Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Politik Pilkada Kota Batu 2024

Bukan yang Populer, Ini Harapan Ketua PCNU Soal Kriteria Calon Wali Kota Batu

Penulis : Prasetyo Lanang - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

15 - May - 2024, 15:36

Placeholder
Ketua PCNU Kota Batu Taqim. (Foto: Istimewa)

JATIMTIMES - Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak masih akan berlangsung pada November 2024 mendatang. Namun, nama-nama yang masuk bursa calon pengisi kursi N 1 Batu sudah bermunculan. 

Warga hingga tokoh-tokoh masyarakat dan tokoh agama memunculkan harapan seperti apa kriteria yang dibutuhkan. Tak terkecuali ormas islam.

Baca Juga : Rijanto Kembali Mendaftar Cabup di Pilkada Blitar 2024 dengan Dukungan Penuh dari Masyarakat

Beberapa tokoh muncul memberikan saran dan harapan akan pimpinan daerah berjuluk kota wisat ini. Salah satunya Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Batu Taqim. 

Bagi pria yang biasa dipanggil Gus Taqim itu, calon wali kota yang diinginkan harus memahami masyarakat Kota Batu yang beragam. Hal tersebut sekaligus menjadi kriteria yang diharapkan warga NU Kota Batu. Ia secara pribadi juga berharap ada warga NU yang mampu berkontribusi untuk menjadi wali kota.

"Harapannya memahami masyarakat Kota Batu. Kalau bisa ya dari NU, kalau bisa. Tapi tidak selalu yang penting mengerti tentang Batu dan warganya," ujar Taqim kepada JatimTIMES, Rabu (15/5/2024).

Ia berujar, jika warga Kota Batu sangat beragam. Namun juga banyak umat Islam dari warga NU dan yang lain. Sehingga perlu menjaga kerukunan dan kebersamaan serta memiliki program-program yang dibutuhkan bagi kemaslahatan umat.

"Harapan kita yang penting bagi warga NU, bisa mengayomi seluruh warga Kota Batu. Termasuk agar Batu lebih kondusif dan menjaga ketentraman masyarakat," katanya.

Mengenai dukungan nantinya pada umat Islam dan warga NU, Taqim menyebut selama ini sudah berjalan baik. Hanya perlu dijaga dan ditingkatkan. Khususnya bisa merawat kebersamaan.

"Pelibatan masyarakat, organisasi masyarakat, dan publik untuk kemajuan Kota Batu sudah baik. Perlu kebersamaan yang memang bisa membangun," tambahnya.

Baca Juga : PDIP Kota Malang Buka Pendaftaran Cakada, 3 Orang ini Turut Incar Rekom

Ditanya mengenai bursa calon wali kota yang telah bermunculan, Taqim belum menanggapi dengan mengerucut siapa yang pantas. Dirinya hanya menginginkan warga cerdas memilih berdasarkan hati dan tidak sekadar memilih yang memiliki popularitas di masyarakat.

Sebagai informasi, bursa Pilkada Kota Batu masih berjalan dinamis. Berdasarkan polling online, sejumlah nama muncul memperoleh dukungan hingga mengubah hasil sementara. Beberapa nama meraup banyak dukungan dalam polling yang dibuka Jatim Times Network (JTN) sejak 24 April 2024 lalu. Polling tersebut bisa diikuti oleh pembaca melalui halaman utama JatimTIMES.com.

Nama-nama yang tercantum dalam penjaringan tim JTN ini sebagian merupakan tokoh populer yang digadang-gadang bakal maju menjadi calon Wali Kota Batu. Sejumlah tokoh yang diusulkan tentu bisa berubah seiring dengan aspirasi masyarakat dan pembaca JatimTIMES.

Adapun sejumlah nama yang disodorkan dalam polling calon Wali Kota Batu 2024-2029 sebanyak 12 tokoh. Di antaranya adalah Punjul Santoso, Dewanti Rumpoko, Aries Agung Paewai, Nurochman, Krisdayanti, Ludi Tanarto, Didik Mahmud, Heli Suyanto, Abdul Majid, Ganis Rumpoko, Edi Sunaedi dan Didik Gatot Subroto.


Topik

Politik Pilkada Kota Batu calon wali kota batu pilkada 2024 punjul santoso pdip kris dayanti pkb pcnu kota batu taqim Ketua PCNU Kota Batu



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Prasetyo Lanang

Editor

Sri Kurnia Mahiruni