Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Pemerintahan

Pj Wali Kota Malang Ingin Kampung Moderasi Tanjungrejo Jadi Percontohan

Penulis : Riski Wijaya - Editor : Dede Nana

07 - May - 2024, 12:20

Placeholder
Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat menandatangani prasasti Kampung Moderasi Kelurahan Tanjungrejo.(Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).

JATIMTIMES - Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat berharap agar Kampung Moderasi Tanjungrejo Kecamatan Sukun bisa menjadi percontohan bagi kampung di wilayah lain. Hal itu lantaran Kampung Moderasi Tanjungrejo telah terbukti dalam menjaga kerukunan antar umat beragama. 

Terlebih masyarakat Kelurahan Tanjungrejo yang terbagi ke dalam 13 RW ini, tetap dapat selaras dalam menjalani kehidupan bersosial dan bermasyarakat di tengah-tengah perbedaan keyakinan dalam beragama. 

Baca Juga : Awali Rangkaian Musrenbangnas 2024, Pemkot Kediri Ikuti Side Event Urgensi Clearance Belanja TIK di Tingkat Daerah

"Tentu sangat baik sekali karena dengan kerukunan umat beragama, apabila solid, rukun, tentu kondusifitas masyarakat akan terjaga. Kami (Pemkot Malang) dengan kepala kemenag agar bentuk kampung moderasi gak hanya di Tanjungrejo tapi juga di lima kecamatan lain," ujar Wahyu, Selasa (7/5/2024).

Dirinya pun berkomitmen untuk memberikan support secara penuh terkait keberadaan dan berjalannya Kampung Moderasi yang ada saat ini. Sebab menurutnya, Kampung Moderasi di Kelurahan Tanjungrejo sudah terbukti berjalan cukup berselaras. 

Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat berdialog dengan seorang warga.(Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).

"Karena bentuk nyatanya jelas kelihatan dan sinergi kerukunannya berselaras sesuai tema hari jadi Kota Malang. Dengan berselaras seperti ini Kota Malang akan berkelas," terang Wahyu. 

Termasuk dalam hal ini, dirinya juga bersepakat untuk memunculkan kampung moderasi di wilayah lain dengan memanfaatkan Kelurahan Tanjungrejo sebagai percontohan. Sebab, Kampung Moderasi di Kelurahan Tanjungrejo juga telah beberapa kali menjadi lokasi studi banding untuk tujuan serupa dari daerah kota dan kabupaten lain. 

"Mereka sudah jadi tempat untuk studi banding, dll. Tentu mereka akan melihat bagaimana tahapan dan sampai terbentuk kampung moderasi," jelas Wahyu. 

Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat bersama tokoh agama di Kampung Moderasi Kelurahan Tanjungrejo.(Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).

Setidaknya, untuk bisa mewujudkan hal itu, harus ada peran dari semua masyarakat. Termasuk pendampingam dari tingkat kelurahan, kecamatan, kantor urusan agama (KUA), Kemenag serta tokoh agama dan tokoh masyarakat setempat.  

Baca Juga : Naik Kelas, Kota Malang Raih PPD Terbaik Tahun 2024

"Kalau dari tokoh agamanya solid, tentu umat-umatnya bisa sampai. Ini akan mendukung kita," imbuh Wahyu. 

Apalagi, menurutnya iklim kerukunan antar beragama yang tumbuh di Kampung Moderasi juga berdampak besar pada kehidupan bersosial dan bermasyarakat. Salah satunya memiliki andil besar dalam menjaga kondusifitas sebuah wilayah. 

"Dengan moderasi beragama saya yakin program pemerintah dan masyarakat akan berjalan. Makanya akan ada pendampingan," pungkas Wahyu. 


Topik

Pemerintahan pj wali kota malang kampung moderasi kampung tanjungrejo



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Riski Wijaya

Editor

Dede Nana