Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Peristiwa Pilkada Kabupaten Blitar 2024

Pelantikan PPS untuk Pilkada 2024, Bupati Blitar: Jaga Netralitas dan Kepercayaan Publik

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : Nurlayla Ratri

27 - May - 2024, 09:49

Placeholder
Pelantikan PPS Pilkada 2024 digelar di Pendapa SAP Kanigoro.(Foto: Pemkab Blitar)

JATIMTIMES - Bertempat di Pendapa SAP, Bupati Blitar,  Rini Syarifah, yang akrab disapa Mak Rini, menghadiri acara pelantikan Panitia Penguatan Suara (PPS) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 pada Minggu (26/5/2024). 

Acara tersebut dihadiri oleh berbagai tokoh masyarakat, pejabat pemerintahan, dan para undangan lainnya. Dalam sambutannya, Bupati Mak Rini menyampaikan harapan besar agar para anggota PPS dapat menjalankan tugas dengan amanah dan profesional. Sehingga pelaksanaan Pilkada dapat berjalan dengan aman dan kondusif.

Baca Juga : Hari Ini Ada Fenomena Matahari di Atas Kabah, Cek Arah Kiblatmu Yuk!

"Pilkada adalah pesta demokrasi yang harus dilaksanakan dengan jujur, adil, transparan, dan akuntabel. Untuk itu, kita membutuhkan penyelenggara pemilu yang profesional, independen, dan berintegritas," ujar Mak Rini. 

Ia menekankan pentingnya peran aktif dari berbagai pihak, terutama panitia pemungutan suara, dalam mewujudkan demokrasi yang sehat dan berkualitas.

Dalam kesempatan tersebut, Mak Rini juga menjelaskan berbagai tugas yang akan diemban oleh PPS. 

"Adapun tugas PPS antara lain, mengumumkan daftar pemilih sementara, menerima masukan dari masyarakat tentang daftar pemilih sementara. Serta melaksanakan semua tahapan penyelenggaraan pemilu di tingkat kelurahan atau desa sesuai dengan yang telah ditetapkan oleh KPU, KPU provinsi, maupun KPU kabupaten/kota," jelasnya. 

Oleh sebab itu, menurut Mak Rini, PPS harus memiliki kompetensi, kapasitas, dan kemandirian yang tinggi.

Lebih lanjut, Mak Rini menegaskan bahwa anggota PPS harus mampu menjalankan tugasnya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. 

"Yang harus diingat bahwa PPS juga harus mampu menjaga netralitas, integritas, dan kepercayaan publik. Saya berharap, anggota PPS dapat menjadi agen perubahan yang positif bagi demokrasi di Indonesia. Bisa menjadi contoh yang baik bagi masyarakat dalam berpartisipasi dalam pemilu," tandasnya.

Pelantikan ini merupakan bagian dari persiapan intensif yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Blitar untuk menyongsong Pilkada 2024. Mak Rini berharap bahwa dengan persiapan yang matang dan pelaksanaan yang profesional, Pilkada di Blitar dapat berjalan lancar dan sukses. 

Baca Juga : Kapan Puasa Arafah 2024? Cek Jadwal dan Bacaan Niatnya

Ia juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk mendukung dan berpartisipasi aktif dalam setiap tahapan pemilu.

Dalam wawancara terpisah, Ketua KPU Kabupaten Blitar, Hadi Santosa, menyampaikan apresiasinya terhadap komitmen pemerintah daerah dalam mendukung pelaksanaan Pilkada. 

"Kami sangat menghargai dukungan dan kerjasama yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Blitar, khususnya Bupati Mak Rini. Kami akan berusaha semaksimal mungkin untuk memastikan bahwa semua tahapan pemilu dapat berjalan sesuai dengan rencana dan ketentuan yang berlaku," ujarnya.

Hadi juga menambahkan bahwa KPU Kabupaten Blitar telah melakukan berbagai persiapan teknis dan koordinasi dengan berbagai pihak terkait untuk memastikan kesiapan dalam menghadapi Pilkada 2024.

"Kami optimis dengan kerja keras dan kerjasama yang baik, Pilkada 2024 akan berlangsung sukses dan berkualitas," tambahnya.

Dengan pelantikan ini, diharapkan PPS dapat segera bekerja dan menjalankan tugasnya dengan penuh tanggung jawab, sehingga Pilkada 2024 di Kabupaten Blitar dapat terlaksana dengan baik, mencerminkan demokrasi yang sehat dan berkualitas.


Topik

Peristiwa Blitar Mak Rini Rini Syarifah Pilkada



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

Nurlayla Ratri