Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Agama

Hukum Islam Diamkan Istri Selama Sepekan Seperti Teuku Ryan ke Ria Ricis

Penulis : Mutmainah J - Editor : Dede Nana

08 - May - 2024, 07:31

Placeholder
Ria Ricis dan Teuku Ryan. (Foto dari internet)

JATIMTIMES -Meski Pengadilan Agama Jakarta Selatan telah resmi menceraikan Ria Ricis dan Teuku Ryan, sejumlah isu panas seputar perceraian mereka ramai dibahas warganet. Salah satunya perkara uang Rp500 juta.

Beredar kabar, Teuku Ryan mendiamkan istri seminggu dan baru baikan setelah ditransfer Rp500 juta. Isu ini bersumber dari dokumen perceraian keduanya yang diunggah situs resmi Mahkamah Agung RI.

Baca Juga : Keluarga Penganut Agama Hindu Taat, Siapakah Wali Nikah Mahalini dan Rizky Febian yang Digelar Secara Islam? 

"Tergugat juga pernah mendiamkan penggugat kurang lebih sampai satu minggu dengan alasan tidak punya uang, sampai akhirnya penggugat berinisiatif mentransfer uang untuk Tergugat sebesar Rp. 500.000.000,- (lima ratus juta rupiah),” demikian isi dokumen tersebut.

Hal itu pun sontak membuat netizen kaget dengan tabiat asli dari Ryan. Tak ada yang menyangka jika Ryan yang terlihat agamis bisa memiliki perilaku yang dibenci agama itu. Terlepas dari tidak baiknya sikap Ryan tersebut, di dalam Islam juga tidak diperkenankan bermusuhan lebih dari 3 hari. Jika sampai seminggu, lantas bagaimana hukumnya dalam Islam? 

Hukum Islam Mendiamkan Istri Berhari-hari 

Ustaz Zulham Efendi dalam tayangan Salam TV menyampaikan bahwa mengacu pada sabda Nabi Muhammad SAW, tak halal bagi seorang muslim mendiamkan atau memboikot sesama kaum muslimin selama lebih dari 3 hari 3 malam.

"Ini sesama kaum muslimin, bagaimana pula dengan yang memiliki hubungan dekat dengan kita, dengan istri kita, dengan keluarga kita, ini tentu sangat dilarang dalam Islam," ujarnya, dikutip Rabu (8/5/2024). 

Oleh sebab itu, jika suami marah pada istrinya karena keras kepala atau melakukan kesalahan tertentu, janganlah mendiamkan lebih dari 3 hari. "Mungkin didiamkan agar dia (istri) introspeksi diri, silakan. Tapi jangan lebih dari 3 hari," ungkapnya.

Doa agar Rumah Tangga Harmonis dan Bahagia

Doa Saat Marah Kepada Pasangan

اَللَّهُمَّ رَبَّ النَّب ِيِّ مُحَمَّ دٍ اغْفِرْ ل ِيْ ذَنْبِيْ ، وَأَذْهِب ْ غَيْظَ قَل ْبِيْ ، وَأَ جِرْنِيْ مِن ْ مُضِلَّاتِ الفِتَنِ

Allahumma rabban nabiyyi muhammadin, ighfirli dzanbi, wa azhib ghaidha qalbi, wa ajirni min mudlillatil fitani.

Artinya:

"Aku berlindung kepada Allah dari setan yang terkutuk. Ya Allah ampunilah dosaku dan hilangkanlah kepanasan hatiku dan lepaskanlah aku dari setan yang terkutuk."

Doa Jika Terjadi Pertengkaran Suami Istri

Baca Juga : 503 Calon Panitia Pemilihan Kecamatan di Banyuwangi Ikuti Tes Komputer

Doa pertengkaran dalam rumah tangga ini sebaiknya diamalkan saat pasangan suami istri sedang terlibat pertengkaran atau masalah. Berikut doanya:

اللَّهُمَّ لَا تُشْمِتْ بِي عَدُوِّي ، وَلَا تَسُؤْ بِي صَدِيْقِي ، وَلَا تَجْعَلْ مُصِيْبَتِي فِي دِيْنِي ، وَلَا تَجْعَلِ الدُّنْيَا أَكْبَرَ هَمِّي ، وَلَا تُسَلِّطْ عَلَيَّ مَنْ لَا يَرْحَمُنِي ، يَا حَيُّ يَا قَيُّوْمُ.

Allahumma la tusymit bii 'aduwwi wala tasu' bi sadiqi wala taj'al mushibatii fii dini wala taj'alid-dunya akbara hammi walaa tusalith 'alayya man la yarhamunii ya hayyu ya qoyyum.

Artinya:

"Ya Allah, jadikanlah musuhku gembira karena kesusahanku, dan jangan jadikan temanku membuat kejahatan terhadapku, dan jangan jadikan kemalanganku dalam urusan agamaku, jangan jadikan kepentingan dunia menjadi pusat perhatianku, dan jangan jadikan orang yang tidak berbalas kasihan merajalela atasku, wahai Tuhan yang berdiri sendiri."

Doa agar Tidak Bertengkar

لاَاِلَهَ اِلاَّاللهُ الْحَلِيْمُ الْحَكِيْمُ، سُبْحَانَ اللهِ رَبِّ السَّمَوَاتِ السَّبْعِ وَرَبِّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ، لاَاِلَهَ اِلَّااَنْتَ عَزَّجَارُكَ وَجَلَّ ثَنَآؤُكَ

La ilaaha illalloohul haliimul hakiimu subhaanalloohi robbis samaawaatis sab'i wa robbil 'arsyil 'adziimi laa ilaaha illaa anta 'azza jaaruka wa jalla tsanaa uka.

Artinya:

"Tiada Tuhan melainkan Allah yang Maha Kasih dan Maha Bijaksana, Maha Suci Allah Tuhan yang memelihara tujuh langit dan 'Arsy yang besar. Tiada Tuhan melainkan Engkau, sangat kuat perlindungan-Mu dan Maha tinggi Perlindungan-Mu."


Topik

Agama hukum islam hukum diamkan istri teuku ryan ria ricis doa tidak bertengkar



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Mutmainah J

Editor

Dede Nana