Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Pemerintahan

Darurat SLF, DPUPRPKP Kota Malang Percepat Proses Verifikasi Teknis Permohonan Perizinan Bangunan Gedung

Penulis : Hendra Saputra - Editor : Nurlayla Ratri

28 - May - 2024, 11:09

Placeholder
Ilustrasi SIMBG PUPR (foto: istimewa)

JATIMTIMES - Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPRPKP) Kota Malang canangkan upaya percepatan proses perizinan. Hal itu dimulai dari Bidang Cipta Karya dengan inisiatif baru mempercepat proses permohonan Persetujuan Bangunan Gedung (PBG) dan Sertifikat Laik Fungsi (SLF).

Kepala DPUPRPKP Kota Malang, Dandung Djulharjanto membenarkan bahwa pihaknya saat ini sedang fokus pada proses percepatan perizinan PBG dan SLF. Karena saat ini menurutnya kurang lebih ada ribuan yang jadi tunggakan terkait proses.

Baca Juga : Diskon Spesial Granit Infiniti Bergamo Grey di Graha Bangunan: Rumah Mewah Tak Lagi Mahal

 

“Hanya saja ribuan permohonan itu masih diverifikasi lagi, karena kan gak mungkin ada di angka segitu. Misal ada yang mengajukan, mereka buat akun lagi saat ada kendala. Dan rata-rata pemohon juga lebih banyak mengajukan lewat konsultan,” kata Dandung.

Terpisah, Kabid Cipta Karya DPUPRPKP Kota Malang, Ade Herawanto mengaku saat ini pihaknya sedang gencar melakukan proses verifikasi permohonan pada sistem. Karena ada sejumlah permohonan yang masih membutuhkan perbaikan ataupun double account.

“Program ini, yang dikenal sebagai Program Darurat PBG/SLF, bertujuan untuk mengatasi backlog permohonan yang signifikan dan memperbaiki layanan kepada masyarakat,” ungkap Ade Herawanto.

Dalam identifikasi masalah yang telah dilakukan, dari sekitar 6.680 permohonan, tercatat jumlah antrean di sistem SIM BG sebanyak 4.229 pemohon per tanggal 8 Mei 2024. Tim SIMBG bidang Cipta Karya memiliki tunggakan memproses 1.852 permohonan dalam berbagai tahapan proses. Sedangkan sisa 2.560 permohonan adalah tanggung jawab pemohon untuk mengembalikan berkas yang memerlukan perbaikan dokumen.

Kendala yang dihadapi meliputi masalah Sumber Daya Manusia (SDM), di mana tim SIMBG tidak sepenuhnya fokus pada layanan SIMBG dan juga menjalankan tugas fungsi sesuai dengan tugas pokok dan fungsi (tusi) bidang. 

Selain itu, terdapat kendala dari pemohon seperti ketidaksesuaian skala gambar yang dikirimkan dan lamanya waktu pemohon dalam memperbaiki revisi. Kendala aturan juga menjadi perhatian, mengingat kompleksitas syarat sistem yang harus dipenuhi berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) No. 16 Tahun 2021.

Baca Juga : Komitmen Terapkan SPBE, Kota Malang Raih DGA 2024 untuk Pertama Kalinya

 

Lanjut dia, dengan SOP yang ada saat ini membutuhkan waktu sekitar 28-29 hari kerja untuk satu permohonan/register. Namun, dengan program percepatan, proses ini bisa dipangkas menjadi hanya 4 jam per permohonan, dengan syarat semua berkas lengkap dan sesuai. Dengan asumsi 26 hari kerja dalam sebulan, 260 permohonan bisa terselesaikan.

“Untuk mendukung percepatan ini kami akan melakukan penataan personel yang lebih efektif, program cleansing/pemutihan untuk data register yang tidak aktif, penyederhanaan tahap kelengkapan berkas, dan proses sidang TPA yang lebih efisien. Selain itu juga sosialisasi dan konsultasi teknis bagi masyarakat, serta penyiapan sarana dan prasarana yang memadai,” jelasnya.

Menurutnya, program percepatan ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan memperbaiki layanan kepada masyarakat. “DPUPRPKP Kota Malang akan segera rapat koordinasi internal dan eksternal dengan OPD lain serta instansi dan institusi terkait untuk membahas dan mengimplementasikannya,” imbuhnya.

Selain itu, seluruh masyarakat yang saat ini melakukan proses perizinan bangunan gedung baik PGB maupun SLF melalui aplikasi SIMBG diimbau agar segera melakukan konfirmasi kepada Dinas Teknis DPUPRPKP bahwa register masih aktif dan untuk dilanjutkan proses perizinannya.


Topik

Pemerintahan DPUPRPKP Kota Malang Dandung Djulharjanto SLF PBG



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Hendra Saputra

Editor

Nurlayla Ratri