Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Peristiwa

Flushing Bendungan Wlingi dan Serut Ditunda, Cek Jadwal Terbaru

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

09 - May - 2024, 09:55

Placeholder
PLTA Lodoyo, salah satu bendungan di Kabupaten Blitar yang akan diflushing.(Foto: Aunur Rofiq/ JatimTIMES)

JATIMTIMES- Kegiatan Flushing Bendungan Wlingi dan Serut yang semula dijadwalkan pada tanggal 13 hingga 17 Mei 2024 mendatang, mendadak ditunda. Yulia Puspita, Humas Perum Jasa Tirta, mengumumkan penundaan tersebut.

"Ditunda, nanti di-update lagi jadwalnya," ungkap Yulia pada hari Rabu (08/05/24).

Baca Juga : BPBD Jatim Benahi 331 Fasum Terdampak Gempa Bumi di Pulau Bawean

Pembersihan dua bendungan yang penting itu kemudian dipindahkan ke tanggal 20 hingga 24 Mei 2024, dengan waktu pelaksanaan Pladu dari pukul 12.00 hingga 15.00 WIB. Keputusan penundaan ini tentu menjadi kejutan bagi masyarakat yang telah menantikan momen Flushing ini.

Masyarakat sebagian besar menanti-nantikan momen Pladu karena kesempatan untuk mencari ikan mabuk yang biasanya terdampar akibat dibukanya pintu air bendungan. "Biasanya warga akan berbondong-bondong untuk datang ke bendungan dan mencari ikan yang sedang mabuk akibat arus air yang berubah cepat," ungkap Rudi, penghobi pencari ikan asal Kecamatan Sanankulon, Kabupaten Blitar. 

Rencana Flushing ini bukan hanya untuk menjaga kapasitas penyimpanan air di dalam bendungan, tetapi juga untuk membersihkan endapan lumpur atau sendimen yang dapat mengganggu operasional bendungan. 

"Saat flushing nanti pintu bendungan akan dibuka untuk membuang air secara cepat. Tujuannya agar sampah atau sedimen lumpur yang ada di bendungan bisa keluar," terang Yulia Puspita. 

Baca Juga : Diduga Korsleting Meteran Listrik, Tempat Bimbingan Belajar di Kota Blitar Dilalap Si Jago Merah

Tetapi, Flushing ini juga membutuhkan perhatian khusus terhadap keselamatan masyarakat di sekitar Sungai Brantas. "Saat dilakukan flushing, akan ada tanda sirene agar masyarakat yang ada di sekitaran sungai Brantas lebih berhati-hati karena volume air yang bertambah," tambah Yulia Puspita.

Dengan penundaan ini, masyarakat diharapkan untuk tetap waspada. Meskipun mengecewakan bagi yang telah menantikan momen Flushing, keselamatan dan kewaspadaan tetap menjadi prioritas utama. Bagi yang ingin mendapatkan informasi terbaru mengenai jadwal pelaksanaan Flushing, diharapkan untuk selalu memeriksa jadwal terbaru yang sudah diumumkan.


Topik

Peristiwa Flushing Bendungan Wlingi pltu



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

Sri Kurnia Mahiruni