Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Politik Pilkada Kabupaten Malang 2024

Banner "Apapun Partainya Tetap Abah Sanusi Bupatinya' Bermunculan, Petahana Pesimis Dapat Rekom PDIP?

Penulis : Tubagus Achmad - Editor : Nurlayla Ratri

30 - May - 2024, 11:54

Placeholder
Tampak banner Bupati Malang HM. Sanusi di Jalan Raya Pakisaji, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang, Selasa (28/5/2024). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Banner HM. Sanusi di beberapa ruas jalan raya Kabupaten Malang. Yang menarik, banner tersebut bertuliskan ‘Apapun Partainya tetap Abah Sanusi Bupatinya’. 

Banner yang berbentuk potrait atau posisi vertikal ini menampakkan foto Sanusi berkemeja putih dan berkopyah hitam. Posenya mengepalkan tangan sambil tersenyum menunjukkan sikap percaya diri. Latar belakang foto itu Pendapa Kabupaten Malang di Jalan Panji, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang serta terdapat bendera merah putih yang berkibar.

Baca Juga : Resmi Kantongi Rekomendasi PKB, Mak Rini Dekati Nasdem dan Gerindra

Dalam banner 4 x 3 meter ini, termuat tulisan ‘Apapun Partainya tetap Abah Sanusi Bupatinya’ berukuran besar. Di bawah tulisan tersebut tampak visi misi kepemimpinan Sanusi, yakni Malang Makmur.

Tulisan ini membuat banyak pihak berspekulasi terkait kondisi Sanusi di Pilkada Kabupaten Malang tahun 2024. Selain itu, pada posisi paling bawah di banner tersebut terdapat hashtag #abahdewe #abahsanusi #bupatimalang dengan latar belakang warna merah, biru tua, biru muda, kuning, hijau dan cokelat.

Dari pantauan JatimTIMES, banner-banner tersebut terdapat di sepanjang jalan di wilayah Kecamatan Pakisaji, Kecamatan Kepanjen, Kecamatan Gondanglegi, hingga Kecamatan Pagelaran.

Munculnya banner ini, usai masifnya banner anggota DPRD Provinsi Jawa Timur (Jatim) dari daerah pemilihan Jatim VI atau Malang Raya yakni Gunawan Wibisono yang bermunculan di hampir seluruh wilayah Kabupaten Malang.

Untuk diketahui, saat ini Sanusi dan Gunawan yang merupakan kader Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan sedang berburu rekomendasi dari DPP PDI Perjuangan sebagai Bakal Calon Bupati (Bacabup) Malang.

Namun, usai pelaksanaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Ke-V PDI Perjuangan pada 25 sampai 26 Mei 2024, mulai muncul banner Sanusi yang secara masif mulai terpasang di beberapa titik di Kabupaten Malang.

Banyak pihak yang berspekulasi bahwa munculnya banner ini menunjukkan sikap pesimis Sanusi mendapatkan rekomendasi dari PDI Perjuangan sebagai Bacabup Malang.

Baca Juga : DPP PKB Rekom Paslon Erji di Pilwali Surabaya, Cak Syafak Langsung Tasyakuran Nasi Biryani

Sedangkan, tidak sedikit juga yang beranggapan, adanya banner ini merupakan sikap jemawa yang ditunjukkan oleh Sanusi bahwa banyak partai politik (parpol) selain PDI Perjuangan yang siap mengusung dirinya sebagai Bacabup Malang.

Namun, ketika dikonfirmasi langsung terkait banyaknya spekulasi yang muncul ketika banner tersebut terpasang, Sanusi mengaku masih optimis. Dia mengatakan bahwa yang dimaksud, apapun partainya di dalam banner tersebut yakni parpol dari para pemilih yang pastinya beragam. Masyarakat akan memilih dirinya sebagai Bupati Malang di Pilkada Kabupaten Malang tahun 2024 mendatang meski mendukung partai lain di Pileg 2024 lalu.

"Ya mesti lah. Apapun partai pemilih itu kan maksudnya begitu. Apapun partai pemilih, milihnya cuma satu Bupati Malang," ungkap Sanusi dengan suara lantang di hadapan awak media.

Disinggung apakah Sanusi berniat mendaftar ke parpol lain sebagai Bacabup Malang, pihaknya menegaskan tidak mendaftar ke parpol lain selain PDI Perjuangan. 

"Nggak, nggak (daftar ke parpol lain sebagai Bacabup Malang)," pungkas Sanusi.


Topik

Politik Pilkada Kabupaten Malang calon bupati malang Sanusi rekom pdip banner



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Tubagus Achmad

Editor

Nurlayla Ratri