Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Tekno

Game Developer Malang Berperan Aktif dalam Google Indonesia Gaming Monetisation Growth Lab 2024

Penulis : pipit anggraeni - Editor : Redaksi

08 - May - 2024, 12:48

Placeholder
Komunitas GDM bersama salah satu pembicara Frank Chen (stategic Partner Manager) (Foto: Istimewa)

JATIMTIMES - Hotel Ciputra World di Surabaya menjadi pusat perhatian para pengembang dan penerbit game dari seluruh Indonesia  dengan diadakannya Google Indonesia Gaming Monetisation Growth Lab (7/5/2024). Acara ini bertujuan untuk mengedukasi para peserta tentang strategi monetisasi melalui Google AdMob, sebuah platform yang mendukung pengembang dalam memaksimalkan pendapatan dari aplikasi mereka.

Seminar ini dibuka dengan sambutan dari Denis Nichifor, kepala divisi aplikasi monetisasi sisi penjualan di Google, yang menekankan pentingnya strategi monetisasi yang seimbang antara penghasilan dan pengalaman pengguna. Frank Chen memberikan panduan mendetail dalam sesi 'Maximize Revenue with AdMob: A Step by Step Guide,' tentang cara meningkatkan pendapatan melalui penyesuaian strategis pada pengaturan AdMob.

Baca Juga : Golkar Tidak Beri Rekom untuk Sanusi, Cari Sosok Lain Buat Posisi Calon Bupati Malang

Hung Pham mengungkapkan bagaimana mekanisme mediasi AdMob dapat membantu meningkatkan pendapatan melalui penggunaan berbagai sumber iklan. Bruce Nguyễn dan Edmund Wee menyoroti pentingnya menjaga kualitas pengalaman pengguna dalam sesi tentang pengenalan AdMob dan cara mengatasi masalah yang biasa terjadi pada proses pendaftaran di AdMob serta 'App Monetization: Boosting Income, Maintaining UX.'

Ariana Sariatu dan Collin Agata dalam sesi tentang kepatuhan dan keamanan, mengulas kepatuhan terhadap kebijakan Google Play dan penerapan data dari Firebase untuk memahami perilaku pengguna lebih baik. Ryotaro Suzuki dan Adrian Noir memberikan wawasan tentang tren terbaru dan tantangan serta peluang untuk penerbit di Indonesia.

Ilona Uwita dari Props menyampaikan informasi penting dalam sesi 'Increase CLV driven by CLM (Customer Lifecycle Marketing)', menjelaskan strategi pemasaran yang berfokus pada siklus hidup pelanggan untuk meningkatkan nilai seumur hidup pelanggan.

Sesi Fireside Chat menjadi salah satu puncak acara, dengan berbagi pengalaman dari Herry Susanto dari IDBS Studio dan Wesley Yiu dari Noctua Game tentang strategi meningkatkan nilai seumur hidup pelanggan melalui Customer Lifecycle Marketing.

David Wang menutup acara dengan mengucapkan terima kasih kepada semua peserta, pembicara, dan panitia. Ia mengingatkan bahwa ilmu yang dibagi selama seminar harus dijadikan sebagai alat untuk membantu pengembang dan penerbit meningkatkan pendapatan serta pengalaman pengguna.

Baca Juga : Lindungi Konsumen dari Pengembang Perumahan Ilegal, DPKPCK Kabupaten Malang Gencarkan Sosialisasi Perizinan

Perwakilan dari komunitas Game Developer Malang (GDM), Adib Thoriq, ketua GDM, menyatakan kegembiraannya atas hasil dari seminar tersebut. "Kami sangat menghargai peluang yang diberikan hari ini. Pengetahuan yang kami dapatkan sangat berharga untuk meningkatkan strategi monetisasi kami dan, yang terpenting, untuk memperkaya pengalaman pengguna dalam game yang kami kembangkan," ujar Adib.

Kehadiran dan kontribusi Game Developer Malang dalam Google Indonesia Gaming Monetisation Growth Lab 2024 telah menunjukkan peran penting mereka dalam memajukan industri game lokal, serta memperkuat jaringan dan kolaborasi antara para pengembang game di Indonesia. Ini membuka jalan bagi pengembangan yang lebih inovatif dan strategi monetisasi yang efektif.


Topik

Tekno gaming dunia gaming gaming indonesia



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

pipit anggraeni

Editor

Redaksi