Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Serba Serbi

dr Ryu Hasan, Cucu Pendiri NU Sebut Cerita Nabi Berumur Ribuan Tahun Bohong

Penulis : Mutmainah J - Editor : Nurlayla Ratri

04 - May - 2024, 10:59

Placeholder
dr Ryu Hasan. (Foto screenshot)

JATIMTIMES - Beberapa waktu terakhit, warganet banyak menyoroti video-video dr Ryu Hasan. Salah satunya terkait umur panjang para nabi yang disebutnya sebuah kebohongan. 

Soal cerita bahwa ada nabi yang memiliki hidup paling panjang hingga ribuan tahun itu, dr Ryu Hasan menyebutnya sebagai hal yang tidak mungkin. 

Baca Juga : Anak Keras Kepala? 5 Kesalahan Parenting Ini Kata Pakar Bisa Jadi Penyebabnya

"Jangan percaya jika ada manusia peradaban yang umurnya seribu tahun, bohong," katanya dikutip dari unggahan aku video Tiktok @kireklur, Sabtu (4/5/2024). 

dr Ryu Hasan pun menuturkan jika tidak ada satupun arkeologis yang membuktikan adanya manusia yang memiliki usia di atas 100 tahun. 

"Tidak ada satu bukti arkeologis pun yang menentukan peradaban dulu manusia yang usianya diatas 100 tahun," jelasnya. 

"Bahkan catatan-catatan papirus Mesir 4500 tahun yang lalu, yang namanya royal family keluarga kerajaan itu usianya lebih tua dari pada rakyat jelata," sambungnya. 

Ia pun mengatakan jika para raja Mesir saja usianya hanya mentok di 30 tahun. Oleh karena itu, rakyat jelata menurutnya tidak akan melebihi usia dari para raja tersebut. 

"Tetapi rata-rata usia raja-raja Mesir pun 2 tahun 30 tahun usianya mati. Bahkan tuh tanah kamun usia 18 mati. Rakyat jelata, apalagi," katanya. 

"Jadi kalau ada umurnya 90,50 tahun 950 tahun ah bohong itu," sambungnya. 

Ia pun meminta agar jangan percaya terhadap adanya cerita manusia memiliki umur diatas 100 tahun. 

"Jangan percaya itu ya," pungkasnya.

Seperti diketahui, nabi yang terkenal dengan hidup yang panjang adalah Nabi Nuh AS. Beberapa pendapat ada yang menyebut bahkan total keseluruhan umur Nabi Nuh AS mencapai ribuan tahun.

Pendapat tersebut sebetulnya disandarkan dari salah satu firmanNya surah Al Ankabut ayat 14. Ayat ini menceritakan masa tinggal Nabi Nuh dengan kaumnya sebelum terjadinya peristiwa banjir besar yakni selama 950 tahun. Allah SWT berfirman,

وَلَقَدْ اَرْسَلْنَا نُوْحًا اِلٰى قَوْمِهٖ فَلَبِثَ فِيْهِمْ اَلْفَ سَنَةٍ اِلَّا خَمْسِيْنَ عَامًا ۗفَاَخَذَهُمُ الطُّوْفَانُ وَهُمْ ظٰلِمُوْنَ

Baca Juga : 5 Negara Ini Paling Banyak Berwisata ke Jawa Timur 

Artinya: Sungguh, Kami benar-benar telah mengutus Nuh kepada kaumnya, lalu dia tinggal bersama mereka selama seribu tahun kurang lima puluh tahun. Kemudian, mereka dilanda banjir besar dalam keadaan sebagai orang-orang zalim.

Dengan kata lain, bukan tidak mungkin bila total keseluruhan umur Nabi Nuh AS mencapai seribu tahun bahkan bisa lebih. Ditambah lagi, Imam Nawawi dalam Kitab At Tahdzib juga menyebutkan, Nabi Nuh adalah nabi yang paling panjang umurnya.

Video dr Ryu Hasan tersebut pun mendapat banyak tanggapan dari warganet. 

“Nenek buyut gue meninggal di usia 112th. gimana prof?? bisa dijelaskan??” ungkap Wonku Indonesia.

“Nabi kekasih Allah , semua bisa terjadi lihat kuburan nabi Adam yg panjang puluhan meter,” komentar akun Burak. 

“Nenek buyut sy meninggal umur 125th, kakek sy bungsu 6 bersaudara,” tambah Arif Suryo. 

Sebagai informasi, dr Ryu Hasan memiliki nama lengkap dr. Roslan Yusni Al Imam Hasan, Sp.BS. Latar belakang kehidupannya dari kalangan agamis, Ryu Hasan merupakan cucu dari salah satu pendiri Nahdlatul Ulama (NU), yakni KH Wahab Hasbullah.

Sebagai cucu dari kiai besar pondok Tambak Beras, dr Ryu Hasan juga ternyata sangat fasih berbahasa Arab. Selain itu, dia diketahui juga menguasai beberapa bahasa seperti Inggris, Jepang, Parsi, dan Hebrew.

Ryu Hasan merupakan lulusan kedokteran dari Unair, serta menamatkan dokter ahli bedah saraf dari Sydney dan mendalami neuroscience di Tokyo. Sejak 1989 dia bekerja di satu lembaga internasional di Jepang.


Topik

Serba Serbi Ryu Hasan pendiri NU cucu KH Wahab Hasbullah kontroversi



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Mutmainah J

Editor

Nurlayla Ratri