Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Wisata

Banyuwangi Siap  Manjakan Wisatawan dengan Berbagai Even Menarik di Bulan Mei

Penulis : Nurhadi Joyo - Editor : A Yahya

03 - May - 2024, 18:28

Placeholder
Agenda Banyuwangi Festival selama bulan Mei 2024 (Istimewa)

JATIMTIMES - Bagi penghobi dan pencinta sepeda tua, mancing mania dan penggemar olahraga ekstrim, tidak ada salahnya dalam bulan Mei ini datang ke Banyuwangi untuk liburan bareng keluarga sekaligus menyalurkan hobi.

Banyuwangi Festival (B-Fest) 2024 dalam bulan Mei menyajikan eksotisme dan keindahan lingkungan alam mulai dari gunung, pantai maupun spot-spot yang menarik untuk foto bareng dengan orang-orang tercinta.

Baca Juga : Belasan Ribu Wisman Datang ke Jatim Selama Maret, Terbanyak dari 5 Negara Ini

Menurut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) kabupaten Banyuwangi melalui Kepala Bidang (Kabid) Pemasaran, Ainur Rofiq, dalam mengisi liburan panjang akhir pekan bulan Mei B-Fest menyajikan 4 (empat) even yang menarik bagi masyarakat maupun wisatawan yang datang dan berkunjung ke Banyuwangi.

Dia menuturkan sebagai daerah yang dikenal memiliki kekayaan spot untuk tempat mancing, Banyuwangi siap memanjakan penghobi mancing atau mancing mania dengan even Fishing Festival yang akan digelar di Pantai Bimorejo kecamatan Wongsorejo Banyuwangi pada tanggal 11- 12 Mei 2024.

“Lokasi Pantai Bimorejo dekat dengan Bangsring Underwater, Taman Nasional Baluran dan beberapa destinasi wisata menarik lain. Diperkiraan mulai 9 Mei banyak peserta yang sudah datang bersama keluarga mereka di Banyuwangi,” ujar Rofiq di kantornya pada Jumat (3/5/2024).

Even selanjutnya, lanjut dia adalah Ambassador Goes To Kampung KB, even yang melibatkan para duta besar berbagai negara (sekitar 20 negara) yang akan berkunjung ke Banyuwangi untuk menyaksikan keberhasilan program Keluarga Berencana (KB). Mereka akan mengunjungi kampung-kampung KB yang ada di Banyuwangi.

Kampung KB yang akan dikunjungi antara lain; di kecamatan Sempu, desa Kemiren kecamatan Glagah dan sekitar destisasi Gandrung Terakota kecamatan Licin.”Di lokasi tersebut akan ditampilkan aneka macam seni budaya yang bisa dinikmati para duta besar, undangan dan masyarakat sekitar yang hadir,’” Rofiq.

Kemudian pada 25 – 26 Mei 2024 di GOR Tawangalun akan ada kegiatan Festival Onthel Nusantara yang akan diikuti oleh ribuan komunitas penggemar dan penghobi sepeda tua di negara tercinta.

Even selanjutnya yang akan digelar dalam Bulan Mei adalah Banyuwangi International Paralayang yang akan digelar di Gunung Menyan Kecamatan Kalibaru Banyuwangi (spot olahraga paralayang yang dimiliki Banyuwangi) pada 25 – 28 Mei 2024.

“Harapan kita kegiatan-kegiatan ini bisa meningkatkan awarness tentang pariwisata Banyuwangi sekaligus bisa meningkatkan jumlah kunjungan wisata ke Banyuwangi. Termasuk yang jumlah pesertanya spektakuler adalah Festival Onthel Nusantara yang kemungkinan kalau dengan keluarganya jumlahnya bisa mencapai 4 – 5 ribu orang,” tambah Rofiq.

Baca Juga : 5 Negara Ini Paling Banyak Berwisata ke Jawa Timur 

Dengan ada kunjungan ribuan orang ke Banyuwangi selain pada saat kegiatan, dampaknya yang lain adalah pengenalan kota yang dikenal sebagai serpihan tanah surga di ujung timur Pulau Jawa ini bagi komunitas penggemar sepeda tua.

Mereka pasti akan melakukan pengambilan foto-foto di spot-spot yang indah dan menarik serta disampaikan kepada keluarga, saudara dan kolega-kolega yang lain diseluruh Indonesia.

Lebih lanjut Rofiq menuturkan untuk even Fishing Festival yang akan digelar di Pantai Bimorejo kecamatan Wongsorejo Banyuwangi pada tanggal 11- 12 Mei 2024. Diperkirakan pergerakan para peserta akan dimulai pada 9 Mei yang merupakan hari libur nasiona dan dirangkai cuti bersama sehingga menjadi liburan long weekend.

“Penggemar dan penghobi mancing (mancing mania) selain bisa mendapatkan sensasi di spot-spot menarik yang sudah ditentukan pada saat mengikuti lomba, bergeser sedikit bisa menikmati eksotisme Baluran dan sensasi yang ditawarkan di Bangsring Underwater,” imbuh Rofiq.

Termasuk even yang digelar pada 25 Mei 2024 yang berdekatan dengan libur nasional pada 23-24  Mei sehingga para peserta dan pengunjung yang datang ke Banyuwangi benar-benar bisa menimati even dan destinasi wisata yang ada di Banyuwangi.


Topik

Wisata Banyuwangi Banyuwangi festival Disbudpar kabupaten Banyuwangi



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Nurhadi Joyo

Editor

A Yahya