Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Arema

Arema Tak Lolos Club Licensing, Masih Bisa Main Musim Depan?

Penulis : Hendra Saputra - Editor : Yunan Helmy

16 - May - 2024, 19:27

Placeholder
Tim Arema FC yang berlaga di kompetisi Liga 1 musim 2023/2024 (foto: Arema FC)

JATIMTIMES - Arema FC tak lolos dalam club licensing 2023/2024. Padahal, hal itu merupakan elemen kunci dalam mempromosikan profesionalisasi sepak bola di seluruh dunia.

Dikutip dari FIFA.com, sistem ini menggunakan kriteria berbasis prinsip dan menetapkan standar minimum yang harus dipenuhi klub agar mendapat lisensi sehingga dapat berpartisipasi dalam kompetisi tertentu.

Baca Juga : Masuki Proses Interview, 76 Peserta dari 24 Negara Berebut Beasiswa UIN Malang

Sebelumnya, Komite Lisensi Klub atau Club Licensing Committee PSSI mengadakan rapat pada Rabu (15/5) di Jakarta untuk memutuskan hasil lisensi musim 2023/2024. Rapat ini dipimpin langsung oleh Ketua Komite Lisensi Timmy Setiawan dengan anggota Yakub Adi Krisanto, Asep Saputra, M. Hanafing Ibrahim, dan Juninho Widjaja.

PSSI Club Licensing Department dalam laporannya, terdapat 18 klub Liga 1 dan 23 klub Liga 2 apply untuk mengikuti musim lisensi 2023/2024 pada pertengahan tahun lalu. Namun dalam prosesnya, hanya 9 klub liga 2 memenuhi dokumen untuk masuk ke sistem Club Licensing Administration System (CLAS).

Arema FC sendiri sebagai tim peserta Liga 1 musim 2023/2024 lalu ternyata tidak lolos club licensing. Hal itu dipengaruhi sejumlah faktor pendukung.

Menanggapi tidak lolosnya Arema FC dalam club licensing 2023/2024  manajemen tim Singo Edan menyebut menjadi pelajaran berharga. Manajemen Arema berharap hal ini bisa menjadi momentum untuk perbaikan ke depan.

“Arema FC sudah menerima hasilnya. KIta dihadapkan pada situasi yang berbeda dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Tentu ini semoga menjadi momentum ke depan, agar bisa lebih baik lagi,” ungkap General Manager Arema FC Muhammad Yusrinal Fitriandi.

Menurut Inal, sapaan akrab Muhammad Yusrinal Fitriandi,  tidak mudah untuk masuk dalam Club Licensing Administration System (CLAS) seperti yang sebelumnya didapatkan oleh Arema FC pada 2017, 2018, 2019 dan bahkan pada masa pandemi di 2020 dan 2021.

“Tentu untuk mengembalikan itu semua, butuh waktu yang tidak singkat. Kami yakin bahwa Arema FC tetap berproses untuk memenuhi kriteria yang ditetapkan ke depannya,” tandas Inal.

Hasil rapat Komite Lisensi Klub adalah sebagai berikut :

Regulasi AFC Champions League 2:

Granted : Bali United FC, Borneo FC Samarinda dan Persik Kediri

Granted with Sanction : Madura United FC, Persebaya Surabaya, Persib Bandung dan Persija Jakarta

Baca Juga : Heboh Harga Tiket Timnas Indonesia Naik Dua Kali Lipat, Begini Respons PSSI 

Regulasi AFC Challenge League :
Granted : Bali United FC, Borneo FC Samarinda, Madura United FC, Persebaya Surabaya, Persib Bandung, Persija Jakarta, PSIS Semarang, Persik Kediri dan Rans Nusantara FC

Regulasi Liga 1 :
Granted : Bali United FC, Bhayangkara Presisi Indonesia FC, Borneo FC Samarinda, Madura United FC, Persebaya Surabaya, Persib Bandung, Persija Jakarta, Persik Kediri, PSIS Semarang dan Rans Nusantara FC

Regulasi Liga 2 :
Granted with Sanction : Deltras FC


Topik

Arema Club licensing Arema Singo Edan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Hendra Saputra

Editor

Yunan Helmy