Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Pendidikan

Top, Artikel Mahasiswa Humaniora UIN Malang Publis di Jurnal Sinta 2

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Yunan Helmy

10 - May - 2024, 15:01

Placeholder
Artikel mahasiswa Humaniora UIN Maliki Malang publis diJurnal Sinta 2. (ist)

JATIMTIMES - Capaian membanggakan diraih mahasiswa Fakultas Humaniora Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang. Salah satu mahasiswanya, Ayu Setia Ningsih, berhasil menerbitkan artikel ilmiah pada jurnal terindeks Sinta 2. 

Artikel Ayu berjudul "Communication Styles of Human-Machine Interaction in the ChatGPT" sukses menarik perhatian dunia akademis. 

Baca Juga : Motif Ekonomi Jadi Pemicu Bunuh Diri Wanita Asal Kademangan Blitar

Artikel tersebut telah dipublikasikan dalam Indonesian Journal of EFL and Linguistics Volume 9 No 1, 2024. Dalam artikel itu dipaparkan bagaimana interaksi manusia dan mesin dalam platform ChatGPT. 

Analisis model komunikasi atau interaksi manusia dengan mesin berdasarkan dari Chat GPT 3.5 guna memahami bagaimana kelebihan dan kekurangan yang ada. Lebih dari itu, tentu analisis ini menjadi satu hal dalam upaya peningkatan potensi dalam implementasi teknologi ini. 

Hasil riset mendapati bahwa interaksi yang terjadi pada manusia dan mesin lebih fokus pada komunikasi dengan penerapan prinsip kerja sama. Empat prinsip itu yakni prinsip kuantitas,  kualitas,  relasi, dan prinsip cara.

Keberhasilan mahasiswa ini tentunya tak lepas dari peran fakultas dan bimbingan lara dosen. Kolaborasi dan komunikasi yang baik dalam penelitian membuahkan hasil yang positif. 

Dr Galuh Nur Rohmah MPd, wakil dekan  bidang kemahasiswaan dan kerja sama Fakultas Humaniora UIN Malang, menyampaikan bahwa kolaborasi dan prestasi ini mencerminkan komitmen dalam pengembangan kualitas SDM dan lulusan yang unggul. Artinya, kolaborasi menjadi sebuah hal yang sangat penting dalam menghasilkan kontribusi ilmiah yang berharga.

Baca Juga : 5 Trik Menurut Psikologi Agar Terlihat Cerdas Meski Hanya Diam

"Keberhasilan dalam penerbitan artikel ini menjadi sebuah hal yang membanggakan. Tidak hanya menjadi pencapaian individu Ayu, tetapi juga menjadi kebanggaan bagi Fakultas Humaniora UIN Maliki Malang," ucapnya. 

Lebih dari itu, capaian gemilang mahasiswa ini juga menjadi wujud nyata bahwa Kampus UIN Maliki Malang, khususnya Fakultas Humaniora, begitu berkomitmen dalam mencetak generasi unggul, berkompeten dan memiliki daya saing di berbagai tingkatan. Baik di tingkat nasional maupun internasional.

Keberhasilan Ayu diharapkan juga dapat menginspirasi mahasiswa lain untuk terus meningkatkan kompetensi dan terus termotivasi  untuk menorehkan prestasi akademik.  "Termasuk juga memberikan kontribusi ilmiah yang berdampak bagi masyarakat dan dunia akademis," pungkasnya.


Topik

Pendidikan UIN Maliki Malang UIN Malang kampus unggul kompetensi mahasiswa



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Yunan Helmy