Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Serba Serbi

5 Trik Menurut Psikologi Agar Terlihat Cerdas Meski Hanya Diam

Penulis : Mutmainah J - Editor : Dede Nana

10 - May - 2024, 07:29

Placeholder
Ilustrasi orang cerdas. (Foto dari internet)

JATIMTIMES - Setiap orang tentunya ingin terlihat cerdas di hadapan orang lain. Ternyata, untuk bisa terlihat cerdas bisa dilakukan tanpa mengucapkan sepatah kata pun. Mungkin kamu pernah bertemu dengan seseorang yang hanya meski baru dilihat, kamu merasa jika orang tersebut cukup cerdas.

Namun bagaimana mereka memancarkan kecerdasan bahkan tanpa berbicara? Seolah-olah kehadiran mereka saja sudah mengartikulasikan lebih dari yang bisa diungkapkan dengan kata-kata.

Baca Juga : Viral Es Kopi Toping Daun Bawang, Tren dari China yang Masuk ke Indonesia

Nah untuk kamu yang ingin juga memancarkan kecerdasan tanpa mengatakan bisa banget untuk mencoba beberapa trik dibawah ini. Dikutip dari Hackspirit.com dan juga beberapa sumber lainnya, berikut 5 cara agar terlihat cerdas meski hanya diam:

Senyum dengan Tulus

Orang yang senyumnya nampak tulus dengan kerutan di sekitar mata, dinilai lebih cerdas daripada orang yang senyumnya nampak palsu. Menurut sebuah penelitian di Journal of Nonverbal Behavior, tidak ada korelasi antara senyum dan kecerdasan, melainkan penilaian didorong oleh firasat.

"Jika orang menganggap orang lain menarik dan senyum mereka autentik cenderung meningkatkan daya tarik. Dan biasanya mereka cenderung memberikan kualitas baik lainnya seperti kecerdasan," ujar dosen psikologi eksperimental di University of Bristol Susanne Quadflieg.

Memakai kacamata

Menurut sebuah survei dari College of Optometrists yang berbasis di Inggris, 43 persen orang berpikir bahwa kacamata membuat orang terlihat lebih pintar. Dan 40 persen orang menganggap memakai lensa bening agar tampak cerdas.

"Kacamata mudah terlihat dan memungkinkan kita mengambil kesimpulan instan tanpa usaha," ujar Wojciszke yang mengajar di Universitas Ilmu Sosial dan Humaniora di Sopot, Polandia.

Pakai makeup, tapi jangan berlebihan

Perempuan yang memakai riasan tepat memiliki efek positif pada kompetensi tetapi efek negatif pada kepercayaan. Sarah Vickery, seorang penulis studi dan ilmuwan Procter & Gamble mengatakan kepada New York Times bahwa kuncinya adalah memilih penampilan berdasarkan situasi. 

Memakai lipstik mengilap akan menunjukkan bahwa kamu orang yang bertanggung jawab. Tetapi jika menghadiri pertemuan di mana bertemu banyak orang untuk bekerja sama, pilihlah lipstik ringan hingga sedang dan tidak terlalu mengilap.

Merasa Nyaman dengan Keheningan

Baca Juga : Fakta Baru! Foto Fat Cat yang Beredar di Medsos Ternyata Hoax, Pemilik Foto Langsung Buka Suara

Melansir dari Global English Editing, ada sejumlah tanda yang membantu kamu tampak cerdas walaupun diam saja. Seseorang yang merasa nyaman dengan keheningan menunjukkan bahwa dirinya tidak merasa perlu membuktikan diri dengan terus menerus berbicara.

Kamu tidak terburu-buru mengisi momen itu, tapi kamu membiarkan orang lain yang melakukannya. Dengan begitu, kamu sudah menunjukkan bahwa tingkat kecerdasan emosional dan rasa percaya diri yang luar biasa.

Mudah Beradaptasi

Dunia yang serba cepat ini membawa kita bertemu banyak hal yang tidak terduga dan berubah-ubah. Seberapa mudah kita beradaptasi bisa benar-benar menunjukkan kecerdasan kita. Menjadi orang yang mudah beradaptasi menunjukkan bahwa kamu tidak hanya pintar dalam hal akademis, tapi juga dalam hal praktis.

Kondisi ini menunjukkan bahwa kamu dapat berpikir sendiri, menyesuaikan diri dengan situasi baru, dan menemukan solusi bahkan ketika jalannya tidak jelas.


Topik

Serba Serbi cerdas ciri orang cerdas trik terlihat cerdas



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Mutmainah J

Editor

Dede Nana