelajar Gratis Butuh Penambahan Jalur

Penulis : Prasetyo Lanang - Editor : A Yahya

30 - May - 2024, 14:08

Placeholder
Angkutan Pelajar Gratis dimanfaatkan siswa sekolah di Kota Batu.(Foto: Istimewa)

JATIMTIMES - Program Angkutan Pelajar Gratis (Apel Gratis) di Kota Batu masih memiliki banyak pekerjaan rumah. Menurut Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai, hasil survei yang dilakukan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Batu menunjukkan kebutuhan yang cukup banyak pada transportasi sekolah. Utamanya armada dan jangkauan yang masih terbatas. "Sejauh ini animo luar biasa untuk bisa memanfaatkan angkutan gratis. Kita kekurangan," kata  Aries saat dikonfirmasi, belum lama ini.

Ditanya mengenai penambahan armada, hal tersebut jika memungkinkan akan diupayakan pada Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) tahun ini bersama DPRD Kota Batu. Kebutuhan itu mengingat belum seluruh sekolah dan siswa di jalur tertentu bisa ikut merasakan tumpangan gratis tersebut. Aries menilai perlu penambahan jalur lagi. 

Baca Juga : Menjelajahi Keindahan Ranu Darungan, Danau Eksotis di Tengah Hutan Pronojiwo

"Tahun ini melalui PAK mungkin bisa nambah anggaran angkutan gratis itu, ada beberapa jalur yang belum masuk. Penambahan jalur juga kita upayakan bisa. Dan rencana mencukupi sesuai kebutuhan anak sekolah," katanya.

Persoalan jalur dan porsi angkutan, menurut Aries akan diupayakan dengan operasi bergilir angkot yang belum masuk dalam armada Apel Gratis. Sehingga, keseluruhan tetap bisa beroperasi dan ikut membantu anak sekolah. Pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Organisasi Angkutan Darat agar mampu dimaksimalkan.

"Kan angkutan kita banyak, kita gilir mereka. Yang jelas semua teman dari asosiasi organda mendapatkan porsi yang sama. Sehingga dari hasil kebutuhan survei nanti akan kita penuhi," janjinya.

Beberapa waktu lalu, Aries juga mengakui program ini masih menjangkau sebagian jalur angkot. Hal ini dikarenakan keterbatasan armada. Apalagi beberapa sekolah masih tidak tersentuh, baik itu sekolah negeri maupun swasta. Data kebutuhannya telah dihimpun oleh Pemkot Batu melalui Dishub. Dari total armada angkutan ada 42 yang beroperasi, sedangkan dari hasil evaluasi dibutuhkan sekitar 150 kendaraan di semua titik di Kota Batu dan menjangkau sekolah-sekolah.

Baca Juga : Jadi Prioritas Pemprov, Berikut Koridor dan Poros Pengembangan Jatim 2025-2026

Untuk diketahui, angkutan gratis bagi pelajar saat ini mengikuti rute trayek 9 jalur yang ada dari mobil penumpang umum (MPU) Kota Batu. Dari 9 jalur itu ada 20 titik tunggu yang telah terpetakan. Angkot cuma-cuma ini juga ditujukan untuk mengurangi kecelakaan dan meningkatkan ekonomi sopir angkutan yang semakin sepi.


Topik

Transportasi apel gratis aries agung paewai angkutan pelajar gratis dishub kota batu



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Prasetyo Lanang

Editor

A Yahya

Transportasi

Artikel terkait di Transportasi